Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

62 Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Cat Pagar Besi

Harga Borongan Cat Pagar Besi – Seiring dengan berjalannya waktu, model pagar besi akan terlihat usang, bahkan akan berkarat akibat terkena paparan cuaca panas dan hujan secara terus-menerus. Ketika ingin memperbaiki tampilan pagar besi di rumah, tentunya kalian perlu memperkirakan berapa besaran kebutuhan dana pengerjaannya.

Seperti halnya pada saat ingin mengganti warna cat teralis jendela atau tangga besi di rumah, kebutuhan bahan material harus dihitung dengan tepat, termasuk cat dasar pagar besi. Selain itu, kalian juga pastinya harus memasukkan ongkos pekerja bangunan di dalam pembuatan rencana anggaran biaya (RAB) pengerjaannya.

Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia pemborong atau kontraktor yang menyediakan harga atau upah jasa lebih murah ketimbang pekerja sistem harian. Dimana para kontraktor atau pemborong bangunan tersebut biasanya mematok harga borongan pengerjaan pengecatan pagar besi dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, apabila kalian berencana mengecat pagar besi di rumah menggunakan jasa pekerja borongan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan cat pagar besi per meter perseginya.

Tujuan Mengecat Pagar Besi di Rumah

Tujuan Mengecat Pagar Besi di Rumah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama dilakukannya pengecatan pagar besi di rumah yaitu untuk mengembalikan tampilan konstruksi tersebut seperti semula. Tentunya keindahan sebuah hunian tidak hanya dilihat dari segi interior atau dalam ruangannya saja, namun juga dari eksterior, termasuk pagar besi.

Maka dari itu, sebelum membahas poin utama mengenai daftar harga borongan cat pagar besi per meter lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja tujuannya. Adapun sejumlah tujuan atau manfaat mengecat pagar besi di rumah tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Mencegah pagar besi berkarat.
  • Mencegah munculnya lumut atau jamur pada pagar besi.
  • Mempercantik tampilan pagar besi di rumah.

Jenis Cat Untuk Pagar Besi

Perlu diketahui, proses pengecatan pagar besi ternyata tidak boleh dilakukan menggunakan cat sembarangan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa jenis cat di pasaran Indonesia yang dibuat khusus untuk mengecat bagar berbahan dasar besi. Berikut ini akan kami berikan daftar jenis-jenis cat untuk pagar besi.

  • Cat aluminium.
  • Cat epoxy.
  • Cat efek.
  • Cat pagar besi alkyd sintetik.
  • Cat duco.

Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter

Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter

Setelah mengetahui beberapa tujuan hingga jenis-jenis cat untuk pagar besi, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongannya. Seperti halnya harga borongan cat dinding pada umumnya, besaran upah atau ongkos jasa borongan pengecatan pagar besi juga bisa berbeda di sejumlah wilayah.

Adanya perbedaan harga borongan tenaga bangunan tersebut biasanya dikarenakan sejumlah faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pengerjaannya. Selain itu, para kontraktor maupun pemborong juga biasanya menyediakan dua jenis pilihan kepada para kliennya, yaitu borongan non material serta plus material.

Dimana borongan non material bisa diartikan sebagai jasa borongan yang hanya menyediakan tenaga pekerjanya saja, tidak termasuk bahan materialnya. Sementara untuk pilihan jasa borongan plus bahan, artinya pihak kontraktor menyediakan jasa pengecatan pagar besi lengkap bersama semua kebutuhan materialnya.

Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik daftar harga borongan cat pagar besi per meter perseginya di bawah ini, entah itu borongan plus material ataupun non material.

KeteranganHarga Borongan Per Meter
Borongan non materialRp 200.000 – Rp 250.000
Borongan plus materialRp 400.000 – Rp 600.000

Catatan : Besaran harga borongan cat pagar besi per meter di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah, tergantung pada jenis dan merk cat yang dipilih.

Cara Menghitung Borongan Cat Pagar Besi

Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui besaran harga borongan cat pagar besi per meter, namun tidak mengetahui bagaimana cara menghitung total kebutuhan anggaran biayanya. Secara garis besarnya, cara menghitung ongkos borongan cat pagar besi hampir sama seperti saat menghitung borongan cat tembok.

Dimana nantinya kalian perlu mencari luas atau volume bidang pekerjaan pagar besi terlebih dahulu untuk mengetahui total kebutuhan anggaran biayanya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung ongkos borongan pengerjaan cat pagar besi di bawah ini.

Luas Pagar Besi

Pertama-tama, silahkan cari tahu terlebih dahulu luas bidang pekerjaan pagar besi yang ingin dicat. Misalkan kalian akan mengecat pagar besi berukuran panjang 7 meter serta tinggi 1.5 meter menggunakan pekerja borongan, maka tata cara menghitung luas bidang pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang pagar besi : 7 meter.
  • Tinggi pagar besi : 1.5 meter.

Perhitungan :

  • Luas pagar besi : Panjang x tinggi.
  • Luas pagar besi : 7 m x 1.5 m = 10.5 m2.

Ongkos Borongan

Setelah mengetahui luas bidang pekerjaan pagar besi, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung besaran ongkos jasa borongannya. Cara menghitungnya juga sangat mudah, kalian hanya perlu mengalikan luas pekerjaan dengan harga borongan pengecatan pagar besi per meter perseginya.

  • Borongan non bahan : 10.5 m2 x Rp 200.000 = Rp 2.100.000.
  • Borongan plus bahan : 10.5 m2 x Rp 400.000 = Rp 4.200.000.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan anggaran biaya untuk melakukan pengecatan pagar besi berukuran 7 m x 1.5 m menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 2.100.000 untuk non material serta Rp 4.200.000 untuk plus material.

Tips Memilih Cat Pagar Besi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga borongan cat pagar besi per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya kualitas hasil akhir pengerjaan pengecatan pagar besi sendiri tergantung pada pemilihan jenis materialnya sendiri.

Oleh sebab itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah tips memilih cat pagar besi di pasaran Indonesia.

  • Pilihlah cat dengan formulasi anti karat.
  • Pastikan cat pagar besi anti jamur dan tahan terhadap cuaca ekstrem.
  • Pahami dan cermati bahan dasar pembuatan cat.
  • Utamakan memilih merk cat ternama.
  • Sebaiknya prioritaskan kualitas serta harga.
  • Sesuaikan warna cat dengan konsep hunian.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan cat pagar besi per meter persegi dilengkapi dengan tata cara menghitungnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi sebelum melakukan pengerjaan pengecatan menggunakan pekerja sistem borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

One Reply to “62 Harga Borongan Cat Pagar Besi Per Meter 2022…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *