Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Cara Pasang Shower Kamar Mandi – Saat ini penggunaan shower kamar mandi semakin marak digunakan, terutama untuk hunian dengan konsep minimalis modern. Tidak perlu menggunakan shower mahal, namun hal yang terpenting ialah faktor kenyamanannya ketika sedang digunakan untuk mandi.

Salah satu alasan mengapa shower kerap digunakan untuk menggantikan bak mandi serta gayung yaitu shower mampu menghemat pemakaian air yang berlebihan. Selain itu, dengan bentuknya sederhana namun kekinian menjadi daya tarik tersendiri untuk menambah kesan estetika ruangan kamar mandi.

Terlebih lagi, saat ini proses memasang shower pada kamar mandi bisa dilakukan sendiri sehingga bisa menghemat biaya untuk memanggil tukang. Meskipun demikian, bukan berarti proses pemasangan shower ini bisa kalian lakukan secara asal-asalan.

Oleh sebab itu, bagi yang ingin memasang shower di kamar mandi, penting untuk mengetahui bagaimana prosedur atau langkah-langkahnya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara pasang shower kamar mandi untuk semua jenis-jenisnya.

Cara Pasang Shower Kamar Mandi

Perlu diketahui, shower kamar mandi juga sebenarnya memiliki beragam jenis dan model. Tentunya setiap jenis shower tersebut memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangan serta fitur yang masing-masing berbeda.

Namun, untuk tata cara pemasangannya pada dasarnya hampir sama, hanya berbeda pada ukuran atau dimensinya saja. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara pasang shower kamar mandi di bawah ini.

1. Siapkan Pipa Air

Siapkan Pipa Air

Langkah pertama yaitu mempersiapkan pipa sebagai jalur air. Jika kamar mandi memiliki fasilitas water heater atau pemanas air, maka kalian harus mempersiapkan pipa khusus output air panas ke keran. Sementara untuk air dinginnya cukup gunakan PIPA PVC saja.

2. Siapkan Keran Air

Siapkan Keran Air

Selain pipa sebagai instalasi air kamar mandi, kalian juga harus mempersiapkan keran khusus untuk air panas dan dingin. Alasan mengapa harus dibedakan yaitu agar nantinya salah satu kran rusak, maka kran yang satunya masih bisa dipakai.

3. Pasang Stop Keran

Pasang Stop Keran

Cara selanjutnya yaitu memasang dua stop keran air panas serta dingin. Gunakan keran berbahan logam untuk air panas, sedangkan untuk air dingin bisa menggunakan keran berbahan plastik.

4. Siapkan Pipa Shower Kamar Mandi

Siapkan Pipa Shower Kamar Mandi

Jangan lupa untuk mempersiapkan pipa fleksibel berukuran 25 cm hingga 30 cm, pipa besi T ukuran 12 inchi dengan nipple pada bagian ujungnya, seal tape serta kunci pas dan kunci inggris. Saat ini pipa-pipa tersebut sudah bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko bangunan atau material.

5. Pasang Seal Tape

Pasang Seal Tape

Cara pasang shower kamar mandi berikutnya yaitu matikan sumber air terlebih dahulu menggunakan stop keran. Setelah itu pasang seal tape pada setiap drat atau alur sekrup keran. Lanjutkan dengan memasang stop keran dingin serta panas pada sok drat.

6. Pasang Pipa T

Pasang Pipa T

Lalu pasanglah pipa T logam atau besi pada salah satu stop keran. Pastikan pemasangan pipa T pada stop keran ini rapat dan tidak bocor atau rembes.

7. Sambungkan Pipa Fleksibel

Sambungkan Pipa Fleksibel

Kemudian sambungkan pipa fleksibel pada bagian ujung stop keran dan kencangkan nipplenya menggunakan kunci inggris. Pastikan sambungan tersebut tidak kendur agar air tidak rembes ataupun bocor.

8. Pasang Selang Shower Kamar Mandi

Pasang Selang Shower Kamar Mandi

Langkah terakhir yaitu pasang selang shower dan ujung shower serta pasang penggantung shower pada dinding kamar mandi. Apabila kalian sudah sampai pada tahap ini, maka shower kamar mandi sudah siap untuk digunakan entah itu dengan air panas ataupun dingin.

Keunggulan dan Kelemahan Shower Kamar Mandi

Keunggulan dan Kelemahan Shower Kamar Mandi

Sebagai produk perlengkapan rumah tangga, shower juga memiliki sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Nah, berikut adalah beberapa keungulan serta kelemahan shower kamar mandi.

1. Keunggulan

  • Mampu menghemat penggunaan airnya hingga 3 kali lipat dibandingkan menggunakan bak mandi.
  • Memiliki ukuran minimalis dan fleksibel sehingga mampu menghemat penggunaan ruang kamar mandi.
  • Shower terbukti efisien dan praktis sehingga lebih menghemat waktu ketika hendak mandi.

2. Kelemahan

  • Boros listrik karena shower kamar mandi memerlukan daya listrik cukup besar.
  • Sebagian orang mengeluhkan bahwa penggunaan shower kurang nyaman ketika sedang membersihkan badan karena memiliki jumlah air terbatas.

Tips Memasang Shower Kamar Mandi

Tips Memasang Shower Kamar Mandi

Setelah mengetahui cara pasang shower kamar mandi beserta kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips memasangnya. Di bawah ini merupakan tips terbaik ketika sedang memasang shower pada kamar mandi.

  • Jangan menggunakan wall shower, melainkan gunakanlah hand shower.
  • Gunakan sekat atau pembatas untuk area kamar mandi agar cipratan airnya tidak ke seluruh sudut kamar mandi.
  • Pastikan saluran airnya tidak terhambat supaya tidak menggenang di bawah shower kalian.
  • Alangkah baiknya pilih shower yang semprotan airnya bisa diatur.

Akhir Kata

Saran kami, sebaiknya gunakan merek shower berkualitas meskipun harganya sedikit lebih mahal. Hal tersebut bertujuan agar nantinya perlengkapan kamar mandi tersebut bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Itulah sekiranya penjelasan mengenai cara pasang shower kamar mandi beserta tips terbaik pada saat memasangnya versi Epropertyrack. Semoga tutorial di atas bermanfaat serta bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak memasang shower kamar mandi di rumah sendiri.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *