Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

18 Harga Besi Bekas Per Kg 2022 : Jenis, Merk & Ukuran

Harga Besi Bekas Per Kg

Harga Besi Bekas Per Kg – Besi bekas atau besi tua di dalam dunia konstruksi bangunan juga seringkali disebut sebagai besi scrap yang bisa diartikan sebagai rongsokan atau barang bekas. Pada umumnya, besi bekas saat ini semakin dicari oleh banyak orang untuk dimanfaatkan kembali menjadi berbagai macam kebutuhan bernilai tinggi.

Adapun beberapa pemanfaatan besi bekas tersebut diantaranya yaitu seperti sebagai furnitur rumah ataupun karya seni yang unik dan menarik. Karena besi sendiri dapat di daur ulang, maka hal tersebut juga termasuk sebagai langkah dalam pengurangan limbah untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar.

Di Indonesia sendiri, kebutuhan akan besi bekas masih lumayan tinggi. Hal ini dikarenakan industri dari besi baja di Indonesia masih belum bisa berjalan secara maksimal sehingga membuat sebagian besar pelaku industri baja nasional mengandalkan pasokan besi bekas untuk dijadikan sebagai bahan baku utama.

Nah, apabila diantara kalian berencana membeli besi bekas untuk kebutuhan konstruksi bangunan di rumah, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran harganya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai daftar harga besi bekas per kg untuk semua jenis dilengkapi kelebihan dan kekurangannya.

Jenis Besi Tua

Jenis Besi Tua

Perlu diketahui, di Indonesia saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis besi bekas yang dijual dengan harga cukup terjangkau. Pastinya setiap jenis besi bekas tersebut mempunyai kriteria serta klasifikasinya masing-masing. Maka dari itu, sebelum membahas harga besi bekas per kg lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa jenis-jenisnya.

1. Besi Tua Kelas A

Besi bekas atau besi tua kelas A ialah sebuah material dengan ketebalan 6 mm. Adapun beberapa jenis besi bekas yang termasuk ke dalam kelas A tersebut diantaranya yaitu seperti besi pipa, besi beton, plat, rel kereta, sisa fabrikasi, blok mesin, rantai kapal sampai IWF/H-Beam.

2. Besi Tua Kelas B

Sementara besi tua kelas B memiliki ketebalan minimal 3 sampai 5 mm. Jenis besi bekas kelas B tersebut yaitu seperti plat tipis, potongan plat, velg mobil hingga sisa pemotongan coil. Pabrik umumnya menampung besi jenis ini dengan ukuran 50 – 80 cm serta kondisinya tidak terlalu banyak mengandung karat ataupun lapisan cat.

3. Besi Tua Kelas C

Kemudian jenis berikutnya yaitu besi tua kelas C dengan ketebalan minimal 2 – 3 mm seperti kawat seling, paku, seng pabrik, plat mobil sampai drum oli. Dimana ukuran besi yang ditampung umumnya sekitar 50 – 180 cm dengan kondisi tidak terlalu banyak karat dan lapisan cat.

4. Besi Tua Kelas D

Mungkin besi tua kelas D termasuk ke dalam klasifikasi besi paling rendah, karena hanya memiliki ketebalan sekitar 1 – 2 mm saja. Umumnya besi bekas kelas D tersebut diisi oleh beberapa jenis material seperti seng berkarat, kaleng susu, kawat las, velg sepeda hingga serutan bubutan.

Kegunaan Besi Bekas

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya besi bekas dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk pada konstruksi bangunan. Dimana besi bekas yang sudah di daur ulang dapat menyelamatkan lingkungan dari berbagai macam masalah besar, bahkan bisa membantu mengurangi efek rumah kaca.

Pada umumnya orang-orang memanfaatkan besi bekas untuk dijadikan sebagai perkakas pribadi tanpa harus menjualnya. Beberapa jenis perkakas pribadi tersebut diantaranya yaitu seperti pot bunga, rak bunga dan lain sebagainya. Sebenarnya pemanfaatan besi bekas tergantung pada kreativitas masing-masing orang.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya hal yang menarik dari besi bekas yaitu bisa dijadikan sebagai peluang kalian dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Dengan menjalankan jual beli besi bekas ataupun memanfaatkannya menjadi sebuah produk tentunya kalian berpeluang mendapatkan keuntungan sangat besar.

Kelebihan dan Kekurangan Besi Bekas

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengerti bahwa setiap material bahan bangunan pastinya mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk besi bekas. Dimana dari karakteristik besi bekas tersebut biasanya akan memberikan sejumlah hal tertentu, entah itu dari segi kelebihan maupun kekurangan.

Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum mengetahui harga besi bekas per kg, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa keunggulan dan kelemahannya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan dan kekurangan besi bekas.

1. Kelebihan

  • Harga besi bekas lebih murah.
  • Kualitas besi bekas tidak jauh berbeda dengan besi baru.
  • Ramah terhadap lingkungan apabila bisa mendaur ulang besi bekas.
  • Dapat diolah menjadi berbagai macam hal.

2. Kekurangan

  • Dibutuhkan adanya ketelitian ekstra ketika hendak memilih dan membelinya.
  • Dibutuhkan proses panjang untuk membuatnya menjadi barang berguna.
  • Untuk membuat besi berkualitas, dibutuhkan adanya berbagai macam campuran tertentu sehingga membutuhkan modal besar.

Harga Besi Bekas Per Kg

Setelah mengetahui beberapa jenis hingga kelebihan dan kekurangan besi bekas, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga jualnya di pasaran. Cukup berbeda dengan pipa besi yang dijual dengan satuan per inci atau per meter, untuk besi bekas umumnya dijual dengan hitungan per kg di pasaran Indonesia.

Meskipun demikian, besaran harga besi bekas per kg di pasaran sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada kategori atau jenis materialnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik daftar harga besi bekas per kg untuk semua jenis di bawah ini.

Jenis Besi BekasHarga Per Kg
Besi tua kelas ARp 5.300
Besi tua kelas BRp 5.200
Besi tua kelas CRp 5.100
Besi tua kelas DRp 3.900
Besi tua kelas ERp 1.900
Besi bekas pabrik 1Rp 5.400
Besi bekas pabrik 2Rp 5.200
KalengRp 3.900
Kaleng pressRp 3.000
Polongan 1Rp 5.400
Potongan baruRp 5.600
Besi super 1Rp 5.350
Besi super 2Rp 5.000
Rongsok B2Rp 4.000
PremiumRp 5.300
CampurRp 4.700
Besi kapalRp 5.300
Besi behelRp 5.200

Catatan : Harga besi per kg di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya karena terpengaruh oleh sejumlah faktor.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar daftar harga besi bekas per kg untuk semua jenis dan ukuran dilengkapi dengan sejumlah kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membeli besi bekas di pasaran Indonesia.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.