Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Perbaikan Plafon Rumah 2022 : Semua Jenis & Ukuran

Biaya Perbaikan Plafon Rumah

Biaya Perbaikan Plafon Rumah – Seperti diketahui, penggunaan plafon menjadi pilihan rumah modern saat ini. Selain karena alasan keamanan dan dapat menghambat cuaca panas atau dingin dari luar, plafon juga bisa mempercantik tampilan desain interior rumah, entah itu pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur hingga ruangan dapur.

Maka dari itu, tidak heran apabila kini semakin tersedia cukup banyak jenis bahan material yang digunakan sebagai plafon rumah, mulai dari PVC, gypsum, aluminium, Kalsiboard, GRC dan lain sebagainya. Umumnya masyarakat lebih memilih plafon jenis gypsum karena dinilai mampu memberikan hasil akhir atau finishing yang lebih bersih dan rapi.

Meskipun memiliki sejumlah keunggulan, namun tetap saja bahwa plafon sebagai bahan konstruksi bangunan mempunyai beberapa kelemahan, termasuk cepat rusak jika tidak dirawat dengan benar. Namun, untungnya di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor yang menyediakan jasa perbaikan plafon rumah.

Pada umumnya, para kontraktor atau pemborong tersebut menentukan tarif jasa perbaikan plafon rumah dengan hitungan per meter persegi. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya perbaikan plafon rumah per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya.

Jenis Kerusakan Plafon Rumah

Jenis Kerusakan Plafon Rumah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, apabila plafon rumah tidak mendapatkan perawatan yang baik dan benar dari pemilik rumah, maka dapat dipastikan bahwa konstruksi tersebut tidak akan bertahan lama. Sebagai informasi tambahan, risiko kerusakan pada struktural plafon rumah tergolong cukup tinggi, apapun jenis bahan dasar pembuatannya.

perkakas

Pasalnya, penyebab kerusakan plafon rumah sendiri tidak hanya berasal karena kelalaian penghuninya saja, namun juga bisa disebabkan karena faktor eksternal. Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya perbaikan plafon rumah per meter berlanjut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa jenis kerusakan atau permasalahannya di bawah ini.

  • Plafon menguning.
  • Plafon merembeskan air.
  • Plafon berjamur.
  • Plafon meledut.
  • Sambungan struktur plafon retak.
  • Permukaan plafon rusak serta bergelombang.
  • Plafon rusak karena lumut.
  • Plafon rumah terserang rayap.

Biaya Perbaikan Plafon Rumah Per Meter

Biaya Perbaikan Plafon Rumah Per Meter

Seperti sudah dijelaskan di atas, jenis kerusakan atau permasalahan pada plafon rumah sendiri sebenarnya sangat beragam. Dimana penyebab permasalahannya juga bisa berasal baik itu karena kurangnya perawatan dari pemilik rumah ataupun karena faktor eksternal seperti struktur terserang rayap.

Selain itu, untuk besaran biaya perbaikan plafon rumah per meter perseginya sendiri sebenarnya bisa berbeda di sejumlah wilayah. Sama halnya seperti harga borongan pasang plafon, besaran ongkos jasa perbaikan plafon rumah dipengaruhi oleh beberapa hal seperti tingkat kerusakan hingga risiko perbaikannya.

Umumnya saat ini pada kontraktor atau pemborong di Indonesia sendiri mematok biaya perbaikan plafon rumah mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 75.000 per meter perseginya. Perlu diingat, besaran harga harga jasa perbaikan plafon rumah di atas hanya mencakup ongkos tenaga kerjanya saja. Jadi, jika terdapat komponen rusak, maka pemilik rumah perlu membeli bahan materialnya sendiri.

Cara Menghitung Biaya Perbaikan Plafon Rumah

Setelah mengetahui besaran biaya perbaikan plafon rumah per meter persegi, maka langkah selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung total kebutuhan anggaran dananya. Mungkin cara menghitung biaya perbaikan plafon hampir sama seperti saat kalian ingin menghitung biaya pasang plafon GRC.

Pasalnya, nantinya kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaan plafon yang akan diperbaiki terlebih dahulu. Daripada penasaran, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya perbaikan plafon rumah di bawah ini, entah itu pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur dan lain sebagianya.

Luas Plafon Rusak

Pertama-tama, silahkan cari tahu luas bidang pekerjaan plafon rusak di rumah yang ingin diperbaiki. Sebagai contoh permasalahan plafon terjadi pada ruang tamu dengan estimasi ukuran kerusakan sekitar 2 meter x 3 meter, maka langkah-langkah menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Luas plafon rusak : 2 m x 3 m = 6 m2.

Ongkos Pekerja

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung kebutuhan anggaran biaya untuk memperbaiki kerusakan plafon pada ruang tamu berukuran 6 meter persegi. Tata cara menghitungnya sendiri yaitu dengan mengalikan biaya perbaikan plafon per meter dengan luas bidang kerusakannya.

  • Ongkos pekerja : Luas plafon rusak x Biaya perbaikan.
  • Ongkos pekerja : 6 m2 x Rp 25.000 = Rp 150.000.

Tips Merawat Plafon Rumah

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya perbaikan plafon per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Nah, supaya plafon di rumah tidak gampang rusak atau mengalami masalah lainnya, sebaiknya cari tahu beberapa tips merawatnya. Adapun beberapa tips merawat plafon rumah tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Rutin membersihkan plafon rumah, minimal 2 minggu sekali.
  • Hindari plafon dari paparan air.
  • Gunakan cat pelapis untuk plafon rumah seperti cat waterproof.
  • Hindari plafon rumah dari benturan.
  • Lakukan pengecekan secara berkala.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya perbaikan plafon rumah per meter persegi untuk semua jenis dan ukuran di semua daerah di Indonesia. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memperbaiki plafon di rumah menggunakan jasa pemborong ataupun kontraktor.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.