Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

8 Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat Agar Lebih Kencang!!

Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat

Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat – Seiring dengan berjalannya waktu pemakaian, pompa air yang terpasang di rumah tentu kerap mengalami permasalahan. Salah satu masalah pompa air yang seringkali dialami oleh beberapa orang yaitu mesin bekerja normal namun keluaran airnya tersendat sendat.

Bahkan terdapat sejumlah orang mengeluhkan bahwa pompa air di rumah mereka berjalan secara normal namun tidak mengeluarkan air sedikitpun. Umumnya kerusakan ini sering disebut sebagai pompa air masuk angin yang bisa disebabkan oleh sejumlah hal, baik itu dari mesin ataupun dari pipa salurannya.

Sebagaimana diketahui, air merupakan kebutuhan pokok dalam rumah tangga sehingga permasalahan pompa air tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Sebenarnya salah satu cara mengatasi pompa air masuk angin yaitu dengan memanggil tukang service ke rumah untuk melakukan perbaikan.

Namun, jika ingin lebih menghemat biaya, sebenarnya kalian juga bisa mengatasi permasalahan pompa air sendiri. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi pompa air tersendat sendat dilengkapi dengan penyebab permasalahannya.

Penyebab Pompa Air Tersendat Sendat

Penyebab Pompa Air Tersendat Sendat

Seperti dijelaskan sebelumnya, munculnya sebuah permasalahan pada mesin pompa air di rumah pastinya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Maka dari itu, sebelum membahas cara mengatasi pompa air tersendat sendat lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa penyebab permasalahannya.

1. Ketersediaan Air Mulai Berkurang

Penyebab pompa air di rumah tersendat sendat pertama yaitu karena ketersediaan air di dalam sumur sudah mulai berkurang sehingga tidak cukup untuk di hisap. Umumnya mesin pompa air akan berputar secara normal namun hanya mengeluarkan sedikit air atau bahkan hanya gelembung air. Hal tersebut kerap terjadi ketika musim kemarau panjang sehingga membuat kekeringan sumber mata air.

2. Tusen Klep Rusak

Penyebab selanjutnya mengapa pompa air tersendat sendat yaitu karena tusen klep rusak atau bocor. Dimana tusen klep sendiri berfungsi sebagai penyimpan air dalam saluran pipa pada saat mesin dalam keadaan tidak bekerja. Kerusakan tusen klep biasanya ditandai dengan keadaan mesin pompa air harus selalu di pancing ketika hendak digunakan.

3. Pipa Hisap Bocor

Kebocoran pipa hisap juga bisa menjadi penyebab mesin pompa air di rumah tersendat sendat atau masuk angin. Pastinya kebocoran akan membuat mesin pompa air tidak mampu menghisap air ke atas dengan optimal. Bahkan jika kebocorannya sudah parah, maka dapat dipastikan air tidak akan terhisap sama sekali.

4. Drat Socket Kurang Rapat

Penyebab selanjutnya mengapa pompa air tersendat sendat yaitu karena kondisi pemasangan socket drat kurang rapat atau tidak pas. Umumnya permasalahan ini sering terjadi karena kurangnya balutan sealtape ketika pemasangan socket drat sehingga munculnya sebuah rongga ataupun celah udara sebagai jalan masuknya angin.

5. Pack Karet Mengeras

Selain beberapa hal di atas, pack karet yang mengeras juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mesin pompa air tersendat sendat. Perlu diketahui, pack karet ini terletak di bagian plendes atau pada bagian drat tutup pancingan. Karena sudah termakan usia, maka lama kelamaan komponen tersebut akan mengeras secara sendirinya.

Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat

Seperti halnya MENGATASI POMPA AIR BERISIK, sebenarnya memperbaiki mesin pompa air tersendat sendat merupakan kegiatan gampang-gampang susah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kalian perlu mencari tahu letak permasalahannya terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

Meskipun demikian, bukan berarti permasalahan pompa air yang masuk angin tersebut tidak bisa diperbaiki sama sekali. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara mengatasi pompa air tersendat sendat di bawah ini.

1. Perdalam Posisi Pipa Hisap

Perdalam Posisi Pipa Hisap Cara Mengatasi Pompa Air Tersendat Sendat

Cara mengatasi mesin pompa air tersendat sendat pertama yaitu memperdalam posisi pipa hisap di dalam sumur. Hal ini perlu dilakukan apabila memang penyebab permasalahannya karena ketersediaan sumber air sudah mulai berkurang di dalam sumur.

2. Bersihkan Tusen Klep Pompa Air

Bersihkan Tusen Klep Pompa Air

Cara mengatasi selanjutnya yaitu membersihkan komponen tusen klep di dalam mesin pompa air. Hal ini bisa dilakukan jika tingkat kerusakan dalam sekala ringan. Akan tetapi, jika kerusakan sudah cukup parah, maka salah satu cara untuk memperbaikinya yaitu mengganti dengan yang baru.

3. Cek Posisi Pipa Hisap Pompa Air

Cek Posisi Pipa Hisap Pompa Air

Kemudian mengecek posisi pipa hisap juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi pompa air tersendat sendat. Biasanya posisi yang lebih tinggi dari inlet mesin pompa air ataupun terdapat banyak lekukan akan menghambat aliran air. Jadi, pastikan bahwa posisi pipa saluran hisapnya harus berada lebih rendah dari pompa air sehingga tidak ada ruang kosong untuk memicu hilangnya daya vakum.

4. Pancing Pompa Air

Pancing Pompa Air

Apabila tusen klep rusak, maka air di dalam pompa tidak akan bekerja dan mengakibatkan kebocoran serta membentuk ruang udara kosong. Cobalah untuk memancing pompa air dari atas supaya ruang udara kosong di dalam pipa tersebut terisi air.

5. Kocok Pipa Hisap

Kocok Pipa Hisap

Melepas pipa hisap dari mesin dan mengocoknya bisa menjadi salah satu cara mengatasi pompa air masuk angin atau tersendat sendat. Pengocokan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengeluarkan atau mengangkat semua gelembung udara di dalam pipa.

6. Perbaiki Posisi Drat Socket

Perbaiki Posisi Drat Socket

Kemudian cara mengatasi selanjutnya yaitu memeriksa semua sambungan pada pipa hisap. Jika terdapat sambungan drat socket kurang rapat, maka segera perbaiki dengan menambahkan balutan sealtape. Agar lebih rapat, kalian juga bisa mengencangkannya menggunakan kunci khusus.

7. Ganti Pack Karet

Ganti Pack Karet

Apabila titik permasalahannya ada pada pack karet mengeras, maka salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mengganti komponen tersebut. Kini pack karet sudah bisa didapatkan secara mudah di toko-toko elektronik dengan harga cukup terjangkau.

8. Ganti Pipa Pompa Air

Ganti Pipa Pompa Air

Cara mengatasi pompa air tersendat sendat terakhir yaitu dengan mengganti pipa salurannya. Jika terdapat sebuah kebocoran, maka segeralah untuk mengganti pipa tersebut. Sebenarnya solusi ini juga kerap dilakukan oleh seseorang ketika hendak MENINGKATKAN DAYA DORONG POMPA AIR.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar tata cara mengatasi pompa air tersendat sendat berdasarkan penyebab permasalahannya. Semoga penjelasan di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengatasi mesin pompa air masuk angin di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *