Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Biaya Renovasi Atap Rumah Baja Ringan 2021 (Tenaga & Bahan)

Biaya Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Biaya Renovasi Atap Rumah Baja Ringan – Seiring berjalannya waktu, atap rumah yang sudah terlalu lama digunakan maka lama-kelamaan kualitasnya akan menurun. Maka dari itu, salah satu solusi agar atap rumah tetap kokoh dan mampu melindungi hunian secara maksimal yaitu dengan melakukan perbaikan ataupun renovasi.

Sebagaimana diketahui, kegiatan renovasi atap rumah terutama dari yang sebelumnya menggunakan kayu diganti dengan baja ringan membutuhkan anggaran biaya tidak sedikit. Dimana biasanya besaran biaya renovasi atap rumah tersebut bisa dipengaruhi oleh berbagai macam hal, salah satunya ukuran atap rumah itu sendiri.

Untuk itu, supaya terhindar dari kelebihan atau pembengkakan anggaran dana renovasi atap rumah, sebaiknya hitung terlebih dahulu total biayanya dengan matang sejak awal. Di dalam proses renovasi, biasanya pemilik rumah membutuhkan beberapa komponen, mulai dari bahan material hingga tenaga pekerja bangunannya.

Sebenarnya, perhitungan biaya renovasi atap rumah tersebut hampir mirip seperti saat menghitung BIAYA PEMASANGAN ATAP BAJA RINGAN RUMAH TYPE 36. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik pembahasan rincian biaya renovasi atap rumah baja ringan di bawah ini.

Kebutuhan Komponen Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya renovasi atap rumah baja ringan lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kebutuhan komponennya. Adapun beberapa kebutuhan komponen dalam kegiatan renovasi atap rumah baja ringan tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Bahan Material

Bahan Material

Ketika hendak merenovasi atap rumah, tentunya bahan material bangunan menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan. Dimana bahan material renovasi atap rumah baja ringan ini terdiri dari struktur rangka penopang serta material penutup atap rumah itu sendiri.

Dengan kata lain, kalian perlu mempersiapkan material baja ringan seperti kanal maupun reng. Selain itu, kalian juga perlu mempertimbangkan pemilihan material penutup atap rumah, apakah akan menggunakan genteng ataupun menggunakan atap asbes.

Pekerja Bangunan

Pekerja Bangunan

Pemilihan pekerja bangunan juga menjadi hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan ketika hendak merenovasi atap rumah baja ringan. Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia dua jenis pekerja bangunan, yaitu pekerja sistem harian serta pekerja sistem borongan.

Apabila kalian ingin lebih menghemat biaya renovasi, saran kami sebaiknya manfaatkanlah pekerja sistem borongan. Hal ini dikarenakan menurut beberapa orang HARGA BORONGAN PEKERJA BORONGAN lebih ekonomis dibandingkan dengan pekerja sistem harian.

Biaya Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Setelah mengetahui beberapa kebutuhan komponen renovasi atap rumah baja ringan, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung rincian biayanya. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan rincian biaya renovasi atap rumah baja ringan untuk semua jenis serta ukurannya.

Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Langkah pertama yaitu menghitung biaya pembelian material rangka atap baja ringan. Untuk HARGA BAJA RINGAN PER BATANG di pasaran sendiri berada di kisaran Rp 110.000 sampai Rp 160.000. Misalkan kalian akan merenovasi atap baja ringan tipe rumah tipe minimalis berukuran 4 m x 8 m, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 untuk pembelian kebutuhan rangka baja ringan.

Material Atap Rumah

Material Atap Rumah

Tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pembelian material penutup atap rumah baja ringan. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini di pasaran Indonesia sendiri sudah tersedia cukup banyak jenis material atap rumah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan serta keinginan pelanggan.

Meskipun demikian, jenis material atap yang kerap digunakan pada rumah-rumah bergaya minimalis yaitu genteng ataupun asbes. Harga genteng di pasaran sendiri saat ini berada di kisaran Rp 7.000 untuk jenis beton dan Rp 2.500 per buahnya untuk jenis genteng tanah liat.

Namun, apabila kalian ingin melakukan renovasi rumah dengan dana terbatas, maka atap asbes bisa menjadi solusi yang tepat. Sebab, asbes sendiri dijual dengan harga Rp 53.000 per lembarnya dengan dimensi atau ukuran panjang 180 cm, lebar 105 cm serta ketebalan sekitar 4 mm.

Biaya Pemasangan

Biaya Pemasangan

Di dalam rincian perhitungan biaya renovasi atap rumah baja ringan, ongkos pekerja juga perlu dipertimbangkan. Jika ingin lebih menghemat anggaran biaya, maka sebaiknya gunakanlah pekerja dengan sistem borongan. Selain bisa menghemat biaya, proses pembangunan oleh kontraktor atau pemborong juga dinilai lebih cepat.

Sebagai contoh kalian akan memasang rangka atap baja ringan pada rumah berukuran 4 m x 8 m overstek 1 m dengan tingkat kemiringan 30 derajat menggunakan pekerja borongan dengan HARGA BORONGAN PEMASANGAN BAJA RINGAN saat ini adalah Rp 40.000 per meter perseginya, maka kalian perlu mempersiapkan biaya sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Volume Atap Rumah Baja Ringan
    • Volume atap rumah : ((Panjang + Overstek) x (Lebar + Overstek)) ÷ Cos kemiringan 30 derajat.
    • Volume atap rumah : ((4 m + 1 m) x (8 m + 1 m)) ÷ 0.819.
    • Volume atap rumah : (5 m x 9 m) ÷ 0.819.
    • Volume atap rumah : 45 m2 ÷ 0.819 = 54.94 m2 (dibulatkan menjadi 55 m2)
  • Biaya Pemasangan Atap Baja Ringan
    • Biaya pemasangan : Volume atap baja rumah baja ringan x Harga borongan per meter.
    • Biaya pemasangan : 55 m2 x Rp 40.000 = Rp 2.200.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk ongkos pekerja borongan pemasangan atap baja ringan pada rumah berukuran 4 m x 8 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.200.000.

Tips Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Tips Renovasi Atap Rumah Baja Ringan

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian perhitungan biaya renovasi atap rumah baja ringan, baik itu dari segi kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunnya. Di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam merenovasi atap rumah.

  • Tentukan konsep atap rumah dengan matang.
  • Pilih waktu renovasi yang tepat.
  • Pilihlah bahan bangunan lokal berkualitas.
  • Lakukan renovasi rumah secara bertahap.
  • Gunakan pekerja borongan berpengalaman.

Akhir Kata

Demikian pembahasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya renovasi atap rumah baja ringan mulai dari kebutuhan material hingga upah pekerja bangunannya. Semoga ulasan di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan renovasi atap rumah dari material kayu diganti menjadi baja ringan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *