Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Atap Spandek

Harga Borongan Pasang Atap Spandek

Harga Borongan Pasang Atap Spandek – Sebagaimana diketahui, atap menjadi kebutuhan untuk luar ruangan pada sebuah hunian. Struktur rumah tersebut berperan penting sebagai penutup bagian atas bangunan supaya bagian bangunan terlindungi dari cuaca, baik itu panas ataupun hujan.

Belakangan ini, atap rumah jenis spandek menjadi perbincangan oleh sebagian besar orang dalam dunia pembangunan. Atap spandek kerap menggantikan fungsi genteng sebagai penutup bangunan karena sejumlah keunggulannya, salah satunya yaitu proses pemasangannya lebih mudah dan cepat.

Berbicara mengenai atap spandek, di Indonesia sendiri proses pemasangan konstruksi atap tersebut dapat dilakukan oleh dua jenis pekerja, entah itu pekerja harian ataupun pekerja borongan. Namun, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan jasa pemborong atau kontraktor karena ongkosnya dinilai lebih murah dibandingkan pekerja harian.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana mengaplikasikan material spandek sebagai atap rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang atap spandek per meter perseginya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, namun sebagai material bahan bangunan tentunya atap spandek memiliki beberapa kelemahan. Sebelum membahas harga borongan pasang atap spandek lebih lanjut, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa kelebihan serta kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Proses pemasangan atap spandek relatif lebih mudah dibandingkan material genteng.
  • Memiliki bentuk sederhana sehingga membuatnya menjadi aman apabila terjadi terpaan angin besar sekaligus.
  • Atap spandek terkenal dengan usia pakainya yang lama, bahkan mencapai puluhan tahun.
  • Atap spandek memiliki permukaan yang mampu memantulkan panas sinar matahari dengan baik sehingga membuat kondisi di dalam rumah terasa sejuk.
  • Atap spandek bisa di daur ulang sehingga ramah terhadap lingkungan.
  • Banyak pilihan warnanya.

Kekurangan

  • Menimbulkan suara cukup berisik apabila terkena air hujan.
  • Atap spandek mempunyai kemungkinan mengalami kepudaran warna dalam jangka waktu singkat.
  • Jika terbentur dengan benda keras, maka risiko kebocoran atap spandek sangat tinggi.

Kebutuhan Pasang Atap Spandek

Didalam proses pasang atap spandek, terdapat beberapa komponen serta bahan material penting yang perlu diperhitungkan. Komponen atau bahan material di dalam PERHITUNGAN KEBUTUHAN PEMASANGAN ATAP SPANDEK tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Bahan Material

Bahan Material

Kebutuhan pertama dalam proses pemasangan atap spandek pada rumah yaitu bahan material bangunannya. Secara umum, pengaplikasian atap spandek ini menggunakan rangka atap baja ringan. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan rincian bahan material pemasangannya.

  • Baja ringan kanal C.
  • Nok baja ringan.
  • Atap spandek.
  • Baut.

Pekerja Bangunan

Pekerja Bangunan

Komponen lainnya yang tidak kalah pentingnya dengan bahan material pemasangan atap spandek yaitu pekerja bangunannya. Karena disini pemasangan atap spandek menggunakan pekerja borongan atau pemborong, maka kalian harus mencari kontraktor berpengalaman.

Perlu diketahui, harga borongan pasang atap spandek juga bisa dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu harga borongan tanpa material serta HARGA BORONGAN PLUS MATERIAL. Saran kami sebaiknya gunakan pekerja borongan plus material sehingga kalian tidak perlu repot-repot mencari bahan material pemasangannya.

Harga Borongan Pasang Atap Spandek

Daftar Harga Borongan Pasang Atap Spandek

Secara garis besar, harga borongan pasang atap spandek umumnya berbeda-beda untuk beberapa wilayah. Perbedaan tersebut bisa saja dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti harga material bangunan, tingkat kesulitan pemasangan atap spandek dan lain sebagainya.

Namun, umumnya mereka mematok harga borongan pasang atap spandek mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 220.000 per meter perseginya. Harga tersebut sudah termasuk pemasangan rangka atap baja ringan, kuda-kuda baja ringan hingga pemasangan atap spandek.

Perlu diingat, saran kami sebaiknya carilah pekerja borongan yang sudah berpengalaman di bidangnya. Hal tersebut bertujuan agar nantinya hasil akhir dari pemasangan atap spandek oleh pekerja borongan tersebut bisa sesuai dengan harapan.

Selain itu, pilihlah material atap spandek dengan merek ternama yang sudah terbukti kualitasnya. Akan tetapi, HARGA SPANDEK tersebut pasti akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan material kelas standar.

Perhitungan Biaya Pasang Atap Spandek

Perhitungan Biaya Pasang Atap Spandek

Setelah mengetahui harga borongan pasang atap spandek per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunannya. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan tata cara menghitung biaya pasang atap spandek menggunakan pekerja borongan plus material.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu menghitung total luas atau volume bidang pekerjaan pemasangan atap spandek. Sebagai contoh kalian akan memasang material spandek pada rumah dengan model atap pelana ukuran 7 meter x 6 meter, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang atap : 7 meter.
  • Lebar atap : 6 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang atap x lebar atap.
  • Volume pekerjaan : 7 m x 6 m = 42 m2.

Dari data perhitungan di atas, total volume bidang pekerjaan pemasangan spandek pada atap rumah model pelana yaitu 42 meter persegi.

Biaya Pasang Atap Spandek

Langkah selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan atap spandek menggunakan pekerja borongan. Tata caranya yaitu hanya dengan mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan atap spandek per meter perseginya.

  • Biaya pasang atap spandek : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pasang atap spandek : 42 m2 x Rp 210.000 = Rp 8.820.000.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk memasang atap spandek menggunakan jasa pemborong pada atap rumah pelana seluas 42 meter persegi yaitu kurang lebih sekitar Rp 8.820.000. Sebaiknya siapkan anggaran dana melebihi perkiraan tersebut untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu di luar dugaan pada saat proses pembangunan sedang berlangsung.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan pasang atap spandek dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain itu, harga borongan tersebut juga bisa berbeda-beda di beberapa wilayah tergantung pada tingkat kesulitan pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian harga borongan pasang atap spandek per meter perseginya dilengkapi tata cara menghitung biaya pemasangannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang atap spandek di rumah.

Harga Borongan Pasang Atap Spandek

IDR 200000
9.2

Harga

9.0/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.6/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.0/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *