Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

3 Harga Borongan Pasang Atap Alderon Per Meter 2021

Harga Borongan Pasang Atap Alderon

Harga Borongan Pasang Atap Alderon – Atap alderon merupakan salah satu variasi atap PVC yang sedang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Dimana material bangunan tersebut terbuat dari bahan dasar PVC dengan bentuk lembaran bergelombang sehingga terlihat sangat menarik.

Umumnya, alderon kerap diaplikasikan pada rumah-rumah tinggal bergaya minimalis modern, baik itu sebagai atap utama ataupun sebagai kanopi. Akan tetapi salah satu kekurangannya yaitu HARGA ATAP ALDERON sedikit lebih mahal dibandingkan material atap jenis lainnya.

Di lain sisi berat atap alderon cenderung lebih ringan ketimbang atap genteng sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya. Berbicara mengenai pemasangan atap alderon, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor yang menawarkan jasa pasang atap alderon.

Perlu diketahui, tentunya setiap kontraktor atau pemborong tersebut memiliki ketentuan mengenai upah atau tarif jasa pemasangan atap alderon. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan pasang atap alderon per meter perseginya.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Kelebihan dan Kekurangan Atap Alderon

Dibalik sejumlah keunggulannya, atap alderon juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pemilik rumah. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasangnya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari atap alderon.

Kelebihan

  • Atap alderon memiliki sifat kuat dan kokoh.
  • Mampu menjadi peredam panas serta pembuat sejuk ruangan.
  • Tidak mudah mengalami luntur.
  • Kedap terhadap suara.
  • Tidak mudah terbakar atau tahan api.
  • Tidak karatan karena terbuat dari bahan PVC.
  • Cara perawatannya tergolong mudah.
  • Mudah dibentuk.
  • Ramah terhadap lingkungan.

Kekurangan

  • Variasi warna atap alderon terbatas.
  • Harganya cenderung lebih mahal.
  • Membutuhkan tukang khusus dalam proses pemasangannya.

Teknik Pemasangan Atap Alderon

Teknik Pemasangan Atap Alderon

Sebelum pembahasan harga borongan pasang atap alderon per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu teknik pemasangannya. Untuk saat ini para kontraktor atau pemborong biasanya menyediakan 2 jenis teknik pemasangan atap alderon, yaitu menggunakan rangka baja ringan serta hollow galvanis.

Secara umum, teknik pemasangan atap alderon menggunakan rangka hollow galvanis sedikit lebih mahal mengingat harga materialnya juga lumayan tinggi. Namun, jika dari segi kekuatannya sebenarnya kedua material tersebut mampu bertahan cukup lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun.

Harga Borongan Pasang Atap Alderon Per Meter

Harga Borongan Pasang Atap Alderon Per Meter

Layaknya HARGA BORONGAN PASANG ATAP GENTENG, tentunya besaran harga borongan pemasangan atap alderon dapat berbeda di masing-masing wilayah. Umumnya selisih perbedaan tarif atau upah pekerja borongan tersebut dipengaruhi oleh kondisi atap, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangan alderon.

Perlu diketahui, para pekerja borongan atau kontraktor biasanya menawarkan jasa pemasangan atap alderon mulai dari tenaga kerja hingga bahan materialnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan daftar harga borongan pasang atap alderon per meter persegi, baik itu rangka baja ringan maupun hollow galvanis.

KeteranganHarga Borongan
Penggantian atap alderonRp 350.000
Pasang atap alderon rangka baja ringanRp 500.000 – Rp 600.000
Pasang atap alderon rangka hollow galvanisRp 650.000 – Rp 750.000

Cara Menghitung Biaya Pasang Atap Alderon

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang atap alderon, baik itu menggunakan rangka baja ringan ataupun hollow galvanis. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangan atap alderon menggunakan pekerja borongan.

Secara garis besar, perhitungan biaya pemasangan atap alderon hampir sama seperti saat MENGHITUNG KEBUTUHAN ATAP SPANDEK. Pasalnya, kalian perlu menghitung total luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi atap alderon terlebih dahulu. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik perhitungan biaya pemasangannya berikut ini.

Volume Atap

Volume Atap

Cara pertama silahkan cari tahu luas atau volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi atap alderon terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang alderon rangka baja ringan pada atap rumah model pelana sepanjang 10 meter, lebar 7 meter serta overstek 1 meter dengan tingkat kemiringan 10 derajat, maka perhitungannya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang atap : 10 meter.
  • Lebar atap : 7 meter.
  • Overstek : 1 meter.
  • Tingkat kemiringan atap rumah : cos 10 derajat = 0.984.

Perhitungan :

  • Volume atap : ((Panjang + overstek) x (Lebar + overstek)) ÷ Cos (kemiringan atap).
  • Volume atap : ((10 m + 1 m) x (7 m + 1 m) ÷ 0.984.
  • Volume atap : (11 m x 8 m) ÷ 0.984.
  • Volume atap : 88 m2 ÷ 0.984 = 89.43 m2 (dibulatkan menjadi 90 m2)

Biaya Pasang Atap Alderon

Biaya Pasang Atap Alderon

Tahap selanjutnya yaitu yaitu menghitung biaya pasang alderon rangka baja ringan pada atap seluas 90 meter persegi menggunakan pekerja borongan. Untuk cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan atap dengan harga borongan pasang atap alderon rangka baja ringan per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan atap alderon : Volume pekerjaan x Harga borongan per meter.
  • Biaya pemasangan atap alderon : 90 m2 x Rp 500.000 = Rp 45.000.000.

Total kebutuhan biaya dalam pemasangan material alderon rangka baja ringan pada atap rumah berukuran 10 m x 7 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 45.000.000. Perlu diingat bahwa besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos pekerja borongan, material atap alderon hingga baja ringan sebagai kerangkanya.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas bisa diambil kesimpulan bahwa besaran tarif jasa pelayanan dalam pemasangan atap alderon dapat berbeda di masing-masing daerah. Umumnya selisih perbedaan harga borongan tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor seperti kondisi atap rumah, tingkat kesulitan maupun risiko pada saat proses pemasangan.

Demikian pembahasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang atap alderon per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi sekaligus menjadi bahan pertimbangan sebelum memasang atap alderon di rumah.

Harga Borongan Pasang Atap Alderon

IDR 350000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *