Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

100 Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap Terlengkap

Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap

Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap – Ketika membangun sebuah rumah tinggal, pastinya terdapat cukup banyak komponen penting yang harus selalu diperhatikan. Nah, salah satu aspek penting yang harus dipertimbangkan pada saat membangun bahkan sebelum membuatnya yaitu atap rumah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya atap rumah sendiri menjadi konstruksi penting yang melindungi penghuni rumah dari panas terik matahari maupun guyuran air hujan. Maka dari itu, proses pembuatannya harus melalui perhitungan dan perencanaan dengan matang sejak awal.

Di Indonesia sendiri, saat ini terdapat cukup banyak jenis konsep pembuatan atap rumah, terutama pada rumah minimalis, salah satunya yaitu desain 3 trap. Secara garis besarnya, atap rumah minimalis 3 trap merupakan variasi dari bentuk atap rumah pelana yang terbilang cukup sederhana.

Apabila diantara kalian berencana untuk membuat rumah tinggal menggunakan atap minimalis 3 trap, ada baiknya carilah beberapa referensi modelnya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rekomendasi model atap rumah minimalis 3 trap.

Apa Itu Atap Rumah Minimalis 3 Trap?

Apa Itu Atap Rumah Minimalis 3 Trap

Sebelum pembahasan poin utama mengenai model atap rumah minimalis 3 trap lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini hunian di Indonesia banyak yang menggunakan konsep atap rumah minimalis 3 trap atau sering juga disebut sebagai atap pelana bertumpuk.

Jadi, dapat diartikan bahwa model atap memanjang ini merupakan model modifikasi dari model atap pelana tradisional. Ketika sebuah hunian menggunakan desain rumah minimalis ini, maka akan terlihat lebih modern dengan adanya penambahan atap model pelana secara bertumpuk (trap).

Akan tetapi, perlu diingat bahwa pada desain atap rumah minimalis pelana ini, kalian harus cermat dalam mengukur lebar trapnya. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya trap atap yang berukuran lebih kecil akan terlihat indah ketika berada di atas trap atap yang berukuran lebih besar.

Dimana struktur atap rumah minimalis gaya pelana atau 3 trap ini akan membentuk ruang kosong di bawah atap lainnya. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah atap tersebut sebagai ruang loteng atau ruang khusus multi fungsi.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Rumah Minimalis 3 Trap

Salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih untuk menggunakan atap rumah minimalis model 3 trap ini yaitu karena konstruksinya memiliki daya serap radiasi dan panas yang baik. Hal ini pastinya sangat cocok diterapkan di Indonesia mengingat semua daerahnya berada di iklim tropis.

Meskipun demikian, bukan berarti konsep atap rumah minimalis 3 trap tidak mempunyai kelemahan atau kekurangan sama sekali. Nah, sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangan atap rumah minimalis 3 trap.

Kelebihan

  • Mampu menyerap radiasi dan panas.
  • Proses pemasangannya mudah.
  • Penggunaan material lebih hemat.
  • Tidak gampang bocor.
  • Biaya pemasangan atap pelana cukup terjangkau.
  • Atap pelana mampu membuat rumah menjadi lebih sejuk.
  • Pemanfaatan ruang kosong di plafon.

Kekurangan

  • Beban terjangan angin.
  • Mudah retak.
  • Beban air hujan.
  • Rentan roboh.

Model Atap Rumah Minimalis 3 Trap

Setelah mengetahui sekilas pengertian hingga beberapa keunggulan dan kelemahan atap rumah minimalis 3 trap, maka selanjutnya kalian juga harus mencari inspirasi gaya, konsep maupun modelnya. Sebenarnya, pemilihan model atap rumah minimalis sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan pemilik hunian itu sendiri.

Berbicara mengenai model atap rumah minimalis 3 trap, sebenarnya konsepnya lebih mengarah pada gaya bersusun atau bertumpuk, entah itu ke samping ataupun ke depan dan belakang. Hal ini juga berlaku pada model atap rumah minimalis 2 trap. Maka dari itu, model atap tersebut bisa saja dikembangkan menjadi desain unik yang beragam, tergantung dari bentuk hingga kemiringan atap rumah minimalis itu sendiri.

Di Indonesia sendiri mungkin konsep atap rumah minimalis 3 trap yang paling sering diterapkan yaitu gaya atap pelana bertumpuk pada bagian samping kanan dan kirinya. Meskipun demikian, tak jarang pula beberapa orang yang mengaplikasikan model atap rumah minimalis bertumpuk ini menjadi beberapa bentuk, termasuk pada rumah minimalis atap datar.

Jadi, pada intinya penggunaan model atap rumah minimalis pelana bertumpuk atau bersusun ini akan bergantung pada bentuk hunian itu sendiri. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa inspirasi atau referensi model atap rumah minimalis 3 trap yang mampu memberikan kesan modern serta elegan.

Model Atap 24

Tips Memilih Model Atap Rumah Minimalis

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sekilas pengertian hingga kelebihan dan kekurangan beserta model atap rumah minimalis 3 trap. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, sebenarnya pemilihan model atap rumah minimalis bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Akan tetapi, pemilihan model atap rumah minimalis juga pastinya harus disesuaikan dengan beberapa aspek penting lainnya. Maka dari itu, sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dalam memilih model atap rumah minimalis.

  • Perhatikan kondisi cuaca di lingkungan sekitar.
  • Tentukan pemilihan jenis material atap rumah minimalis.
  • Pilihlah atap rumah minimalis yang presisi agar rapi pada saat dipasang (tidak deformasi atau meleot).
  • Carilah info mengenai kualitas berbagai macam model atap rumah minimalis.
  • Pilih warna yang sesuai dengan tema atau konsep rumah minimalis.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar inspirasi desain model atap rumah minimalis 3 trap dengan gaya modern dilengkapi dengan sejumlah keunggulan beserta kelemahannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membangun rumah minimalis menggunakan konsep atap 3 trap.

Sumber gambar : pinterest.com, facebook.com, rumahkuunik.com, designrumah.my.id

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *