Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton – Pagar panel beton atau biasa disebut dengan panel precast merupakan beton berbentuk lembaran yang sudah dicetak sesuai cetakan serta mutu tertentu. Di dalam panel beton tersebut berisikan tulangan besi yang sudah di las entah itu pada tiang kolom ataupun pada panelnya.

Umumnya pagar panel beton di pasang sebagai tanda batas lahan seperti aset tanah, kebun, pekarangan, perusahaan hingga kantor lembaga dan pemerintahan. Bahkan pagar panel beton juga kerap digunakan oleh beberapa orang sebagai pagar sebuah hunian.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya hingga Yogyakarta yang menyediakan jasa pemasangan pagar panel beton atau beton precast. Biasanya pekerja borongan tersebut mematok ongkos atau tarif jasa pemasangan dengan satuan per meter.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana hendak memasang pagar panel beton menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang pagar panel beton per meter

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Panel Beton

Kelebihan dan Kekurangan Pagar Panel Beton

Setiap bahan material bangunan pasti memiliki karakteristiknya masing-masing, termasuk pagar panel beton. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan menggunakannya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan dari pagar panel beton.

Kelebihan

  • Memiliki sifat kokoh, kuat dan tahan lama.
  • Pagar panel beton mudah dibongkar pasang sehingga mudah di pindah.
  • Proses pengerjaannya relatif cepat.
  • Biaya pemasangannya tergolong terjangkau.
  • Memiliki permukaan halus sehingga mampu memberikan kesan rapi serta elegan.
  • Ukuran dan bentuknya seragam karena dibuat menggunakan teknologi modern.

Kekurangan

  • Tidak dapat di modifikasi seperti pagar dinding bata.
  • Hanya tersedia di kota-kota besar.
  • Harga cepat berubah mengikuti perkembangan material lainnya.
  • Proses pemasangannya memerlukan tukang khusus.

Spesifikasi Pagar Panel Beton

Spesifikasi Pagar Panel Beton

Sebelum pembahasan harga borongan pasang pagar panel beton per meter lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu spesifikasi material tersebut. Umumnya, kebanyakan beton precast diproduksi oleh pemasoknya dengan ukuran standar 240 cm x 40 cm x 5 cm.

Namun, sebenarnya pembeli juga dapat memesan ukuran panel beton khusus sesuai dengan kebutuhan serta keinginan. Pembuatan pagar panel beton biasanya terdiri dari beberapa material seperti tiang beton sepanjang 225 cm hingga 425 cm, lebar 18 cm serta tebal 18 cm.

Sementara untuk spesifikasi panel beton precast memiliki panjang 240 cm, lebar 40 cm sampai 45 cm serta ketebalan 5 cm hingga 6 cm. Kembali lagi bahwa ukuran dan spesifikasi pagar panel beton tersebut tergantung dengan kebutuhan serta keinginan pemiliknya.

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton Per Meter

Sebagaimana diketahui, HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN tentunya akan sedikit berbeda di beberapa wilayah. Hal ini juga berlaku pada borongan pemasangan pagar panel beton. Umumnya perbedaan harga atau tarif tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Meskipun demikian, selisih perbedaan harga borongan pasang pagar panel beton di beberapa daerah sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar harga borongan pemasangan pagar beton precast per meter sesuai mutu serta susunannya di bawah ini.

Mutu dan SusunanTinggiHarga
4 Susun Mutu K 225160 cmRp 415.000
5 Susun Mutu K 225200 cmRp 505.000
6 Susun Mutu K 225240 cmRp 595.000
7 Susun Mutu K 225280 cmRp 685.000
8 Susun Mutu K 225320 cmRp 775.000
4 Susun Mutu K 250160 cmRp 425.000
5 Susun Mutu K 250200 cmRp 515.000
6 Susun Mutu K 250240 cmRp 605.000
7 Susun Mutu K 250280 cmRp 695.000
8 Susun Mutu K 250320 cmRp 785.000

Cara Menghitung Biaya Pasang Pagar Panel Beton

Setelah mengetahui daftar harga borongan pasang pagar panel beton per meter, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangannya. Dengan mengetahui RAB pemasangannya, nantinya kalian jadi bisa mengetahui berapa besar biaya yang diperlukan untuk pembangunan pagar panel beton.

Pada dasarnya perhitungan RAB pagar panel beton tersebut tidak jauh berbeda dengan PERHITUNGAN BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana cara menghitung biaya pasang pagar panel beton menggunakan pekerja borongan.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu mencari tahu terlebih dahulu volume atau luas bidang pekerjaan yang akan dipasangi pagar panel beton. Misalkan kalian akan membuat pagar panel beton mutu K 225 sepanjang 12 meter dan tinggi 200 cm, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang : 12 meter.
  • Tinggi : 200 cm / 2 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan : 12 m x 2 m = 24 m2.

Biaya Pemasangan Pagar

Biaya Pemasangan Pagar

Langkah berikutnya yaitu menghitung biaya pemasangan pagar panel beton sepanjang 12 meter menggunakan pekerja borongan. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan pagar panel dengan harga borongan per meternya.

  • Biaya pasang pagar : Volume pekerjaan x harga borongan per meter.
  • Biaya pasang pagar : 24 m2 x Rp 505.000 = Rp 12.120.000.

Jadi, total biaya yang perlu kalian persiapkan untuk memasang pagar panel beton mutu K 225 sepanjang 12 meter dan tinggi 2 meter menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 12.120.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut sudah termasuk ongkos tukang serta bahan materialnya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa tarif jasa borongan pemasangan pagar panel beton tergantung dengan mutu atau kualitas materialnya. Semakin bagus mutu beton precast, maka akan semakin mahal pula harga borongannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang pagar panel beton per meter untuk semua mutu. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak membuat pagar panel beton di rumah.

Harga Borongan Pasang Pagar Panel Beton

IDR 415000
9.4

Harga

9.3/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *