Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Borongan Pasang WPC Per Meter : Lantai & Dinding

Harga Borongan Pasang WPC
Advertisements

Harga Borongan Pasang WPC – Seperti diketahui, canggihnya kemajuan teknologi seperti sekarang ini juga membawa dampak dan pengaruh terhadap bahan-bahan material bangunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya kini sudah banyak bermunculan material baru sebagai alternatif pengganti kayu, salah satunya yaitu WPC (Wood Plastic Composite).

Dimana WPC kini kerap dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk menggantikan fungsi kayu, entah itu sebagai konstruksi lantai ataupun dinding pada sebuah hunian. Keunggulan yang ditawarkan oleh material WPC sendiri yaitu seperti bahan baku utama pembuatannya berasal dari perpaduan antara serbuk kayu jari dengan plastik daur ulang.

Menariknya lagi, saat ini juga sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan WPC dengan harga terbilang cukup terjangkau. Umumnya para pekerja borongan atau kontraktor tersebut mematok harga pemasangan WPC dengan hitungan per meter persegi, entah itu sebagai konstruksi lantai maupun dinding.

Advertisements

Nah, apabila kalian berencana memasang WPC sebagai pengganti material kayu di rumah menggunakan pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Untuk membantunya, pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang WPC per meter untuk semua jenis beserta ukurannya.

Apa Itu WPC?

Apa Itu WPC
Advertisements

Sebelum pembahasan poin utama mengenai besaran harga borongan pasang WPC per meter berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Wood Plastic Composite atau lebih dikenal dengan sebutan WPC secara bahasa bisa diartikan sebagai komposit kayu plastik (campuran).

Jadi, WPC merupakan sebuah material baru yang susunannya terbuat dari peleburan antara elemen kayu serta plastik menjadi satu. WPC diklaim menjadi alternatif pengganti kayu masa kini karena mengingat harga kayu selalu meningkat dan eksploitasi penggunaan kayu membuat orang-orang harus melestarikannya.

Penggunaan bahan dasar pembuatan material Wood Plastic Composite juga tergolong sangat imbang, yakni 50% serat plastik serta 50% serbuk kayu. Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan WPC yaitu karena material tersebut bisa memberikan kekuatan dan keindahan layaknya kayu alami.

Kelebihan dan Kekurangan WPC

Kelebihan dan Kekurangan WPC

Seperti dijelaskan sebelumnya, WPC ialah salah satu material bangunan berbahan dasar plastik ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai alternatif kayu alami atau kayu lapis. Meskipun demikian, bukan berarti WPC tidak memiliki kelemahan atau kekurangan sama sekali.

Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli serta memasang WPC sebagai lantai atau dinding rumah, alangkah baiknya pahami sejumlah kelebihan serta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • WPC bisa di daur ulang untuk diproduksi kembali.
  • Mempunyai beragam ukuran panel berbeda sehingga bisa digunakan entah itu di dalam ataupun luar ruangan.
  • Lebih tahan api dibandingkan material sejenisnya.
  • Mempunyai daya tahan tinggi terhadap benturan dan abrasi.
  • Mempunyai kestabilan dimensi yang baik, bahkan tidak akan mengembang jika beraa di area lembab.
  • Kemungkinan retak sangatlah kecil.
  • Memiliki daya tahan tinggi terhadap air serta bahan kimia rumah tangga.
  • Memiliki daya tahan lebih baik terhadap rayap, jamur maupun hama.
  • Umumnya harga WPC lebih murah dibandingkan kayu alami.
  • WPC mampu mendukung keindahan sebuah rumah.
  • Warna cat WPC tidak mudah memudar.

Kekurangan

  • WPC memiliki kandungan bahan kimia.
  • WPC menjadi salah satu jenis material rawan meleleh.
  • Dari segi biaya, proses pemasangan WPC cenderung lebih mahal.
  • Hanya tersedia dalam beberapa pilihan warna saja.

Harga Borongan Pasang WPC Per Meter

Harga Borongan Pasang WPC Per Meter

Seperti halnya harga borongan bangunan pada umumnya, besaran tarif jasa pemasangan WPC juga nantinya bisa berbeda di sejumlah wilayah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya proses pemasangan WPC dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti ukuran, kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Sebagai informasi tambahan, besaran harga borongan pasang WPC per meter perseginya juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan borongan pemasangan lantai vinyl. Dimana harga borongan pasang WPC sendiri berada di kisaran Rp 130.000 sampai Rp 170.000 per meter perseginya, berlaku untuk semua jenis dan ukurannya.

Perlu diketahui, besaran harga jasa borongan pasang WPC tersebut hanya mencakup ongkos atau upah tenaga kerja bangunannya saja, belum termasuk pembelian materialnya. Dengan artian, para kontraktor atau pemborong tersebut hanya menyediakan tenaga kerja saja sehingga pemilik rumah perlu mencari bahan material WPC sendiri.

Cara Menghitung Borongan Pasang WPC

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran harga borongan pasang WPC per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara menghitung ongkos jasa borongan dalam pemasangan WPC di rumah, baik itu untuk konstruksi lantai maupun dinding.

Dimana perhitungan ini nantinya bertujuan supaya kalian bisa mendapatkan gambaran berapa besar anggaran dana yang diperlukan dalam memasang WPC. Adapun tata cara menghitung upah borongan pemasangan Wood Plastic Composite tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama yaitu menghitung volume bidang pekerjaannya. Sebagai contoh kalian akan memasang WPC sebagai lantai rumah sepanjang 6 meter serta lebar 4 meter. Tata cara menghitungnya sendiri hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan lantai kayu. Agar lebih jelasnya, simak tahapan-tahapan perhitungan volume pekerjaannya di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang lantai : 6 meter.
  • Lebar lantai : 4 meter.

Perhitungan :

  • Luas pekerjaan lantai : Panjang x Lebar.
  • Luas pekerjaan lantai : 6 m x 4 m = 24 m2.

Ongkos Pasang WPC

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung ongkos jasa pasang WPC untuk lantai rumah menggunakan jasa pekerja borongan. Caranya yaitu tinggal mengalikan harga borongan pasang WPC per meter dengan luas total bidang pekerjaannya.

  • Ongkos pasang WPC : Luas pekerjaan lantai x Harga borongan.
  • Ongkos pasang WPC : 24 m2 x Rp 130.000 = Rp 3.120.000

Dari data perhitungan di atas, maka total biaya untuk memasang WPC sebagai konstruksi lantai rumah berukuran 5 m x 4 m menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.120.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran kebutuhan anggaran biaya tersebut hanya mencakup upah tenaga kerja borongannya saja, belum termasuk pembelian material WPC.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa saat ini WPC sudah mulai banyak digunakan oleh sebagian besar orang sebagai material pengganti fungsi kayu. Sementara untuk besaran harga borongannya sendiri sebenarnya bisa berbeda di sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang WPC per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika ingin memasang WPC mengunakan jasa pekerja borongan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.