Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Perbaikan Atap Bocor & Jasanya 2022

Biaya Perbaikan Atap Bocor

Biaya Perbaikan Atap Bocor – Seperti diketahui, biaya yang membengkak seringkali menjadi kendala bagi sebagian orang ketika ingin merenovasi rumah. Salah satunya yaitu kegiatan memperbaiki atap bocor yang terkadang merembet kemana-mana sehingga membuat banyak orang enggan melakukan renovasi rumah.

Sebagai elemen pertama pelindung hunian dari terik matahari, terpaan angin dan hujan, atap rumah termasuk ke dalam bagian atau komponen penting yang perlu diperhatikan. Selain itu, atap rumah juga sebenarnya mampu menambah kesan menarik dan cantik dari sebuah hunian.

Maka dari itu, atap yang rusak tidak hanya akan membuat rumah tidak sedap dipandang saja, namun juga bisa membahayakan penghuni rumah. Terlebih lagi pada saat hujan datang, penghuni rumah biasanya akan pusing mengatasi setiap titik kebocoran pada atap.

Nah, apabila kalian mengalami permasalahan serupa dan ingin segera memperbaikinya, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya perbaikan atap bocor mulai dari kebutuhan material hingga ongkos jasa pekerjanya.

Penyebab Atap Rumah Bocor

Penyebab Atap Rumah Bocor

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya perbaikan atap bocor lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebab permasalahannya. Adapun sejumlah faktor yang menyebabkan atap rumah menjadi bocor tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

perkakas
  • Pengaruh cuaca.
  • Kemiringan atap terlalu landai.
  • Terdapat retak rambut di sela-sela atap.
  • Loteng terlalu panas.
  • Posisi genteng melorot.

Komponen Perbaikan Atap Bocor

Di dalam kegiatan memperbaiki atap bocor, sebenarnya kalian memiliki dua pilihan, yaitu memperbaiki atap bocor secara mandiri atau memanggil tukang untuk mengatasinya. Apabila memanggil tukang, maka pastinya kalian harus mempersiapkan anggaran biaya lebih untuk ongkos jasanya.

Maka dari itu, penting untuk menghitung berapa besar biaya perbaikan atap bocor terlebih dahulu dengan matang sejak awal sebelum memanggil tukang ke rumah. Sebagai gambaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa komponen penting di dalam perbaikan atap bocor.

  • Luas plafon rumah.
  • Luas atap rumah.
  • Multipleks ukuran 1.2 m x 2.4 m.
  • Jumlah genteng yang dibutuhkan.
  • Ongkos jasa tukang.
  • Uang makan tukang.

Biaya Perbaikan Atap Bocor

Setelah mengetahui beberapa penyebab serta kebutuhan komponen di dalam perbaikan atap bocor, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar anggaran biayanya. Seperti diketahui, di Indonesia sendiri kini sudah tersedia pekerja borongan yang mematok harga jasa borongan bangunan cukup murah ketimbang pekerja harian.

Meskipun demikian, tetap saja kalian harus menghitung biaya perbaikan atap rumah bocor dengan teliti supaya nantinya tidak terjadi pembengkakan ataupun kelebihan dana. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik perhitungan biaya perbaikan atap bocor di bawah ini.

Biaya Perbaikan Plafon

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin menghitung biaya perbaikan atap bocor yaitu tentang plafon atau langit-langit. Sebagai contoh kalian mempunyai plafon rumah seluas 30 meter persegi, maka cara menghitung kebutuhan plafon multiplek tersebut yaitu akan seperti di bawah ini.

  • Kebutuhan plafon = Luas plafon ÷ Luas multiplek.
  • Kebutuhan plafon = 30 m2 ÷ (1.2 m x 2.4 m).
  • Kebutuhan plafon = 30 m2 ÷ 2.88 m2 = 10.4 lembar (dibulatkan menjadi 11 lembar).

Apabila harga plafon multiplek ukuran 1.2 m x 2.4 m tebal 12 mm di pasaran adalah Rp 100.000 per lembar, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 1.100.000 (Rp 100.000 x 11 lembar).

Biaya Pembelian Genteng

Perlu diketahui, sebenarnya kalian tidak perlu menghitung total luas atap apabila hanya ingin mengganti beberapa buah genteng saja. Akan tetapi, jika ingin mengganti semua genteng, maka kalian harus menghitung total luas atap rumah tersebut.

Pada pembahasan sebelumnya mengenai biaya cara menghitung kemiringan atap rumah juga sudah dijelaskan tentang rumus perhitungan total luas atap. Adapun tata cara menghitung luas atap rumah ukuran 5 m x 6 m (overstek 2 m) dengan kemiringan 30 derajat tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Luas atap = ((Panjang atap + Overstek) x (Lebar atap + Overstek)) ÷ Cos30.
  • Luas atap = ((6 m + 2 m) x (5 m + 2 m)) ÷ Cos30.
  • Luas atap = (8 m x 7 m) ÷ Cos30.
  • Luas atap = 56 m2 ÷ Cos30.
  • Luas atap = 56 m2 ÷ 0.83 = 67.4 m2.

Apabila setiap meter atap membutuhkan 9 lembar genteng dengan harga Rp 1.000 per lembarnya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya perbaikan atap untuk pembelian genteng sebanyak perhitungan berikut ini.

  • Kebutuhan genteng = Luas atap x Kebutuhan genteng per m2.
  • Kebutuhan genteng = 67.4 x 9 lembar = 606.6 lembar (dibulatkan menjadi 607 lembar.
  • Biaya pembelian genteng = Jumlah genteng x Harga genteng per lembar.
  • Biaya pembelian genteng = 607 lembar x Rp 1.000 = Rp 607.000.

Ongkos Jasa Pekerja

Setelah menghitung jumlah anggaran biaya untuk pembelian bahan material perbaikan atap rumah, maka selanjutnya tinggal menghitung ongkos atau upah pekerja bangunannya. Sebagai contoh pekerjaan perbaikan atap bocor membutuhkan waktu selama 3 hari, maka simulasi kebutuhan biaya ongkos tukang akan seperti di bawah ini.

  • Ongkos tukang = Rp 200.000 x 3 hari = Rp 600.000.
  • Uang makan = (Rp 15.000 x 3) x 3 hari = Rp 135.000.
  • Uang rokok = 1 pak (Rp 20.000) x 3 hari = Rp 60.000.

Total Biaya Perbaikan Atap Bocor

Dari data perhitungan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk memperbaiki atap rumah bocor membutuhkan anggaran biaya kurang lebih sekitar Rp 2.502.000. Dimana di dalam besaran biaya perbaikan atap bocor tersebut sudah mencakup pembelian bahan material hingga ongkos jasa pekerja bangunannya. Agar lebih jelasnya, perhatikan tabel di bawah ini.

KomponenBiaya
Biaya perbaikan plafonRp 1.100.000
Biaya pembelian gentengRp 607.000
Ongkos tukangRp 600.000
Uang makanRp 135.000
Uang rokokRp 60.000
TOTAL BIAYARp 2.502.000

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara menghitung biaya perbaikan atap bocor mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki atap rumah bocor menggunakan tenaga tukang panggilan.

Sumber gambar : behmerroofing.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.