Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang AC Rumah

Biaya Pasang AC Rumah

Biaya Pasang AC Rumah – AC atau Air Conditioner telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Tidak hanya untuk keperluan kantor ataupun fasilitas publik seperti hotel, pemasangan AC juga kerap ditemukan di rumah-rumah pribadi, terutama di kawasan yang panas.

Secara garis besar, ongkos pemasangan AC di rumah sebenarnya tidak terlalu mahal, karena hanya berkisar ratusan ribu rupiah saja. Akan tetapi, kalian perlu menyediakan komponen AC sendiri yang saat ini harganya berada di angka jutaan rupiah, entah itu model window ataupun split.

Di Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak jasa yang menyediakan pelayanan pemasangan AC di rumah, entah itu di Kota Jakarta, Semarang, Jogja, Surabaya, Bekasi, Bandung dan lain sebagainya. Namun, biasanya setiap daerah memiliki perbedaan harga terkait upah pemasangan AC rumah.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana untuk memasang AC di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar upah jasa pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang AC rumah untuk semua jenis-jenisnya.

Jenis AC Rumah

Sebelum pembahasan mengenai biaya pasang AC rumah berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Setidaknya terdapat 4 jenis AC yang kerap digunakan di rumah-rumah pribadi. Adapun beberapa jenis AC rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. AC Window

AC Window

Sebagaimana diketahui, AC Window kerap dipasang di bawah jendela sehingga terlihat lebih menyatu dengan bagian jendela ruangan. Di dalam AC jenis ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu pendingin, penguap, kompresor, koil pendingin hingga katup ekspansi. Cara kerjanya yaitu mengeluarkan udara dingin ke dalam ruangan lalu mengeluarkan udara panas ke luar ruangan.

2. AC Split

AC Split

Mungkin jenis AC split paling sering dijumpai pada dinding rumah-rumah pribadi atau gedung perkantoran. Umumnya unit pendingin dari jenis AC split diletakkan di dalam ruangan, sedangkan komponen kompresor diletakkan terpisah di luar ruangan. Kapasitas tenaga AC rumah jenis split biasanya berkisar antara 0,5 PK sampai 2,5 PK.

3. AC Cassette

AC Cassette

Khusus untuk jenis AC rumah cassette cukup berbeda diantara jenis AC lainnya. Pasalnya, AC cassette biasa dipasang di langit-langit sehingga terlihat menyatu dengan konstruksi plafon. Kapasitas tenaga AC casette juga cukup beragam, mulai dari 1,5 PK hingga 6 PK.

4. AC Standing

AC Standing

Jenis AC rumah terakhir yaitu ada AC standing atau AC berdiri. AC standing merupakan unit pendingin ruangan berbentuk balok seperti kulkas atau refrigerator. Karena sifatnya praktis, sehingga pendingin ruangan jenis tersebut kerap diaplikasikan di berbagai jenis fungsi ruangan (indoor).

Biaya Pasang AC Rumah

Biaya Pasang AC Rumah Per Unit

Perlu diketahui, perhitungan biaya pasang AC rumah sebenarnya hampir sama seperti BORONGAN INSTALASI LISTRIK. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pemasangan AC di rumah-rumah pribadi biasanya dihitung dengan satuan per titik ataupun per unit.

Seperti dijelaskan di atas, setiap daerah atau wilayah biasanya memiliki perbedaan upah jasa pemasangan AC rumah. Biasanya perbedaan ongkos pemasangan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Selain itu, biasanya jenis dan kapasitas tenaga AC juga akan mempengaruhi besaran biaya pemasangannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya pasang AC rumah untuk semua merek dan jenis, mulai dari biaya instalasi unit AC hingga material sparepart tambahannya.

1. Instalasi Unit AC

Uraian PekerjaanSatuanBiaya
Pasang AC 0,5 PK – 1,5 PKUnitRp 351.400
Pasang AC 1,5 PK – 2 PKUnitRp 351.500
Pasang AC CassetteUnitRp 752.450
Pasang AC StandingUnitRp 551.350
Bongkar AC Split 0,5 PK – 2 PKUnitRp 152.250
Bongkar AC CassetteUnitRp 351.350

2. Material Sparepart AC

Jenis MaterialSatuanBiaya
Pipa refrigerant Hoda 0,5 PK – 1,5 PKMeterRp 76.500
Pipa refrigerant Hoda 1,5 PK – 2 PKMeterRp 86.450
Pipa refrigerant Hoda 2,5 PK MeterRp 91.350
Pipa refrigerant Artic 0,5 PK – 1,5 PKMeterRp 61.450
Pipa refrigerant Artic 1,5 PK – 2 PKMeterRp 81.650
Kabel powerMeterRp 21..350
Kabel listrik Fuji 2 x 1,5 mmMeterRp 11.250
Kabel listrik Fuji 3 x 2,5 mmMeterRp 16.300
Kabel listrik Fuji 4 x 2,5 mmMeterRp 21.400
Selang pembuangan airMeterRp 11.500
Pipa drainMeterRp 11.600
Duct tape lemPcsRp 8.150
Duct tape non lemPcsRp 4.350
Bracket ACUnitRp 81.450
Biaya lasTitikRp 101.550
BobokanTitik / MeterRp 76.650
Survei atau cek AC tanpa tindakanRp 101.700

Tips Memilih Jasa Pasang AC Rumah

Tips Memilih Jasa Pasang AC Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang AC rumah untuk semua jenis-jenisnya. Nah, selanjutnya juga akan kami berikan beberapa tips dalam memilih jasa pemasangan atau tukang service AC rumah.

  • Pastikan jasa pemasangan AC memiliki reputasi baik.
  • Perhatikan kualitas pelayanannya.
  • Pilihlah jasa pemasangan yang memiliki teknisi profesional.
  • Pilihlah sesuai bujet kalian.
  • Mudah dihubungi.
  • Komunikatif, dalam hal ini penyedia jasa mampu memberikan solusi terkait pertanyaan kalian.
  • Memiliki pengalaman di bidangnya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pemasangan AC rumah bisa berbeda di beberapa wilayah. Perbedaan ongkos jasa pasang AC tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya pasang AC rumah untuk semua merek dan jenis-jenisnya, mulai dari biaya instalasi hingga bahan material tambahannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang AC di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *