Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

27 Harga Borongan Pasang Lantai Parket Per Meter 2022

Harga Borongan Pasang Lantai Parket

Harga Borongan Pasang Lantai Parket – Seperti diketahui, mengunakan material kayu dan bahan alami lainnya seperti batu alam memang bisa menambahkan nilai estetika pada sebuah hunian. Salah satu penggunaan bahan material alami yang seringkali diaplikasikan di berbagai macam rumah yaitu lantai parket.

Tidak hanya digunakan sebagai lantai rumah saja, namun lantai parket juga kerap dimanfaatkan untuk berbagai macam pengaplikasiannya, mulai dari anak tangga, alas teras hingga rooftop. Sementara jika dilihat dari segi harga lantai parket, biasanya material tersebut dijual dengan harga sangat bervariasi, tergantung jenis kayunya.

Berbicara mengenai lantai parket, di Indonesia sendiri juga saat ini sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor yang menyediakan jasa pemasangan material tersebut. Dimana umumnya para pekerja borongan ini mematok harga atau tarif jasa pemasangan lantai parket dengan hitungan per meter persegi.

Oleh sebab itu, jika kalian berencana memasang lantai parket di rumah menggunakan pekerja borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harganya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai harga borongan pasang lantai parket per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

Apa Itu Lantai Parket?

Apa Itu Lantai Parket

Sebelum membahas poin utama mengenai harga borongan pasang lantai parket per meter, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana parket flooring ialah salah satu jenis flooring kayu dari kumpulan keping kayu yang sebelumnya sudah dipress sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah potongan adat papan siap pasang di atas lantai konkrit.

perkakas

Bahan pembuatan lantai parket sendiri dapat berasal daru kayu solid, yakni terdiri dari 100% kayu original seperti kayu jati. Selain itu, lantai parket juga ada yang terbuat dari bahan olahan atau biasa disebut juga dengan nama engineered wood ataupun laminate. Lantai parket dapat menjadi solusi untuk menggantikan kayu solid karena harganya tergolong lebih terjangkau.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Parket

Seperti diketahui, pastinya setiap bahan material bangunan memiliki sejumlah karakteristiknya masing-masing, termasuk lantai parket. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan mengaplikasikannya di rumah, sebaiknya pahami beberapa kelebihan serta kekurangan lantai parket di bawah ini.

Kelebihan

  • Lantai parket tersedia dalam berbagai macam variasi model dan tekstur.
  • Mudah dibersihkan.
  • Memiliki sifat kokoh dan tahan lama.
  • Bahan dasar pembuatannya non alergen.
  • Harga lantai parket cukup terjangkau.
  • Tidak mudah mengalami pemuaian ataupun penyusutan.

Kekurangan

  • Proses pemasangan lantai parket membutuhkan permukaan lantai solid serta benar-benar rata.
  • Kerap menimbulkan bunyi.
  • Lantai parket licin.
  • Terdapat potensi kerusakan.
  • Lantai parket tidak dapat dibongkar ulang.
  • Tidak tahan terhadap ruangan dengan suhu terlalu lembap.

Harga Borongan Pasang Lantai Parket Per Meter

Harga Borongan Pasang Lantai Parket Per Meter

Perlu diketahui, biasanya para pemborong atau kontraktor menawarkan jasa pasang lantai parket mulai dari ongkos pekerja plus bahan materialnya. Maka dari itu, besaran harga borongan pasang lantai parket per meter persegi dapat berbeda di sejumlah wilayah, seperti halnya harga borongan bangunan plus material pada umumnya.

Dimana perbedaan harga borongan pemasangan lantai parket tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan pasang lantai parket per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

JenisKeteranganHarga
Lantai Parket Solid UnfinishFinishing Melamine 2 KompRp 125.000
Lantai Parket Solid UnfinishFinishing PU/Poly UrethaneRp 145.000
Lantai Parket Solid Sudah FinishUnder Layer FoamRp 42.000
Lantai Parket LaminateUnder Layer FoamRp 35.000
Lantai Parket EngineeredUnder Layer FoamRp 35.000
Lantai ParketUkuran 1.2 cm x 5 cm x 20 cmRp 160.000
Lantai ParketUkuran 1.2 cm x 5 cm x 25 cmRp 180.000
Lantai ParketUkuran 1.2 cm x 5 cm x 30 cmRp 210.000
Lantai ParketUkuran 1.2 x 5 cm x 30 cm – 60 cmRp 210.000
Lantai Parket KW 2Semua UkuranRp 145.000

Catatan : Harga borongan pasang lantai parket di atas dapat berbeda di sejumlah wilayah. Perbedaan tersebut biasanya disebabkan karena adanya biaya distribusi barang serta fluktuasi kurs mata uang yang terjadi setiap saat.

Cara Menghitung Borongan Pasang Lantai Parket

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai harga borongan pasang lantai parket per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Selanjutnya kalian juga pastinya harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya ataupun ongkos jasa pemasangan lantai parket menggunakan pekerja borongan.

Sebenarnya langkah-langkah menghitung borongan pasang lantai parket hampir sama seperti saat menghitung kebutuhan lantai kayu. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami jelaskan bagaimana cara menghitung borongan pasang lantai parket menggunakan pekerja sistem borongan.

Luas Lantai

Pertama-tama, silahkan cari tahu luas bidang pekerjaan lantai di rumah yang akan dipasangi parket kayu. Sebagai contoh kalian akan memasang lantai parket solid sudah finish pada ruang tamu berukuran 6 m x 4 m menggunakan pekerja borongan, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 6 meter.
  • Lebar ruangan : 4 meter.

Perhitungan :

  • Luas lantai : Panjang x Lebar.
  • Luas lantai : 6 m x 4 m = 24 m2.

Ongkos Borongan

Setelah mengetahui luas bidang pekerjaan lantai, selanjutnya kalian tinggal menghitung kisaran ongkos jasa pemasangannya. Tata cara menghitungnya yaitu mengalikan harga borongan pasang lantai parket per meter dengan luas bidang pekerjaannya.

  • Ongkos borongan : Harga borongan x Luas lantai.
  • Ongkos borongan : Rp 140.000 x 24 m2 = Rp 3.360.000.

Jadi, total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang lantai parket sudah finish pada ruang tamu seluas 24 meter persegi menggunakan pekerja sistem borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 3.360.000. Dimana di dalam besaran anggaran dana tersebut sudah mencakup ongkos pekerja hingga penyediaan material lantai parket.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini para pemborong atau kontraktor menyediakan jasa pengerjaan pemasangan lantai parket sudah termasuk dengan bahan materialnya. Sementara untuk besaran harga borongannya sendiri sebenarnya tergantung pada jenis serta ukuran lantai parket.

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar harga borongan pasang lantai parket per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang lantai parket di rumah menggunakan jasa pekerja borongan.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.