Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang Atap Kayu Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Harga Borongan Pasang Atap Kayu
Advertisements

Harga Borongan Pasang Atap Kayu – Seperti diketahui, di dalam proses pembangunan rumah tentunya rangka atap menjadi salah satu konstruksi paling penting untuk diperhatikan. Hal tersebut bukan tapa alasan, pasalnya struktur atap sendiri berfungsi melindungi hunian dari berbagai macam cuaca, entah itu panas maupun hujan.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis material atap yang kerap digunakan oleh masyarakat, salah satunya yaitu atap kayu. Meskipun saat ini sudah banyak bermunculan material atap alternatif, namun kayu tetap menjadi favorit sebagian besar orang karena sejumlah keunggulan yang dimilikinya.

Menariknya lagi, proses pemasangan atap kayu di beberapa daerah di Indonesia juga saat ini sudah bisa dilakukan dengan menggunakan jasa dari kontraktor atau pemborong bangunan. Secara garis besar, para pekerja borongan tersebut mematok harga pemasangan atap kayu dengan hitungan per meter persegi.

Advertisements

Nah, jika diantara kalian berencana memasang atap kayu di rumah menggunakan jasa dari pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai harga borongan pasang atap kayu per meter persegi di semua daerah.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Kayu

Kelebihan dan Kekurangan Atap Kayu
Advertisements

Seperti dijelaskan sebelumnya, material kayu masih menjadi favorit sebagian besar orang ketika diaplikasikan sebagai konstruksi atap rumah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kayu sendiri sudah terkenal dengan sifatnya yang alami serta memiliki tingkat kekuatan dan daya tahan cukup tinggi.

Meskipun mempunyai sejumlah keunggulan, bukan berarti material kayu tidak memiliki kelemahan ataupun kekurangan sama sekali. Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai harga borongan pasang atap kayu per meter berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan

  • Proses pengerjaan atau pemasangan atap kayu lebih mudah.
  • Penggunaan atap kayu lebih fleksibel.
  • Mampu memberikan kesan alami pada sebuah hunian.
  • Material kayu mudah dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan.
  • Proses pemasangannya tidak membutuhkan tukang khusus.

Kekurangan

  • Rangka atap kayu mudah terserang hama.
  • Rangka atap kayu mudah lapuk.
  • Bobotnya relatif berat.
  • Kayu mengalami proses mengembang serta menyusut.
  • Ukurannya biasanya terbatas, yaitu hanya di 4 meter saja.

Harga Borongan Pasang Atap Kayu Per Meter

Harga Borongan Pasang Atap Kayu Per Meter

Setelah mengetahui beberapa kelebihan serta kekurangan atap kayu, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga borongannya. Seperti halnya harga borongan tenaga bangunan pada umumnya, mungkin besaran harga borongan pasang atap kayu akan berbeda di sejumlah wilayah Indonesia.

Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besar kecilnya harga borongan, baik dari segi kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan hingga risiko pemasangannya. Selain itu, pemilihan jenis material kayu yang digunakan sebagai rangka atap juga nantinya bisa mempengaruhi total harga borongannya.

Di Indonesia sendiri, umumnya harga borongan pasang atap kayu berada di kisaran Rp 180.000 sampai Rp 210.000 per meter persegi untuk semua model. Sementara itu, proses pemasangan rangka atap kayu pastinya jauh lebih lama ketimbang proses pemasangan atap alternatif seperti baja ringan, spandek dan lain sebagainya.

Perlu diingat, di dalam besaran harga borongan pasang atap kayu tersebut biasanya sudah mencakup ongkos tenaga pekerja hingga material berkualitas standar. Dengan kata lain, para kontraktor ataupun pemborong menyediakan jasa pasang atap kayu sudah mencakup tenaga kerja hingga bahan materialnya.

Cara Menghitung Borongan Pasang Atap Kayu

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang atap kayu per meter persegi untuk semua model dan ukurannya. Selanjutnya kalian juga sebenarnya harus mengerti bagaimana tata cara menghitung ongkos borongan pemasangan atap kayu.

Sekedar informasi, sebenarnya perhitungan borongan pasang atap kayu sebenarnya hampir mirip seperti saat menghitung kebutuhan rangka atap kayu. Sebab, nantinya kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaan atap rumahnya terlebih dahulu. Daripada penasaran, di bawah ini adalah cara menghitung borongan pasang atap kayu.

Volume Pekerjaan

Langkah pertama dalam menghitung borongan pasang atap kayu yaitu mencari tahu luas ataupun volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang atap kayu pada bangunan atau rumah model pelana dengan panjang 10 meter, lebar 8 meter, overstek 1 meter serta tingkat kemiringan 10 derajat, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 10 m.
  • Lebar : 8 m.
  • Overstek : 1 m.
  • Cos Kemiringan 10 derajat : 0.984

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan atap : ((Panjang + Overstek) x (Lebar + Overstek))÷ Cos kemiringan atap.
  • Volume pekerjaan atap : ((10 m + 1 m) x (8 m + 1 m)) ÷ 0.984.
  • Volume pekerjaan atap : (11 m x 9 m) ÷ 0.984.
  • Volume pekerjaan atap : 99 m2 ÷ 0.984 = 100.6 m2 (dibulatkan menjadi 101 m2).

Ongkos Pasang Atap Kayu

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung ongkos borongan pasang atap kayu pada rumah model pelana seluas 101 meter persegi. Dimana tata cara menghitungnya yaitu mengalikan luas atau volume bidang pekerjaan atap dengan harga borongan per meter peseginya.

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x Harga borongan per meter persegi.
  • Biaya pemasangan : 101 m2 x Rp 180.000 = Rp 18.180.000.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang atap kayu pada rumah model pelana berukuran 10 m x 8 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 18.180.000. Di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos pekerja bangunan hingga pembelian material rangka atap kayu.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk saat ini proses pemasangan rangka atap kayu sudah bisa dilakukan menggunakan jasa pekerja borongan atau kontraktor. Sementara untuk harga borongannya sendiri sebenarnya bisa berbeda di sejumlah wilayah karena dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang atap kayu per meter persegi untuk semua model dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang atap kayu di rumah menggunakan jasa borongan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.