Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter – Genteng merupakan salah satu material atap yang berfungsi untuk melindungi sebuah bangunan dari berbagai macam cuaca. Selain itu, genteng juga mampu mempercantik dan memperindah tampilan eksterior hunian dengan cara mengecat lapisannya.

Akan tetapi, pemilihan cat genteng harus dilakukan secara teliti dan cermat agar bisa memberikan jaminan durabilitas jangka panjang. Terlepas dari itu semua, proses pengecatan genteng juga harus dilakukan oleh tukang cat profesional, salah satunya yaitu menggunakan pekerja borongan atau kontraktor.

Secara garis besar, pekerja borongan atau kontraktor tersebut biasanya menyediakan jasa pengecatan genteng menjadi dua jenis, yaitu pengecatan non material serta plus material. Tentunya setiap pemborong tenaga bangunan tersebut memiliki ketentuan terkait tarif atau harga jasa pengecatannya.

Maka dari itu, apabila kalian berniat mengecat genteng rumah menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya paham terlebih dahulu berapa besar harga per meternya. Nah, kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai daftar harga borongan cat genteng per meter baik itu non material ataupun plus material.

Manfaat Mengecat Genteng Rumah

Manfaat Mengecat Genteng Rumah

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keuntungan mengecat genteng rumah yaitu mampu mempercantik sebuah hunian. Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan cat genteng per meter lebih lanjut, berikut akan kami jelaskan sejumlah manfaatnya.

  • Meningkatkan keindahan rumah.
  • Mencegah terjadinya rembesan air hujan akibat kebocoran.
  • Mencegah adanya lumut dan jamur pada lapisan genteng.
  • Memperpanjang usia genteng.
  • Melindungi genteng dari sengatan sinar matahari secara langsung.

Jenis-Jenis Cat Genteng

Jenis Cat Genteng

Di pasaran Indonesia sendiri, cat genteng rumah terbagi menjadi beberapa jenis. Tentunya setiap jenis cat genteng tersebut juga memiliki karakteristiknya masing-masing. Adapun beberapa jenis cat genteng tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Alkyd Synthetic.
  2. Acrylic Resin.
  3. Styrene Acrylic.
  4. Zink Chromate Primer.
  5. Cat Genteng Waterproof.
  6. Cat Pernis Thinner.

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter Persegi

Sama seperti HARGA BORONGAN PLAMIR TEMBOK, besaran harga borongan cat genteng per meter juga biasanya berbeda untuk beberapa wilayah. Perbedaan tarif jasa borongan tersebut umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti lokasi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan pengecatan hingga risiko proses pengecatannya.

Sebagaimana diketahui, umumnya pekerja borongan pengecatan genteng rumah menyediakan dua jenis sistem pengecatan, yaitu pengecatan non bahan serta pengecatan plus bahan. Dimana borongan non bahan ini berarti pemborong hanya menyediakan tenaga kerja saja sehingga pemilik rumah perlu mencari cat gentengnya sendiri.

Sementara pekerja borongan plus bahan dapat diartikan pekerja borongan menyediakan tenaga kerja serta material pengecatan. Oleh sebab itu, harga borongan cat genteng plus material sedikit lebih mahal dibandingkan harga borongan cat genteng non material.

Umumnya pekerja pengecatan borongan non material mematok harga kurang lebih sekitar Rp 30.000 sampai Rp 45.000 per meter perseginya. Sedangkan harga borongan cat genteng plus material per meter perseginya sebenarnya tergantung pada penggunaan jenis dan merek cat, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 75.000.

Cara Menghitung Biaya Cat Genteng

Setelah mengetahui besaran harga borongan cat genteng per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitungnya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara menghitung biaya pengecatan genteng menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan Atap Genteng

Volume Pekerjaan Atap Genteng

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu mencari luas atau volume atap genteng rumah. Sebagai contoh kalian akan melakukan pengecatan genteng pada atap pelana dengan panjang 10 meter, lebar 8 meter serta overstek 1 meter dan tingkat kemiringan 10 derajat, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang atap : 10 meter.
  • Lebar atap : 8 meter.
  • Overstek : 1 meter.
  • Tingkat kemiringan atap : Cos 10 derajat = 0.984.

Perhitungan :

  • Volume atap genteng : ((Panjang + overstek) x (lebar + overstek)) ÷ Cos (kemiringan atap).
  • Volume atap genteng : ((10 m + 1 m) x (8 m + 1 m)) ÷ 0.984.
  • Volume atap genteng : (11 m x 9 m) ÷ 0.984.
  • Volume atap genteng : 99 m2 ÷ 0.984 = 100.609 m2 (dibuatkan menjadi 101 m2).

Biaya Pengecatan Genteng

Biaya Pengecatan Genteng Mengunakan Harga Borongan

Tahap berikutnya yaitu menghitung total biaya pengerjaan pengecatan genteng pada atap seluas 101 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Caranya yaitu mengalikan volume pekerjaan dengan harga borongan cat genteng per meter perseginya, entah itu non bahan ataupun plus bahan.

Borongan Non Material

  • Biaya cat genteng : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya cat genteng : 101 m2 x Rp 30.000 = Rp 3.030.000.

Borongan Plus Material

  • Biaya cat genteng : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya cat genteng : 101 m2 x Rp 50.000 = Rp 5.050.000.

Jadi, total biaya yang perlu dipersiapkan untuk mengecat genteng rumah sepanjang 10 meter serta lebar 8 meter yaitu sekitar Rp 3.030.000 untuk pekerja borongan non material atau Rp 5.050.000 untuk pekerja borongan plus material. Perlu diingat, didalam biaya tersebut sudah termasuk penyewaan peralatan ataupun perlengkapan pengecatan genteng.

Tips Memilih Cat Genteng

Tips Memilih Cat Genteng

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan cat genteng per meter persegi disertai perhitungan biaya pengecatannya. Supaya cat genteng dapat awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips memilihnya di bawah ini.

  • Gunakanlah cat genteng berkualitas tinggi.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan warna cat genteng pilihan.
  • Carilah rekomendasi warna cat lainnya dari para ahli.
  • Pilihlah cat genteng yang laku keras (best seller).
  • Sesuaikan cat genteng dengan konsep hunian.

Akhir Kata

Proses pengecatan genteng rumah menggunakan pekerja borongan memang sangat kami rekomendasikan buat kalian. Sebab, selain harganya tergolong lebih rendah dari pekerja harian, hasil akhir pengecatan juga bisa menjadi lebih maksimal karena dilakukan oleh para tukang berpengalaman.

Itulah sekiranya informasi seputar daftar harga borongan cat genteng per meter disertai perhitungan biaya pengecatannya dari Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak menggunakan pekerja borongan dalam pekerjaan pengecatan genteng rumah.

Harga Borongan Cat Genteng Per Meter

IDR 30000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *