Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Cara Memperbaiki Atap Baja Ringan yang Bocor

Cara Memperbaiki Atap Baja Ringan yang Bocor

Cara Memperbaiki Atap Baja Ringan yang Bocor – Sebagaimana diketahui, seiring berjalannya waktu saat ini pemilihan material baja ringan sebagai atap rumah semakin banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya material baja ringan sendiri mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan jenis atap lainnya, seperti kokoh, tahan karat dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai atap rumah baja ringan, tentunya permasalahan yang paling umum dialami oleh sebagian besar orang yaitu kebocoran. Dimana permasalahan tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal ataupun eksternal.

Secara garis besarnya, kebocoran atap baja ringan dapat diatasi dengan mudah tanpa perlu memanggil tukang ke rumah. Namun sayangnya, masih ada cukup banyak orang di luar sana merasa kebingungan mengenai jenis bahan yang digunakan untuk menambal atap baja ringan serta bagaimana cara memperbaikinya.

Maka dari itu, apabila kalian berencana ingin menambal atau memperbaiki kebocoran atap baja ringan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu bagaimana caranya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang tata cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor menggunakan beberapa bahan waterproofing atau pelapis anti bocor.

Penyebab Atap Baja Ringan Bocor

Sebelum membahas poin utama mengenai cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya kebocoran atap baja ringan dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari segi internal maupun eksternal.

perkakas

Namun, perlu diingat bahwa atap baja ringan yang bocor jangan dibiarkan begitu saja. Pasalnya, jika permasalahan bertambah semakin parah, maka kemungkinan besar nantinya biaya perbaikan atap bocor akan sangat mahal. Agar lebih jelasnya, berikut adalah sejumlah penyebab atap rumah baja ringan bocor.

  • Terdapat bagian yang menghalangi atap baja ringan.
  • Kesalahan pemasangan atap baja ringan.
  • Kerusakan atap baja ringan karena termakan usia.
  • Kemiringan atap baja ringan tidak sesuai.

Bahan Perbaikan Atap Baja Ringan Bocor

Secara garis besarnya, saat ini tata cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor sudah bisa dilakukan menggunakan berbagai macam bahan material. Bahkan sejumlah bahan perbaikan atap bocor tersebut kini sudah bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko bangunan ataupun material.

Akan tetapi, pastikan kalian menggunakan bahan pelapis anti bocor yang tepat untuk material atap berbahan metal tersebut. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan rekomendasi bahan material untuk memperbaiki kebocoran atap baja ringan.

  • Potongan genteng metal
  • Potongan kawat.
  • Styrofoam.
  • Sealant.

Cara Memperbaiki Atap Baja Ringan yang Bocor

Setelah mengetahui beberapa penyebab serta jenis bahan yang digunakan untuk memperbaiki kebocoran atap baja ringan, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Adapun salah satu cara untuk memperbaiki kebocoran atap baja ringan yaitu dengan melakukan teknik penambalan.

Secara garis besarnya, nantinya kalian diharuskan mencari tahu letak atau titik kebocoran pada atap baja ringan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor menggunakan teknik penambalan di bawah ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama untuk memperbaiki atap baja ringan bocor yaitu mempersiapkan alat dan bahan. Mungkin salah satu jenis bahan yang paling efektif dan efisien untuk menambal kebocoran pada atap baja ringan yaitu sealant serta styrofoam.

Dimana sealant sendiri merupakan salah satu bahan berbentuk gel atau pasta yang biasa digunakan untuk menambal rembesan air. Untuk mendapatkan kedua material tersebut, kalian bisa membelinya di toko bangunan terdekat ataupun di toko online seperti marketplace.

2. Cari Tahu Letak Kebocoran

Cari Tahu Letak Kebocoran

Setelah mempersiapkan semua kebutuhan alat dan bahan, maka langkah selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu letak atau titik kebocorannya, hampir sama seperti saat ingin menambal asbes bocor. Kalian bisa menandai letak kebocoran pada atap baja ringan menggunakan spidol supaya bisa terlihat dengan jelas.

3. Lakukan Perbaikan Kebocoran Atap Baja Ringan

Lakukan Perbaikan Kebocoran Atap Baja Ringan

Kemudian cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor terakhir yaitu tinggal melakukan penambalan. Apabila letak kebocoran terjadi pada sambungan antar genteng metal, sebaiknya rapikan susunan lembaran atap tersebut terlebih dahulu.

Setelah selesai dirapikan, lalu pasang paku atau pasang sekrup SDS kembali dengan kuat serta rapi. Namun, jika kebocoran terletak pada paku atau sekrupnya saja, maka kalian bisa memperbaiki atau mengatasinya dengan mengaplikasikan sealant.

Jika ingin memperbaiki kebocoran atap baja ringan menggunakan styrofoam, silahkan potong terlebih dahulu menjadi kecil-kecil. Jika sudah, silahkan masukkan ke wadah yang berisi bensin kemudian aduk sampai merata. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan atap baja ringan dalam keadaan kering. Cara berikutnya tempelkan adonan styrofoam pada lubang kebocoran, lalu tunggu sampai mengering.

Akhir Kata

Secara garis besarnya, atap baja ringan yang bocor memang dapat ditambal menggunakan trik dan bahan seperti sudah kami jelaskan sebelumnya. Alan tetapi, sebenarnya apabila ingin tidak ingin repot melakukannya, sebaiknya lakukan pencegahan dengan menggunakan material berkualitas seperti genteng metal.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara memperbaiki atap baja ringan yang bocor dengan teknik penambalan menggunakan bahan material sederhana. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki kebocoran atap baja ringan di rumah secara mandiri.

Sumber gambar : aboutmechanics.com, sydney-roof-repairs.com.au, roofstoresexpress.co.uk

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.