Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pasang Partisi Kalsiboard Per Meter 2022 : Tenaga & Bahan

Biaya Pasang Partisi Kalsiboard
Advertisements

Biaya Pasang Partisi Kalsiboard – Desain ruangan terbuka atau open space memang sedang menjadi andalan bagi rumah dengan lahan terbatas supaya mempunyai cukup ruang untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Akan tetapi, untuk beberapa orang privasi di utamakan sehingga sangat wajar apabila mereka memilih untuk memanfaatkan dinding partisi.

Secara garis besarnya, dinding partisi memisahkan ruangan dengan pasti sekaligus menjadi perbatasan antar ruangan yang jelas. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya tanpa dinding sebagai sekat ruangan permanen, maka tatanan ruangan akan menjadi canggung dan bahkan tidak nyaman sehingga seringkali membuat penghuninya merasa bosan.

Berbicara mengenai dinding partisi, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak jenis material yang sering digunakan untuk struktur tersebut, salah satunya yaitu kalsiboard. Dimana untuk memasang partisi kalsiboard sendiri dibutuhkan adanya perhitungan dengan matang sejak awal, entah itu dari segi ongkos ataupun kebutuhan materialnya.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana memasang dinding partisi kalsiboard di rumah, ada baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang partisi kalsiboard untuk semua jenis dan ukuran mulai dari ongkos tenaga kerja hingga kebutuhan materialnya.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Kalsiboard

Kelebihan dan Kekurangan Partisi Kalsiboard
Advertisements

Sebagai salah satu jenis bahan material bangunan, pastinya kalsiboard mempunyai beberapa karakterisik ataupun ciri khas. Dimana ciri khas tersebut menjadikannya memiliki beberapa kelebihan maupun kekurangan. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya pasang partisi kalsiboard lebih lanjut, berikut kami berikan sejumlah keunggulan beserta kelemahannya.

Kelebihan

  • Mempunyai daya tahan cukup baik.
  • Memiliki sifat kuat dan lentur.
  • Proses perawatannya mudah.
  • Proses pemasangannya mudah.
  • Kalsiboard aman untuk kesehatan.
  • Mudah diubah menjadi berbagai macam bentuk.
  • Memperkecil risiko kebakaran.
  • Mempunyai sifat antirayap.

Kekurangan

  • Kalsiboard bisa menyusut.
  • Membutuhkan kerangka.
  • Kalsiboard kurang estetik.
  • Tidak tahan terhadap air.

Ukuran Standar Partisi Kalsiboard

Perlu diketahui, saat ini besaran biaya pasang partisi kalsiboard di beberapa daerah dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu tentang ukuran. Dimana untuk ukuran atau dimensi standar kalsiboard di pasaran Indonesia sendiri sebenarnya cukup beragam, entah itu dari segi panjang, lebar ataupun ketebalannya.

Pada umumnya, material partisi kalsiboard di jual dengan ukuran standar dengan panjang 2.440 mm serta lebar 1.220 mm. Sementara untuk ketebalannya sendiri yaitu mulai dari 3 mm hingga 4 mm. Namun, perlu diingat bahwa ukuran standar tersebut juga biasanya akan memengaruhi harga kalsiboard di pasaran.

Biaya Pasang Partisi Kalsiboard Per Meter

Biaya Pasang Partisi Kalsiboard Per Meter

Setelah mengetahui ukuran standar partisi kalsiboard di pasaran Indonesia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar ongkos jasa pemasangannya. Seperti halnya harga borongan pemasangan partisi GRC, ongkos jasa pasang partisi kalsiboard untuk berbagai macam ukuran saat ini dihitung dengan satuan per meter persegi.

Selain itu, besaran upah jasa pemasangan partisi kalsiboard di beberapa daerah juga biasanya mempunyai selisih perbedaan. Meskipun begitu, selisih perbedaannya sendiri sebenarnya tidak akan terlalu jauh. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan rincian biaya pasang partisi kalsiboard per meter perseginya.

KeteranganBiaya Per Meter
Partisi Kalsiboard 1 MukaRp 150.000
Partisi Kalsiboard 2 MukaRp 220.000

Cara Menghitung Upah Pasang Partisi Kalsiboard

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai upah jasa pasang partisi kalsiboard per meter perseginya, entah itu untuk 1 muka ataupun 2 muka. Nah, kurang lengkap rasanya apabila sudah mengetahui berapa besaran ongkos jasa pemasangannya, namun tidak mengerti bagaimana cara menghitung total kebutuhannya.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya cara menghitung upah pasang partisi kalsiboard hampir sama seperti saat menghitung pemasangan plafon kalsiboard. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya pasang partisi kalsiboard untuk semua jenis dan ukurannya.

Luas Pekerjaan

Langkah pertama, silahkan cari tahu luas bidang pekerjaan partisi dinding terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang partisi kalsiboard 2 muka pada ruang tamu dengan ukuran panjang 5 meter serta tinggi 2 meter, maka langkah-langkah menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

  • Luas pekerjaan : Panjang x tinggi.
  • Luas pekerjaan : 5 m x 2 m = 10 m2.

Biaya Pasang

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung biaya jasa pasang partisi kalsiboard 2 muka pada ruangan seluas 10 meter persegi. Cara menghitungnya yaitu tinggal mengalikan luas bidang pekerjaan partisi kalsiboard dengan biaya pemasangan per meter perseginya.

  • Upah pasang partisi : Luas pekerjaan x biaya pasang per meter.
  • Upah pasang partisi : 10 m2 x Rp 220.000 = Rp 2.200.000.

Dari data perhitungan di atas, maka total kebutuhan anggaran biaya untuk memasang partisi kalsiboard 2 muka berukuran 5 m x 2 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 2.200.000. Dimana di dalam besaran anggaran biaya tersebut sudah mencakup beberapa komponen seperti ongkos tenaga kerja hingga kebutuhan materialnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang partisi kalsiboard per meter persegi untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang partisi kalsiboard di rumah sebagai sekat sebuah ruangan.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.