Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter 2022

Harga Borongan Pasang Partisi GRC

Harga Borongan Pasang Partisi GRCGlass Reinforced Concrete atau lebih dikenal dengan GRC ialah sebuah material bahan bangunan terbuat dari campuran beton dan serat kaca. Dengan campuran kedua bahan dasar pembuatannya tersebut menjadikan GRC memiliki daya tahan layaknya beton, awet serta mudah diaplikasikan menjadi berbagai macam kebutuhan bangunan.

Berbicara mengenai pemanfaatan GRC di dalam dunia konstruksi bangunan, saat ini kebanyakan orang memanfaatkan material tersebut sebagai sekat dinding atau partisi. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai partisi di rumah tinggal saja, namun GRC juga kerap diaplikasikan pada bangunan umum seperti gedung perkantoran, taman dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, kini sudah tersedia cukup banyak pemborong ataupun kontraktor menyediakan jasa pemasangan partisi GRC, entah itu hanya tenaga kerjanya saja ataupun tenaga plus material. Secara umum, para kontraktor mematok tarif atau harga borongan pemasangan partisi atau panel dinding GRC untuk dinding luar rumah ataupun dalam rumah dengan hitungan per meter persegi, baik itu interior maupun eksterior.

Jika diantara kalian berencana ingin memasang partisi GRC di rumah menggunakan jasa borongan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Oleh sebab itu, untuk membantunya kali ini penulis akan memberikan daftar kisaran harga borongan pasang partisi GRC per meter perseginya dilengkapi contoh perhitungan biaya pemasangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Partisi GRC

Di dalam dunia konstruksi, pastinya setiap bahan material bangunan mempunyai karakteristiknya masing-masing, termasuk GRC. Dimana partisi GRC tersebut mempunyai berbagai macam keunggulan serta kelemahan yang harus diperhatikan ketika hendak membelinya.

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan mencari tahu besaran harga borongan pasang partisi GRC lebih lanjut, alangkah baiknya perhatikan sejumlah kelebihan beserta kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan

  • Partisi GRC termasuk ke dalam bahan ringan dan kuat sehingga tidak akan membebani struktural.
  • Tahan terhadap cuaca, kelembaban serta panas.
  • Tidak mudah terbakar oleh api sehingga aman.
  • Partisi GRC tahan lama dan tidak mengalami pembusukan.
  • Proses pemasangan partisi GRC lebih cepat sehingga lebih efisien dari segi waktu pengerjaannya.
  • Partisi GRC mempunyai permukaan halus sehingga hasil akhirnya bisa tampak lebih rapi.
  • Proses finishing partisi GRC mudah.
  • Proses perawatan partisi GRC terbilang mudah sehingga dapat lebih menghemat biaya.
  • Partisi GRC mempunyai sifat fleksibel sehingga dapat diubah menjadi berbagai macam bentuk.
  • Jika terdapat partisi GRC rusak, cukup mengganti satu panel saja.
  • Dapat digunakan baik itu di indoor ataupun outdoor.
  • Aman bagi kesehatan manusia.
  • Partisi GRC kedap suara.
  • Kuat di segala cuaca.

Kekurangan

  • Proses pembuatan GRC harus melalui pabrik oleh ahlinya.
  • Bentuk partisi GRC tidak bisa dibuat custom.
  • Mungkin di beberapa tempat di Indonesia belum menyediakan partisi GRC.
  • Harga partisi GRC sedikit lebih mahal dibandingkan material sejenisnya.

Ukuran Standar Partisi GRC

Perlu diketahui, biasanya besaran harga borongan pasang partisi GRC per meter perseginya dipengaruhi oleh ukuran atau dimensinya. Akan tetapi, secara garis besar partisi GRC di pasaran Indonesia dijual dengan ukuran standar 60 cm x 120 cm, sama seperti ukuran plafon GRC.

Sementara untuk ketebalannya sendiri sebenarnya sangat bervariasi, mulai dari 4 mm, 6 mm, 8 mm, 9 mm sampai 15 mm per lembarnya. Umumnya partisi GRC di pasang menggunakan rangka kayu, besi hollow, metal stud ataupun baja ringan, tergantung pada keinginan pemilik rumah.

Untungnya saat ini di pasaran Indonesia sudah tersedia cukup banyak sekali pilihan jenis GRC untuk dinding luar ataupun dalam rumah. Pastinya setiap jenis, ukuran serta merk partisi GRC juga mempunyai harga yang sangat bervariasi. Semakin berkualitas materialnya, maka akan semakin mahal pula harga GRC.

Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter

Harga Borongan Pasang Partisi GRC Per Meter

Perlu diketahui, sebenarnya saat ini besaran harga borongan pasang partisi GRC di Indonesia tidak jauh berbeda seperti tarif jasa pemasangan partisi gypsum. Hal tersebut dikarenakan pemasangan partisi gypsum dengan GRC biasanya menggunakan material serupa, baik itu besi hollow, metal stud maupun baja ringan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, ukuran partisi GRC juga nantinya akan mempengaruhi besaran harga borongannya. Namun, rata-rata pemborong atau kontraktor mematok harga jasa pemasangan partisi GRC dengan hitungan per meter persegi. Berikut akan kami berikan tabel daftar harga borongan pasang partisi GRC per meter perseginya.

SpesifikasiJenis RangkaHarga Borongan
GRC 4 mmBesi HollowRp 155.000
GRC 4 mmMetal StudRp 160.000
GRC 4 mmBaja RinganRp 170.000
GRC 6 mmMetal StudRp 230.000
GRC 6 mmBaja RinganRp 260.000

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang partisi GRC di atas sudah mencakup ongkos tenaga kerja serta bahan material pemasangannya, baik itu partisi GRC maupun kerangkanya. Akan tetapi, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran harga borongan di atas dapat berbeda di beberapa wilayah, tergantung pada kebijakan pemborong ataupun kontraktor.

Cara Menghitung Biaya Pasang Partisi GRC

Setelah mengetahui kisaran harga borongan pasang partisi GRC untuk semua jenis dan ukurannya, selanjutnya kalian juga pastinya harus memahami bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Sebenarnya, tata cara menghitung biaya pasang partisi GRC menggunakan pekerja borongan ini hampir sama seperti saat memasang partisi triplek.

Dimana nantinya kalian perlu menghitung luas atau volume bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi partisi GRC terlebih dahulu, barulah menghitung rincian biayanya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara menghitung biaya pemasangan partisi GRC menggunakan pekerja borongan di bawah ini.

Volume Partisi GRC

Langkah pertama, hitung luas atau volume bidang dinding yang akan dipasangi partisi GRC terlebih dahulu. Sebagai contoh kalian akan memasang partisi GRC berukuran 4 mm menggunakan rangka baja ringan pada ruangan sepanjang 14 meter serta tinggi 3.5 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 14 m.
  • Tinggi dinding : 3.5 m.

Perhitungan :

  • Volume dinding : Panjang x Tinggi.
  • Volume dinding : 14 m x 3.5 m = 49 m2.

Biaya Pasang Partisi GRC

Kemudian tahap selanjutnya yaitu menghitung biaya pemasangan partisi GRC berukuran 4 mm rangka baja ringan pada dinding seluas 49 meter persegi menggunakan pekerja sistem borongan. Mengacu pada daftar harga borongan pasang partisi GRC 4 mm rangka baja ringan di atas, maka total biaya pemasangannya yaitu sebesar perhitungan di bawah ini.

  • Biaya pasang partisi GRC : Volume dinding x Harga borongan.
  • Biaya pasang partisi GRC : 49 m2 x Rp 170.000 = Rp 8.330.000.

Dari data perhitungan di atas, total anggaran biaya yang perlu dipersiapkan untuk memasang partisi GRC 4 mm rangka baja ringan pada dinding berukuran 14 m x 3.5 m yaitu kurang lebih sekitar Rp 8.330.00. Di dalam besaran perhitungan biaya pasang partisi GRC tersebut sudah mencakup biaya pembelian material serta ongkos pekerja borongannya.

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran harga jasa borongan pemasangan partisi GRC tergantung pada ukuran serta jenis rangka strukturnya. Namun, perlu diingat bahwa harga borongan di atas dapat berbeda di beberapa wilayah karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti tingkat kesulitan serta risiko pemasangannya.

Demikian sekiranya informasi dari Epropertyrack seputar daftar harga borongan pasang partisi GRC per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang partisi GRC menggunakan jasa borongan dari kontraktor.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *