Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter – ACP atau Aluminium Composite Panel merupakan sebuah material bangunan yang diproduksi menggunakan teknologi tinggi. Pembuatan ACP tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan serta keindahan suatu bagian pada bangunan.

Biasanya ACP diterapkan untuk ruangan-ruangan publik yang banyak dikunjungi oleh banyak orang karena akan menambah kesan indah dan menarik. Salah satu keunggulan ACP yaitu memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap cuaca dan iklim sehingga sangat cocok diaplikasikan baik itu pada interior maupun eksterior.

Di Indonesia sendiri material ACP kerap digunakan sebagai lapisan untuk menutupi tembok ruangan, plafon ataupun eksterior fasad bangunan. Terlebih lagi saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong atau kontraktor menawarkan jasa tenaga pemasangan ACP dengan harga terjangkau.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak memasang ACP menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar tarif jasa pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang ACP per meter, entah itu tanpa bahan ataupun plus bahan.

Jenis ACP

Jenis ACP

Sebelum pembahasan harga borongan pasang ACP per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa jenis-jenisnya. Terdapat 2 jenis panel ACP yang kerap digunakan sebagai konstruksi bangunan, yaitu Polyester ACP (PE) serta Poly Vynil De Fluoride (PVDF).

Polyester ACP (PE) biasanya dimanfaatkan sebagai interior sebuah bangunan gedung ataupun rumah dengan ketebalan coating sekitar 0.21 mm. Sementara PVDF lebih tahan terhadap segala macam jenis cuaca sehingga sering digunakan untuk keperluan eksterior ruangan.

Poly Vynil De Floiride (PVDF) biasanya memiliki tebal coating antara 0.3 mm sampai 0.5 mm serta tebal total material 4 mm. Apabila dilihat dari segi warnanya, ACP dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu warna metalik serta warna non logam.

Kelebihan dan Kekurangan ACP

Kelebihan dan Kekurangan ACP

Setiap material bangunan tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk panel ACP. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, berikut akan kami berikan sejumlah kelebihan beserta kekurangan dari material ACP.

Kelebihan

  • Memiliki permukaan halus.
  • Memiliki sifat tahan terhadap api.
  • Fleksibel dan mudah diterapkan pada bangunan gedung.
  • Mudah dipotong, dilengkungkan, dilipat serta dibor, entah itu menggunakan alat konvensional ataupun alat khusus.
  • Memiliki beragam pilihan warna dan motif.
  • Mempunyai nilai estetika tinggi.
  • Tahan terhadap karat sehingga mudah dibersihkan.
  • Mampu meningkatkan nilai jual bangunan.
  • Proses pemasangannya tergolong mudah.

Kekurangan

  • Bahan inti ACP yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat ke lapisan aluminium dalam suhu panas tinggi akan mengeluarkan gas beracun.
  • Lapisan inti bisa menggelembung apabila dalam suhu tinggi sehingga mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata.
  • Kekuatan ACP terhadap tekanan angin kurang sehingga berisiko terhadap keselamatan.
  • Apabila sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran ACP cukup berisiko terhadap sambaran petir.
  • Proses pemasangannya membutuhkan tukang khusus.

Ukuran Standar ACP Per Lembar

Ukuran Standar ACP Per Lembar

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang ACP per meter biasanya dipengaruhi oleh penggunaan ukuran materialnya. Umumnya beberapa pemasok atau produsen memproduksi material ACP dengan ketebalan standar sekitar 4 mm per lembarnya.

Untuk panjang ataupun lebar ACP terdapat dua ukuran lembaran, yaitu 1220 mm x 2440 mm dan 1220 mm x 4880 mm. Sedangkan lapisan aluminium di kedua sisinya biasanya cukup bervariasi, mulai dari 0.21 mm, 0.3 mm hingga 0.5 mm.

Lapisan aluminium pada panel ACP yang lebih tebal, dapat dipastikan bahwa bahannya jauh lebih kuat dibandingkan lainnya. Akan tetapi, konsekuensinya pasti harga ACP akan jauh lebih mahal pula.

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter Persegi

Seperti halnya HARGA BORONGAN PEMASANGAN PLAFON, harga borongan pasang ACP per meter juga bisa dibedakan menjadi dua kategori, yaitu harga borongan tanpa bahan serta harga borongan plus bahan. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan rincian harga borongan pemasangannya.

Harga Borongan Tanpa Bahan

Harga jasa pasang ACP tanpa bahan berada di kisaran Rp 130.000 hingga Rp 170.000 per meter perseginya. Biasanya besaran harga borongan tersebut tergantung pada lokasi pekerjaan, jumlah volume, kerumitan sampai risiko pemasangannya.

Jika menggunakan jasa borongan tanpa bahan, tentunya kalian harus mencari bahan material pemasangan ACP sendiri seperti rangka BESI HOLLOW, lem aluminium, besi siku, sekrup dan lain sebagainya.

Harga Borongan Plus Bahan

Sementara harga borongan ACP plus bahan (include bahan), para pemborong atau kontraktor sudah menyediakan semua material pemasangannya. Umumnya, besaran harga borongan pasang ACP per meter plus bahan ini dibedakan berdasarkan jenis atau tempat pemasangannya. DI bawah ini adalah rincian daftar harga borongan pemasangan ACP plus bahan.

SpesifikasiHarga Borongan
ACP indoorRp 500.000
ACP outdoorRp 650.000
ACP eksterior khususRp 550.000

Analisa Biaya Pasang ACP Per Meter

Analisa Biaya Pasang ACP Per Meter

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang ACP per meter persegi untuk semua jenis-jenisnya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan contoh perhitungan analisa biaya pemasangan ACP per meter perseginya.

KeteranganHarga
ACP Seven PVDFRp 300.000
Rangka hollowRp 45.000
Sealant/lem aluminiumRp 25.000
Aksesoris, sekrup, backupRp 10.000
Besi siku – bracketRp 15.000
Upah tenaga kerjaRp 140.000
Pasang scaffoldingRp 20.000
Total material + ongkosRp 555.000
Waste material 10%Rp 45.500
TOTAL BIAYARp 600.500

Misalkan jasa pemborong pemasangan ACP menetapkan margin sebesar 30% (30% x Rp 600.500 = Rp 180.150), maka total biaya pemasangan ACP per meter perseginya adalah Rp 600.500 + Rp 180.150 = Rp 780.650.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga borongan pemasangan ACP per meter perseginya cukup berbeda antara pemasangan tanpa bahan maupun plus bahan. Selain itu, kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan serta risiko juga akan mempengaruhi besaran harga borongannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang ACP per meter persegi untuk semua jenis, baik itu pemasangan tanpa material ataupun plus material. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang ACP menggunakan jasa borongan.

Harga Borongan Pasang ACP Per Meter

IDR 10000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.2/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.1/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *