Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Plafon

Harga Borongan Pasang Plafon

Harga Borongan Pasang Plafon – Plafon merupakan salah satu material bangunan yang sangat penting pada sebuah hunian. Plafon berfungsi untuk menutup langit-langit rangka atap rumah, baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.

Material yang satu ini dapat membuat tampilan rumah yang kalian miliki menjadi lebih indah dan menarik. Selain itu, plafon juga berguna untuk memberikan kenyamanan, keamanan serta keindahan sebuah ruangan pada hunian.

Pada dasarnya, plafon dibuat dengan tujuan untuk mencegah cuaca dingin atau panas supaya tidak langsung masuk ke dalam rumah melewati atap. Meskipun begitu, plafon saat ini juga dapat kalian manfaatkan sebagai hiasan yang dapat mempercantik interior suatu bangunan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai harga borongan terbaru dalam pekerjaan pemasangan plafon. langsung saja kalian simak penjelasan harga borongan pasang plafon di bawah ini.

Harga Borongan Pasang Plafon Terbaru & Terlengkap

Umumnya, plafon biasanya dibuat dengan ketinggian tertentu. Namun, ada juga orang yang berkreasi dalam penerapannya sehingga plafon dibuat tidak selalu rata. Variasi tersebut juga dikenal dengan sebutan plafond drop celling, yang mana material plafon dibuat lebih tinggi dari yang lain.

Kegunaan Plafon

Kegunaan Plafon

Selain membuat rumah menjadi cantik dan indah, plafon juga memiliki sejumlah kgunaan dan fungsi yang harus kalian perhatikan. Selain itu juga bisa di jadikan sebagai acuan penghitungan BIAYA BANGUN RUMAH. Nah di bawah ini beberapa kegunaan plafon pada hunian, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Merapikan konstruksi rumah
  • Meminimalisir kotoran dan debu yang masuk ke dalam rumah
  • Memperbaiki tampilan rumah supaya tampak lebih elegan
  • Dapat menjadi pelengkap artistik dari interior rumah

Material Pemasangan Plafon

Material Pemasangan Plafon

Saat ini terdapat berbagai macam jenis plafon yang biasa digunakan sebagai material bangunan seperti plafon gypsum, PVC, TRIPLEK, GRC, ACP dan lain sebagainya. Untuk material yang dibutuhkan pada saat pemasangan plafon sendiri juga terdiri dari beberapa jenis bahan bangunan yang bisa kalian beli di toko material terdekat, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Rangka metal (besi hollow) 2 cm x 2 cm panjang 4 m
  • Gypsum Board 120 x 240 x 9
  • Paku Kalsiboard

Perlu kalian ketahui, pemasangan plafon tidak selalu menggunakan gypsum dan rangka hollow, semua tergantung dengan bahan yang tersedia di daerah kalian.

Ongkos Tenaga Pemasangan Plafon

Ongkos Tenaga Pasang Plafon

Sebelum membahas harga borongan pasang plafon lebih lanjut, kalian juga harus memperhatikan ongkos tenaga untuk pekerjaan pemasangan plafon. Jika ingin memasang plafon dengan skala besar, mungkin kalian harus membutuhkan tukang lebih dari 1 orang. Di bawah ini adalah beberapa tenaga ataupun tukang yang terlibat di dalam pekerjaan pemasangan plafon.

  • Pekerja
  • Tukang plafon atau tukang besi
  • Mandor

Kepala tukang atau mandor dapat kalian hilangkan jika pemasangan plafon dalam skala kecil, sedangkan pekerja biasanya dapat diambil perannya oleh tukang plafon saja.

Cara Menghitung Volume Pemasangan Plafon

Cara Menghitung Volume Pemasangan Plafon

Perhitungan volume pekerjaan pemasangan plafon dalam Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dihitung berdasarkan luas permukaan langit-langit ruangan yang akan dipasang plafon. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung luas ruangan.

Luas langit-langit (m2) = Panjang x Lebar ruangan

Harga Borongan Pemasangan Plafon

Berikut ini sudah kami rangkum untuk kalian informasi mengenai daftar harga borongan pasang plafon. Simak dan perhatikan baik-baik tabel di bawah ini.

1. Harga Pasang Plafon

SPESIFIKASISATUANHARGA
Jasa Tukangm2Rp 52.000
Plafon Gypsumm2Rp 150.000 – Rp 185.000
Plafon GRCm2Rp 160.000 – Rp 185.000
Plafon PVC Standarm2Rp 210.000 – Rp 255.000
Plafon PVC Shundam2RP 310.000 – Rp 355.000

2. Harga Desain Plafon

BENTUKSATUANHARGA
Model Drop Ceilingm1Rp 60.000
Model Up Ceilingm1Rp 105.000
Model Drop Ovalm1Rp 175.000

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Plafon

Keunggulan dan Kelemahan Menggunakan Plafon

Tentunya setiap material bahan bangunan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk material plafon. Berikut ini adalah beberapa keunggukan dan kelemahan penggunaan plafon pada rumah yang harus kalian pertimbangkan.

1. Keunggulan

  • Harganya terjangkau
  • Material mudah untuk didapatkan
  • Memiliki motif yang beragam
  • Tampilannya menarik dan mewah
  • Dapat dijadikan bentuk bertingkat
  • Perawatannya mudah dan murah
  • Proses pemasangannya cepat
  • Tahan terhadap derangan rayap
  • Memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap api

2. Kelemahan

  • Tidak tahan air
  • Tampilannya yang mudah kusam
  • Sangat peka terhadap benturan
  • Diperlukan perawatan secara berkala

Akhir Kata

Perlu kalian ingat, harga di atas memang bisa berbeda-beda untuk setiap daerah. Namu, rata-rata untuk ongkos borongan pemasangannya memiliki kisaran harga seperti pada tabel yang sudah di jelaskan di atas.

Selain itu, kalian bisa memilih jenis dan model mana yang sesuai dengan keinginan dan keperluan. Itulah sedikit penjelasan mengenai harga borongan pasang plafon versi Epropertyrack.

Harga Borongan Pasang Plafon

IDR 52000
9.5

Harga

9.0/10

Kualitas

9.6/10

Fungsional

9.5/10

Garansi

9.5/10

Daya Tahan

9.7/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *