Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Biaya Pasang Panel Surya di Rumah 2022 : Bahan & Tenaga

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah – Ketika tagihan bulanan naik drastis, kebanyakan orang khususnya ibu rumah tangga akan mencari berbagai macam cara agar penggunaan listrik bisa lebih hemat dan terjangkau. Sebagai contoh dengan menghemat beberapa pemakaian perangkat elektronik yang ada di dalam rumah.

Dimana cara menghemat penggunaan energi kelistrikan di rumah sendiri yaitu seperti memakai AC hanya pada malam hari, tidak menyalakan lampu saat siang hari serta tidak menyalakan magic jar atau setrika saat malam hari. Namun sayangnya, hal tersebut sepertinya belum benar-benar mengatasi naiknya tagihan ataupun nominal pembelian pulsa listrik.

Maka dari itu, salah satu solusi paling tepat sebagai upaya untuk menghemat penggunaan energi kelistrikan di dalam rumah yaitu dengan memasang panel surya / solar cell. Untuk saat ini, sebenarnya pemasangan panel surya atau biasa disebut dengan PLTS sendiri terbilang cukup irit karena tidak membutuhkan lahan luas.

Nah, jika diantara kalian berencana memasang panel surya di rumah demi menghemat penggunaan listrik sehari-hari, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai biaya pasang panel surya semua tegangan di rumah.

Apa Itu Panel Surya?

Apa Itu Panel Surya

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya pasang panel surya di rumah berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana panel surya sendiri ialah sebuah komponen yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik melalui aliran electron di dalamnya.

perkakas

Nantinya dari aliran tersebut akan dirubah menjadi kelistrikan DC. Lalu dari kelistrikan sistem DC tersebut bisa dipakai untuk berbagai macam aplikasi ataupun bisa dikonversikan terlebih dahulu ke aliran AC menggunakan alat bernama inverter. Berikut adalah beberapa jenis komponen yang terdapat di dalam sistem panel surya.

  • Panel surya / solar cell.
  • Baterai / accu.
  • Solar charge controller.
  • Modul / PV.
  • Inverter DC to AC.

Cara Kerja Panel Surya

Perlu diketahui, sistem panel surya di rumah akan tetap berjalan meskipun dalam keadaan sore hari, malam hari ataupun hujan sekalipun. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya sistem panel surya di rumah menggunakan bantuan baterai untuk menyimpan energi kelistrikan sehingga nantinya bisa digunakan kapan saja.

Cara kerja panel surya sendiri nantinya akan terintegrasi ke panel kelistrikan di rumah. Dengan begitu, ketika ada konsumsi energi kelistrikan dari barang elektronik seperti TV dan AC, maka secara otomatis tenaga listrik diambil dari panel surya terlebih dahulu.

Maka dari itu, agar panel surya di rumah bisa digunakan, maka pemilik perlu melakukan paralel dengan kelistrikan PLN. Jika supply dari panel surya tidak cukup, maka tenaga yang diambil adalah tenaga dari listrik PLN. Sementara apabila supply dari panel surya melebihi konsumsi, maka tagihan listrik bisa dijual kembali ke PLN.

Tata cara melakukannya juga tergolong sangat mudah, karena kalian hanya perlu mengganti meteran listrik ekspor impor. Dimana meteran tersebut berfungsi untuk mencatat berapa besaran daya kelistrikan yang dibeli, seberapa besar daya kelistrikan yang dijual sehingga nantinya pelanggan hanya perlu membayarkan selisihnya saja.

Manfaat Pasang Panel Surya di Rumah

Selain harus mengetahui besaran biaya pasang panel surya di rumah, mungkin kalian juga harus mengerti apa saja manfaat pemasangan sistem PLTS tersebut sebagai bahan pertimbangan. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan panel surya yaitu supaya bisa lebih menghemat biaya penggunaan energi kelistrikan di rumah.

Sebagai informasi tambahan, kenaikan tarif listrik PLN untuk rumah non subsidi sendiri sudah mencapai angka 9.7% per tahunnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya hal tersebut bisa dipengaruhi oleh sejumlah faktor, salah satunya yaitu karena adanya kenaikan harga bahan bakar utama.

Oleh sebab itu, dari segi penggunaan energi kelistrikan tenaga panel surya sangat cocok karena tidak mengunakan bahan bakar secara konvensional, melainkan memanfaatkan cahaya matahari. Adapun sejumlah manfaat pasang sistem panel surya atau solar cell di rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Menghemat tagihan listrik dalam jangka panjang.
  • Membantu mengurangi pemanasan global / global warming.
  • Menghemat ketergantungan energi listrik berbahan batu bara.
  • Proses pemasangan dan penggunaan panel surya terbilang mudah.

Biaya Pasang Panel Surya di Rumah

Biaya Pasang Sistem Panel Surya di Rumah

Setelah mengetahui pengertian, cara kerja hingga manfaat pasang panel surya di rumah, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau harga instalasinya. Pada dasarnya, proses pasang panel surya diawali dengan kebutuhan para konsumennya, dalam artian penggunaan energi kelistrikan setiap bulannya.

Setelah konsumen setuju, biasanya penyedia jasa pemasangan panel surya akan melakukan survei ke lokasi pemasangan. Hal tersebut perlu dilakukan karena sistem panel surya sendiri berukuran cukup besar sehingga penyedia jasa pemasangannya harus melihat terlebih dahulu seberapa besar watt listrik dari lokasi pemasangan.

Seperti halnya biasa pasang AC rumah, besaran harga pemasangan sistem panel surya juga biasanya dibedakan berdasarkan total kapasitasnya. Semakin besar kapasitas atau daya panel surya di rumah, maka akan semakin besar pula biaya pemasangannya, entah itu dari segi kebutuhan bahan material sampai ongkos jasanya.

Umumnya pada rumah-rumah tinggal, proses pemasangan panel surya menggunakan rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Atap On-Grid. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan analisa biaya pasang panel surya di rumah untuk semua tegangan atau kapasitas, mulai dari kebutuhan material hingga ongkos jasa beserta perijinannya.

NoKeteranganPLTS 1.2 kWpPLTS 2 kWpPLTS 3 kWpPLTS 4 kWpPLTS 5 kWp
AMATERIAL
PV Module 200 Wp / MonocrystallineRp 8.884.000Rp 14.740.000Rp 23.584.000Rp 29.480.000Rp 38.324.000
Support PV Module 200 WpRp 2.147.000Rp 3.376.000Rp 5.523.000Rp 6.751.000Rp 8.898.000
InverterRp 16.361.000Rp 16.361.000Rp 18.882.000Rp 20.609.000Rp 22.452.000
Cable PowerRp 852.000Rp 1.302.000Rp 1.922.000Rp 1.922.000Rp 1.922.000
Panel ListrikRp 1.975.000Rp 1.975.000Rp 2.602.000Rp 2.602.000Rp 2.602.000
Grounding System Panel SuryaRp 873.000Rp 873.000Rp 993.000Rp 993.000Rp 993.000
BJASA & PERIJINANRp 10.671.000Rp 10.671.000Rp 10.671.000Rp 10.671.000Rp 10.671.000
CTOTAL BIAYARp 41.723.000Rp 49.298.000Rp 64.177.000Rp 73.028.000Rp 85.861.000
Biaya pasang panel surya di rumah dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing-masing jasa penyedianya.

Akhir Kata

Selain di atap rumah dan sistem rooftop, sebenarnya sistem panel surya bisa dipasang di halaman dan kebun. Namun, pastikan bahwa cahaya matahari bisa langsung menjangkau serta mengenai panel surya. Sementara untuk pemasangannya sendiri ada baiknya dilakukan oleh orang dengan keahlian khusus dalam bidang kelistrikan atau elektrik.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang panel surya di rumah untuk semua tegangan, entah itu dari segi kebutuhan material, ongkos jasa hingga perijinannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang sistem panel surya atau solar cell di rumah agar bisa lebih menghemat energi listrik.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.