Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Bahan Perbaikan Atap Bocor Terbaik Dijamin Ampuh 2022

Bahan Perbaikan Atap Bocor

Bahan Perbaikan Atap Bocor – Atap rumah bocor mungkin menjadi salah satu jenis permasalahan yang cukup merepotkan bagi sebagian besar orang. Pasalnya, selain bisa membuat rumah kebanjiran, atap bocor secara berkala juga dapat menyebabkan kerusakan pada furnitur seperti lemari, kursi ataupun perabotan berbahan kayu lainnya.

Bahkan, atap bocor akan membuat suasana rumah menjadi semakin tidak nyaman karena terdapat banyak ember di sudut-sudut ruangan. Padahal, para saat seperti ini sebenarnya tidak perlu terjadi apabila kalian paham dan mengerti bagaimana cara mengantisipasi atap bocor ataupun gangguan lainnya yang berpengaruh terhadap kenyamanan hunian.

Untungnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis bahan material yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki material atap bocor. Terlebih lagi beberapa bahan material tersebut kini sudah dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko bangunan ataupun toko online seperti marketplace.

Nah, apabila kalian berencana ingin memperbaiki atap bocor secara mandiri, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa bahannya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rekomendasi bahan perbaikan atap bocor dilengkapi dengan keunggulan dan kelemahannya.

Bahan Perbaikan Atap Bocor

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kebocoran atap rumah menjadi salah satu jenis masalah yang cukup merepotkan bagi sebagian besar orang. Dimana permasalahan tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari pengaruh cuaca, kemiringan atap, posisi genteng melorot dan lain sebagainya.

perkakas

Apabila kebocoran atap tersebut dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan besar nantinya akan membutuhkan biaya perbaikan atap bocor cukup mahal. Maka dari itu, sebelum kebocoran semakin parah sebaiknya atasi dengan cara memanfaatkan bahan perbaikan atap bocor.

Secara garis besarnya, bahan-bahan material perbaikan anti bocor ini mempunyai kegunaan sebagai pelapis anti bocor sehingga mampu melindungi atap rumah. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan rekomendasi daftar bahan perbaikan atap bocor sebagai pelapis material atap rumah.

1. Bitumen

Bahan Perbaikan Atap Bocor Bitumen

Rekomendasi bahan perbaikan atap bocor pertama buat kalian yaitu bahan pelapis lembaran bitumen. Dimana pelapis atap bocor bitumen ini merupakan sebuah material berbasis aspal sehingga pilihannya pun lebih terbatas.

Maka dari itu, sebenarnya sangat sedikit sekali model atap rumah modern yang menggunakan bahan bitumen sebagai pelapis atap mereka. Adapun bahan bitumen untuk perbaikan atap bocor sendiri tersedia dalam bentuk pasta dan membrane sheet.

2. Membrane

Bahan Perbaikan Atap Bocor Membrane

Perlu diketahui, pada awalnya bahan pelapis membrane hanya digunakan sebagai pelapis anti bocor pada pekerjaan konstruksi dan jalan raya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan tingginya permintaan pelapis atap bocor rumah tangga, akhirnya membrane semakin banyak digunakan.

Bahkan, saat ini bahan perbaikan atap bocor seperti membrane juga sudah dimanfaatkan untuk beberapa bangunan konvensional lainnya. Tata cara penggunaannya yaitu dengan membakar membrane pada permukaan atap yang bocor. Tekstur membrane yang lumer nantinya akan melekat dengan sangat baik apabila sudah mengering.

3. Styrene Acrylic

Bahan Perbaikan Atap Bocor Styrene Acrylic

Bahan perbaikan atap bocor selanjutnya yaitu material styrene acrylic. Pada umumnya styrene acrylic digunakan untuk melapisi permukaan beton para pabrik atau bangunan industri lainnya supaya kedal air dan tahan terhadap berbagai macam benturan.

Dimana struktur bahan pelapis anti bocor ini lebih keras dan mampu melekat dengan sangat baik. Selain kuat dan stabil, styrence acrylic juga mempunyai tekstur yang tahan terhadap suhu ekstrim sehingga sangat cocok apabila diaplikasikan sebagai material perbaikan atap bocor.

4. Cementitious

Cementitious

Apabila ingin mengatasi atap rumah atau dak beton bocor dengan anggaran dana atau budget lebih murah, maka cementitious menjadi bahan rekomendasi paling cocok. Adapun metode pelapisan atap bocor menggunakan cementitious dilakukan dengan cara melepaskan cairan kental para permukaan atap untuk menutup retakan.

Di Indonesia sendiri, jenis bahan pelapis atap bocor ini juga sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai macam merk. Tidak hanya mudah ditemukan saja, namun harganya yang tergolong cukup murah juga sangat cocok apabila diaplikasikan pada bangunan seperti rumah tinggal.

5. Polimer

Polimer

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tidak asing lagi dengan nama bahan pelapis anti bocor polimer atau akrilik. Cukup dengan mengoleskan akrilik menggunakan kuas atau roll ke bagian permukaan atap rumah saja, maka kebocoran sudah bisa diatasi.

Untuk bahannya sendiri merupakan bahan waterproof berbasis polimer atau akrilik dan sudah banyak dijual dalam bentuk cairan. Biasanya, polimer yang lebih elastis lebuh sering digunakan sebagai pelapis atap atau genteng bocor ketimbang akrilik.

6. Cairan Aditif

Cairan Aditif

Kemudian cairan aditif dengan campuran semen di dalamnya juga bisa dijadikan sebagai material perbaikan atap rumah bocor. Meskipun bahan pembuatannya berbeda dari material sebelumnya, namun fungsinya sebenarnya sama yaitu untuk membuat atap atau beton lebih solid serta kedap air.

Di Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak model atap rumah modern yang menggunakan bahan cairan aditif sebagai cat pelapisnya karena kualitasnya memang sudah terjamin. Beberapa contoh bahan pelapis berbasis semen diantaranya yaitu seperti Aquaguard, Asanaproof, Supercement dan lain sebagainya.

7. Cat Waterproof

Cat Waterproof

Rekomendasi bahan perbaikan atap bocor terakhir buat kalian yaitu cat waterproof. Sebagaimana diketahui, di pasaran Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak merk cat waterproof yang menawarkan keunggulan atau kelebihannya masing-masing.

Tata cara penggunaan cat waterproof sebagai bahan pelapis atap rumah anti bocor juga sangat mudah seperti halnya mengaplikasikan pelapis anti bocor untuk karpet talang. Kalian hanya perlu mengolesi atap rumah yang bermasalah menggunakan cat waterproof anti bocor saja.

Tips Mencegah Atap Bocor

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah rekomendasi bahan perbaikan atap bocor dilengkapi dengan sejumlah keunggulan hingga tata cara penggunaannya. Nah, untuk menghindari kebocoran atap rumah, sebaiknya ikuti beberapa tips di bawah ini.

  • Ganti atap yang sudah rapuh.
  • Jangan biarkan genangan air di atap.
  • Bersihkan atap dari sampah secara rutin.
  • Gunakan bahan pelapis anti bocor.
  • Cek kemiringan atap.
  • Melancarkan sirkulasi udara.
  • Pangkas ranting pohon di sekitar rumah secara berkala.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar rekomendasi bahan perbaikan atap bocor dilengkapi dengan keunggulan hingga tata cara penggunaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menggunakan bahan pelapis anti bocor pada atap rumah.

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com, mediaoneusa.com, seal-coatings.com, tokopedia.com, made-in-china.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.