Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Sumur Bor

Harga Borongan Sumur Bor

Harga Borongan Sumur Bor – Di dalam sebuah konstruksi bangunan seperti rumah, gedung perkantoran, apartemen ataupun bangunan lainnya pasti membutuhkan sumber air bersih. Umumnya, orang mendapatkan air dari sejumlah sumber, mulai dari mata air maupun dari jaringan PAM.

Khusus bagi yang tinggal di perkotaan, tentu sangat susah untuk membuat sumur gali karena keterbatasan lahan sehingga mau tidak mau harus menggunakan sumur bor. Sebenarnya sumur bor tersebut juga memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya yaitu bisa membuat air di rumah menjadi berlimpah, bahkan di musim kemarau.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya saat ini juga sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menyediakan jasa penggalian sumur bor. Tentunya para pekerja borongan tersebut juga memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa pengerjaannya.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak membuat sumur bor menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan sumur bor per meter di beberapa daerah.

Apa Itu Sumur Bor?

Apa Itu Sumur Bor

Seperti dijelaskan sebelumnya, sumur bor merupakan konstruksi yang memiliki fungsi sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan rumah. Selain itu, sumur bor juga kerap digunakan untuk memenuhi kebutuhan air pada bangunan berskala besar seperti sekolah, kantor, rumah makan, hotel dan lain sebagainya.

Di kota-kota besar, umumnya sumur bor khusus untuk kebutuhan rumah dibuat dengan kedalaman mencapai 20 meter sampai 30 meter. Akan tetapi terdapat juga beberapa bangunan besar yang membangun sumur bor dengan kedalaman hingga 200 meter.

Kelebihan dan Kekurangan Sumur Bor

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagaimana diketahui, setiap jenis sumur tentunya memiliki sejumlah keunggulan serta kelemahannya masing-masing. Sebelum pembahasan harga borongan sumur bor berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan hingga kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Proses pembuatan sumur bor lebih cepat karena dikerjakan menggunakan bantuan mesin canggih.
  • Proses pembuatannya tidak terlalu membutuhkan banyak pekerja.
  • Mudah dalam menentukan kedalaman sumur bor karena menggunakan bantuan alat canggih dan modern.
  • Tidak terlalu memakan banyak tempat karena diameter sumur bor lebih kecil jika dibandingkan sumur gali.
  • Tidak mudah mengalami pencemaran.
  • Penggunaan sumur bor cukup praktis dan efisien, sebab bisa dibangun di mana saja.

Kekurangan

  • Biaya pembuatannya lebih mahal karena menggunakan bantuan alat khusus saat pengerjaannya.
  • Membutuhkan pompa air kualitas terbaik supaya bisa memperoleh air sesuai kebutuhan.

Harga Borongan Sumur Bor Per Meter

Harga Borongan Sumur Bor Per Meter

Untuk saat ini, harga borongan pembuatan sumur bor per meter sangat bervariasi. Biasanya tarif pekerja borongan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi atau lokasi pembuatan sumur bor, peralatan yang digunakan, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya.

Secara umum, pemborong atau kontraktor mematok harga borongan sumur bor mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 300.000 per meternya. Tentunya tarif jasa pemborong dalam pembuatan sumur bor tersebut akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan HARGA BORONGAN GALI TANAH SEPTIC TANK.

Namun, apabila kondisi dari lokasi ataupun geografis pengerjaan memang sangat sulit serta aksesnya juga sangat terbatas, maka upah tenaga borongan pembuatan sumur bor akan berada di kisaran Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per meternya.

Perlu diingat, daftar harga borongan tersebut belum termasuk biaya pemipaan, pembelian pompa sumur, pemasangan kabel listrik hingga tangki penampung air. Jadi, sebaiknya lakukan survei ke beberapa toko material untuk mendapatkan harga kompetitif.

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Sumur Bor

Cara Menghitung Biaya Pembuatan Sumur Bor

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan sumur bor per meternya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan bagaimana cara menghitung biaya pembuatan sumur bor di rumah.

Tata cara menghitungnya yaitu hanya mengalikan kedalaman sumur bor dengan tarif pekerja borongan per meternya. Misalkan kalian akan membuat sumur bor dengan kedalaman 30 meter, maka perhitungannya akan seperti berikut ini.

  • Biaya pembuatan sumur bor : Kedalaman x harga borongan per meter.
  • Biaya pembuatan sumur bor : 30 m x Rp 300.000 = Rp 9.000.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat sumur bor sedalam 30 meter menggunakan pekerja borongan kurang lebih sekitar Rp 9.000.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya tersebut belum termasuk biaya pemipaan, biaya pembelian pompa air, pemasangan kabel listrik hingga pembelian tangki air.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif pekerja borongan pembuatan sumur bor berbeda-beda untuk beberapa wilayah. Perbedaan harga tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, penggunaan peralatan, tingkat kesulitan hingga risiko pengerjaannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan sumur bor per meter di beberapa wilayah. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat sumur bor menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Sumur Bor

IDR 150000
9.3

Harga

9.3/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *