Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Gali Septic Tank

Harga Borongan Gali Septic Tank

Harga Borongan Gali Septic Tank – Setiap rumah ataupun bangunan, terutama yang menjadi tempat utama untuk beraktivitas banyak orang, sangat penting untuk memiliki septic tank atau tangki septik. Keberadaan septic tank ini sangat penting karena sebagai tempat penampungan serta pengolahan tinja sementara.

Pembangunan septic tank ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit dan penyebaran bakteri akibat kotoran dari manusia. Di sisi lain, tangki septik juga menjadi solusi untuk mencegah timbunan tinja mencemari air dan lingkungan sekitar sehingga harus dibuat sesuai ketentuan SNI.

Berbicara mengenai pembuatan septic tank, tentunya kegiatan tersebut tidak akan pernah lepas dengan pekerjaan penggalian tanah. Saat ini pekerjaan atau kegiatan penggalian tanah septic tank tersebut juga sudah dapat dilakukan dengan cara menggunakan pekerja borongan atau pemborong.

Oleh sebab itu, sebelum menggunakan pekerja borongan dalam penggalian tanah septic tank, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian harga borongan gali septic tank per meter kubiknya.

Jenis Galian Septic Tank

Di Indonesia sendiri, terdapat dua jenis galian tanah septic tank, yaitu galian melingkar serta persegi panjang. Sebelum pembahasan mengenai harga borongan gali septic tank lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu penjelasan dari kedua jenis penggalian tanah tersebut.

Galian Melingkar

Galian Melingkar

Sesuai namanya, galian septic tank jenis ini memiliki bentuk melingkar atau bulat. Jenis melingkar ini kebanyakan diaplikasikan oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan atau kota-kota kecil. Diameter galian septic tank melingkar juga disesuaikan dengan kebutuhan pemiliknya.

Galian Persegi Panjang

Galian Persegi Panjang

Sementara galian tanah septic tank persegi panjang umumnya diterapkan bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar. Ukuran dari gali septic tank persegi panjang biasanya disesuaikan dengan jumlah pemakaian orangnya.

Ukuran Ideal Gali Septic Tank

Ukuran Ideal Gali Septic Tank

Mungkin kebanyakan orang lebih memilih untuk membuat septic tank dengan bentuk persegi panjang karena tidak terlalu rumit. Seperti dijelaskan sebelumnya, ukuran standar gali septic tank bentuk persegi panjang ini disesuaikan dengan jumlah pemakainya. Adapun ukuran ideal gali septic tank diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Jumlah pemakai 5 orang : Volume 2.1 meter kubik (panjang 1.6 m, lebar 0.8 m, tinggi 1.6 m).
  • Jumlah pemakai 10 orang : Volume 3.9 meter kubik (panjang 2.1 m, lebar 1 m, tinggi 1.8 m).
  • Jumlah pemakai 15 orang : Volume 5.8 meter kubik (panjang 2.5 m, lebar 1.3 m, tinggi 1.8 m).
  • Jumlah pemakai 20 orang : Volume 7.8 meter kubik (panjang 2.8 m, lebar 1.4 m, tinggi 2 m).
  • Jumlah pemakai 50 orang : Volume 19.4 meter kubik (panjang 4.4 m, lebar 2.2 m, tinggi 2 m).

Harga Borongan Gali Septic Tank

Daftar Harga Borongan Gali Septic Tank

Pada dasarnya, besaran harga borongan gali septic tank ini berbeda-beda untuk beberapa wilayah di Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab pekerjaan gali tanah septic tank ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan serta tingkat kesulitannya.

Umumnya, ongkos borongan jasa gali tanah septic tank dihitung dengan satuan per meter kubik (m3), mulai dari Rp 80.000 hingga Rp 100.000. Di dalam pekerjaan borongan penggalian tanah septic tank tersebut, biasanya terdiri dari 2 atau bahkan 3 orang pekerja gali tanah.

Besaran harga borongan tersebut juga sudah termasuk untuk pembuangan tanah akibat dari galian septic tank sehingga tanah tidak menumpuk disekitar area penggalian. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga borongan gali septic tank bisa berbeda untuk beberapa daerah karena beberapa faktor.

Perhitungan Biaya Gali Septic Tank

Perhitungan Biaya Gali Septic Tank

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan gali septic tank per meter kubiknya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pembuatan atau penggalian tangki septiknya.

Sebagai contoh kalian akan MEMBUAT SEPTIC TANK BUIS BETON berbentuk persegi panjang dengan volume 7.8 meter kubik, ukurannya yaitu panjang 2.8 meter, lebar 1.4 meter serta tinggi 2 meter. Maka tata cara menghitung biaya atau upah jasa gali septic tank yaitu akan seperti berikut ini.

  • Biaya gali septic tank : Volume pekerjaan x Harga borongan.
  • Biaya gali septic tank : 7.8 m3 x Rp 100.000 = Rp 780.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang perlu dipersiapkan ketika hendak membuat galian septic tank menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 780.000. Perlu diingat, besaran biaya tersebut hanya untuk pekerjaan galian tanah tangki septikn saja, jadi belum termasuk pemasangan dinding bata dan lain sebagainya.

Tips Membuat Galian Septic Tank

Tips Membuat Galian Septic Tank

Sebagaimana diketahui, pembuatan septic tank ini tentunya diharapkan bisa bertahan cukup lama sampai puluhan tahun. Oleh sebab itu, supaya galian tanah septic tank bisa awet dan sesuai dengan standar sebuah konstruksi, sebaiknya ikuti beberapa tips pembuatannya di bawah ini.

  • Buatlah galian septic tank berjarak 10 meter dengan sumur air bersih.
  • Buat galian septic tank berjarak 1.5 meter dengan bangunan atau rumah.
  • Buatlah galian septic tank berjarak 5 meter dengan sumur resapan air hujan.
  • Buatlah sekat di dalam galian septic tank, satu untuk mengurai tinja serta satunya lagi sebagai filter.
  • Gunakan pekerja borongan penggalian tanah yang sudah berpengalaman sehingga hasilnya akan jauh lebih rapi.
  • Selalu kontrol atau awasi minimal satu hari sekali pada saat proses penggalian sedang berlangsung.
  • Buat Rencana Anggaran Biaya (RAB) penggalian septic tank sejak awal dengan matang.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan penggalian tanah tangki septik berbeda-beda untuk beberapa wilayah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab proses pekerjaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan serta tingkat kesulitan penggaliannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan gali septic tank per meter kubik untuk semua jenis-jenisnya, entah itu melingkar ataupun persegi panjang. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menggali tanah septic tank mengunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Gali Septic Tank

IDR 80000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.6/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *