Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

11 Cara Menambal Bak Kamar Mandi Bocor & Penyebabnya!!

Cara Menambal Bak Kamar Mandi Bocor

Cara Menambal Bak Kamar Mandi Bocor – Sebagaimana diketahui, sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai kamar mandi dengan bak penampung air bersih yang terbuat dari material keramik. Dimana kehadiran bak kamar mandi keramik sendiri dinilai memudahkan seseorang dalam menjalankan aktivitas ataupun kegiatan bersih-bersih.

Di samping itu, bak kamar mandi keramik juga dianggap memiliki sifat daya tahan cukup tinggi terhadap paparan air dalam jangka waktu lama. Meskipun demikian, seiring dengan berjalannya usia pakar kamar mandi, ada kalanya berbagai macam jenis masalah muncul, salah satunya yaitu bak kamar mandi mengalami kebocoran.

Salah satu penyebab adanya kebocoran pada bak kamar mandi yaitu karena pada saat proses pembuatannya tidak dilakukan dengan benar atau tidak sesuai prosedur. Namun, jangan khawatir karena sebenarnya saat ini masih ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, yaitu dengan menambalnya.

Maka dari itu, jika kalian berencana menambal bak kamar mandi di rumah yang mengalami kebocoran, ada baiknya cari tahu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara menambal bak kamar mandi bocor dilengkapi sejumlah penyebabnya.

Penyebab Bak Kamar Mandi Bocor

Penyebab Bak Kamar Mandi Bocor

Seperti dijelaskan sebelumnya, bak kamar mandi bocor dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi internal ataupun eksternal. Maka dari itu sebelum pembahasan poin utama mengenai cara menambal bak kamar mandi bocor berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya berikut ini.

perkakas
  • Adanya keretakan atau pecahnya keramik bak kamar mandi.
  • Adanya kerusakan kran penguras air di dalam bak kamar mandi.
  • Bak kamar mandi tidak menggunakan pelapis anti bocor.
  • Penggunaan produk pembersih lantai bak kamar mandi dengan kandungan HCI (asam klorida) tinggi.
  • Nat bak kamar mandi merenggang atau tidak rapat.

Cara Menambal Bak Kamar Mandi Bocor

Setelah mengetahui beberapa penyebab bak kamar mandi mengalami kebocoran, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menambalnya. Secara garis besar, langkah-langkah penambalan bak kamar mandi bocor di rumah ini sebenarnya mengacu atau tergantung pada penyebabnya.

Meskipun demikian, jangan khawatir karena penambalan bak kamar mandi bocor tersebut bisa dilakukan secara mandiri tanpa membutuhkan bantuan dari tukang atau tenaga ahli. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara menambal bak kamar mandi bocor di rumah.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan

Cara menambal bak kamar mandi bocor pertama yaitu mempersiapkan beberapa alat dan bahan, hampir sama seperti saat ingin menambal asbes bocor. Dimana beberapa jenis alat dan bahan yang dibutuhkan ketika ingin menambal bak kamar mandi yaitu seperti semen, lem fox atau lem silikon aquarium, sapu lidi, cutter, kuas hingga kain lap.

2. Cari Letak Kebocoran

Cari Letak Kebocoran

Setelah semua alat dan bahan sudah dipersiapkan, cara selanjutnya yaitu tinggal mencari dimana titik atau letak kebocorannya. Tata cara melakukannya yaitu dengan mengisi bak mandi sampai airnya penuh. Kemudian lihatlah batas ambang maksimal air tersebut surut ketika dalam posisi terisi penuh.

Apabila air di dalam bak kamar mandi habis tidak tersisa, maka dapat dipastikan bahwa letak kebocoran berada di dasar bak. Akan tetapi, jika air bak kamar mandi masih tersisa, maka kemungkinan besar letak kebocoran berada di bagian dindingnya.

3. Buat Lubang Pada Bak Kamar Mandi

Buat Lubang Pada Bak Kamar Mandi

Cara menambal bak kamar mandi bocor selanjutnya yaitu membuat lubang. Langkah ini perlu dilakukan dengan tujuan untuk melihat titik kebocoran pada bak mandi yang terlalu kecil sehingga sulit dilihat. Saran kami sebaiknya buat lubang menggunakan cutter atau benda tajam lainnya dengan ukuran sedikit lebih lebar supaya proses penambalannya bisa lebih baik.

4. Menambal Bak Kamar Mandi

Menambal Bak Kamar Mandi

Apabila pembuatan lubang kebocoran bak kamar mandi sudah selesai, maka tahap selanjutnya yaitu proses penambalannya. Cara menambal bak kamar mandi bocor pertama yaitu campurkan semen dengan lem, lalu sisipkan pada bagian kebocoran. Setelah itu gunakan sapu lidi untuk menyisipkan lem pada bagian-bagian kebocorannya.

Setelah semua lubang kebocoran bak kamar mandi tertutup, maka cara selanjutnya yaitu memotong beberapa bagian tambalan yang menonjol kemudian meratakannya. Tujuannya yaitu supaya bak kamar mandi bisa terlihat lebih rapi dan rata sehingga tidak terlihat seperti ada tambalan.

5. Tunggu Bak Kamar Mandi Kering

Tunggu Bak Kamar Mandi Kering

Setelah semua prosedur penambalan bak kamar mandi bocor di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu menunggu tambalan tersebut sampai kering selama kurang lebih sekitar 3 hingga 4 hari berturut-turut.

Setelah tambalan benar-benar mengering, silahkan berikan bak kamar mandi pelapis anti air pada seluruh permukaannya. Sedangkan untuk bagian pinggiran bawah dan sudut bak ada baiknya gunakan serat fiber. Kemudian tunggu kembali proses pengeringan selama 2 hari.

6. Lakukan Percobaan Penambalan Bak Kamar Mandi

nambalan Bak Kamar Mandi

Jika tambalan bak kamar mandi sudah kering, langkah berikutnya yaitu memeriksa apakah masih ada bagian yang mengalami kebocoran atau tidak. Pastikan sudah tidak ada lagi rembesan air keluar dari bak mandi. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara menambal bak kamar mandi bocor berhasil dilakukan.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya untuk menambal kebocoran bak kamar mandi di rumah tergantung pada penyebabnya. Sementara untuk langkah-langkah penambalan bak kamar mandi sendiri tergolong mudah untuk dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar cara menambal bak kamar mandi bocor dilengkapi dengan sejumlah penyebabnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengatasi kebocoran bak kamar mandi keramik di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.