Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Baja Ringan

Harga Borongan Pasang Baja Ringan

Harga Borongan Pasang Baja Ringan – Baja ringan saat ini menjadi salah satu jenis konstruksi bangunan yang cukup banyak digunakan di beberapa proyek dengan skala kecil atau bahkan skala besar. Biasanya material ini diaplikasikan untuk struktur pada rangka atap bangunan gedung dan perumahan.

Material baja ringan ini memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya banyak diminati oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu keunggulan baja ringan yaitu harganya yang relatif terjangkau untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Selain itu, baja ringan juga tidak terlalu membebani struktur di bawahnya serta tahan terhadap hama seperti struktur dari material kayu. Soal kualitas, baja ringan juga memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup tinggi.

Bagi kalian yang ingin membangun konstruksi atap rumah menggunakan baja ringan, berikut ini akan epropertyrack jelaskan harga borongannya. Langsung saja kalian perhatikan baik-baik pembahasan harga borongan pasang baja ringan di bawah ini.

Harga Borongan Pasang Baja Ringan Terbaru

Konstruksi atap merupakan elemen penting yang harus ada pada hunian sebagai pelindung dari cuaca panas dan hujan. Baja ringan adalah salah satu material yang sangat tepat jika kalian gunakan sebagai struktur kerangka atap. Hal itu dikarenakan baja ringan memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan.

Ukuran Baja Ringan

Ukuran Baja Ringan

Baja ringan memang memiliki ukuran yang bervariasi, tergantung dengan jenis dan tingkat ketebalannya. Secara umum, bentuk dan ukuran baja ringan bisa disesuaikan dengan keperluan penggunaannya. Kaso atau truss biasanya memiliki ketebalan sekitar 0.75 mm hingga 1.00 mm. Sedangkan reng atau profil B biasanya memiliki ketebalan sekitar 0.40 mm hingga 0.60 mm.

Menghitung Biaya Pemasangan Atap Baja Ringan

Menghitung Biaya Pemasangan Atap Baja Ringan

Sebelum membahas harga borongan pasang baja ringan lebih lanjut, alangkah baiknya kalian memahami terlebih dahulu tentang simulasi perhitungan biaya pemasangan atap baja ringan. Hal-hal tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut ini.

1. Perhitungan Luas Atap

Hal pertama yang harus kalian perhatikan yaitu perhitungan luas atap bangunan. Dengan mengetahui luas atap, kalian bisa memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian bahan baku serta upah tenaga pemasangan baja ringan.

2. Kalikan dengan Ongkos Pemasangan

Setelah selesai menghitung luas atap, selanjutnya kalian menghitung berapa harga pemasangannya. Biasanya biaya pemasangan sudah ditentukan sebelumnya, yakni dengan harga per meter persegi. Cara menghitungnya yaitu dengan mengalikan berapa meter persegi yang kalian perlukan untuk luas atap tersebut.

3. Pertimbangkan Biaya Pengeluaran Lainnya

Setelah selesai menghitung semuanya, kalian juga harus mempersiapkan biaya lainnya yang sifatnya mendadak dan tidak terduga. Jadi siapkan anggaran dana yang lebih untuk berjaga-jaga jika diperlukan biaya tambahan.

Harga Borongan Pasang Baja Ringan Per Meter

NOURAIAN KEGIATANSPESIFIKASISATUANHARGA
1Jasa Bongkar Atap Lamam2Rp 30.000
2Borongan Pasang Rangka Baja Ringanm2Rp 40.000
3Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Standar SNI Tebal 0.75 mmm2Rp 120.000
4Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Standar SNI Tebal 1 mmm2Rp 150.000
5Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Bluescope Tebal 0.75 mmm2Rp 130.000
6Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Bluescope Tebal 1 mmm2Rp 160.000
7Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Taso Tebal 0.75 mmm2Rp 150.000
8Borongan Pasang Rangka Baja Ringan Plus MaterialMerek Taso Tebal 1 mmm2Rp 190.000
9Borongan Pasang Atap Plus MaterialSpandek Galvalum 0.35 mmm2Rp 60.000
10Pasang Atap Plus MaterialGenteng Metal Polosm2Rp 65.000
11Pasang Atap Plus MaterialGenteng Metal Pasirm2Rp 75.000
12Borongan Aluminium FoilSingle Sidem2Rp 25.000
13Borongan Aluminium FoilDouble Sidem2Rp 30.500

Keuntungan Penggunaan Baja Ringan

Keuntungan Penggunaan Baja Ringan

Setelah mengetahui harga borongan pasang baja ringan dan berminat untuk mengunakannya, kalian juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Proses Pemasangan Realtif Mudah dan Singkat

Material ini memiliki bobot yang cukup ringan sehingga membuat proses pemasangannya menjadi lebih mudah jika dibandingkan dengan material berbahan dasar kayu atau baja konvensional.

2. Memiliki Daya Tahan yang Kuat

Baja ringan memiliki daya tahan yang kuat sehingga mampu untk menyerap energi dalam jumlah yang cukup besar. Material ini juga dapat menahan beban atap di atasnya tanpa menyebabkan kerusakan.

3. Tahan Lama

Berbeda dengan material kayu yang mudah lapuk karena perubahan cuaca dan gampang diserang rayap, baja ringan ini memiliki sifat yang tidak mudah keropos dan berkarat. Dengan begitu, konstruksi yang menggunakan material baja ringan akan memiliki usia pakai yang cukup panjang.

4. Efisiensi Biaya

Meskipun HARGA BAJA RINGAN relatif terjangkau, namun material ini memiliki kualitas yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan menggunakan baja ringan, kalian akan mendapatkan efisiensi biaya.

5. Konsistensi Tinggi

Pada dasarnya, baja ringan tergolong dalam material yang dibuat oleh pabrik. Di mana bentuk dan kualitasnya sudah pasti memiliki konsistensi yang seragam.

6. Dapat Didaur Ulang

Sisa dari struktur atap baja ringan yang sudah tidak terpakai dapat digunakan kembali untuk bagian lain konstruksi rumah kalian karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Kalian juga bisa membongkar materialnya dengan cara melelhkan dan dibentuki dmenjadi salah satu bahan bangunan.

7. Mudah Dibentuk dan Disambung

Produk baja ringan mudah untuk dipotong dan dibentuk mengikuti bentuk rangka atap yang kalian inginkan. Kalian juga bisa menyambung baja ringan dengan jenis atap lainnya menggunakan material penghubung baja.

Akhir Kata

Perlu kalian ketahui, dulu baja ringan banyak digunakan untuk bangunan pabrik, namun saat ini baja ringan juga digunakan untuk membuat hunian pribadi. Jumlah peminat atap baja ringan seiring dengan berjalannya waktu juga semakin meningkat, menginat harganya yang terjangkau dan tahan lama. Demikian penjelasan mengenai harga borongan pasang baja ringan yang dapat epropertyrack sampaikan.

Harga Borongan Pasang Baja Ringan

IDR 30000
9.4

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.2/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *