Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered – Kaca tempered saat ini kerap digunakan oleh sebagian besar orang sebagai material pintu, partisi ataupun kanopi. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab kaca tempered memiliki segudang kelebihan yang tidak dimiliki kaca jenis lainnya, terutama dari segi kekuatan.

Umumnya, material kaca tempered seringkali dimanfaatkan di rumah-rumah dengan konsep atau gaya futuristik. Di beberapa kasus, kaca tempered bahkan sering diaplikasikan ke area rumah lainnya seperti pada bagian fasad sampai atap rumah.

Menariknya lagi, saat ini di Indonesia sudah tersedia cukup banyak kontraktor ataupun pemborong yang menawarkan jasa pemasangan kaca tempered. Sebagian besar pekerja borongan tersebut biasanya mematok harga borongan dengan hitungan ataupun satuan per meter.

Akan tetapi, besaran harga borongan pemasangan material bangunan tersebut bisa berbeda di beberapa daerah karena terpengaruh oleh sejumlah faktor. Maka dari itu, sebelum memasangnya sebaiknya ketahui terlebih dahulu estimasi harga borongan pasang kaca tempered per meternya.

Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered

Kelebihan dan Kekurangan Kaca Tempered

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan kaca tempered dibandingkan kaca jenis lainnya yaitu dari segi kekuatannya. Meskipun memiliki segudang keunggulan, namun bukan berarti material tersebut tidak memiliki kelemahan sama sekali.

Nah, sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli dan memasang kaca tempered sebagai konstruksi sebuah bangunan, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan

  • Lebih aman jika diaplikasikan sebagai material bangunan.
  • Memiliki sifat anti gores dan anti rusak.
  • Tahan terhadap panas.
  • Multi guna atau serba guna.
  • Tersedia dalam berbagai macam desain.
  • Kualitas kaca tempered sudah terjamin.

Kekurangan

  • Kaca tempered tidak benar-benar presisi ukurannya.
  • Saat terkena sinar matahari, permukaan kaca tempered terlihat seperti ada bercak-bercak hitam.
  • Kaca tempered tidak bisa dipotong atau dibentuk.
  • Kaca tempered tidak bisa dibor.

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered Per Meter

Sama halnya dengan HARGA BORONGAN TENAGA BANGUNAN lainnya, besaran harga borongan pasang kaca tempered juga dapat berbeda di sejumlah wilayah. Perbedaan upah borongan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan pemasangan sampai risiko pemasangannya.

Selain itu, kuantitas material kaca tempered juga umumnya akan mempengaruhi harga borongannya. Para pekerja borongan tersebut biasanya mematok harga pemasangan kaca tempered mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 700.000 per meternya.

Perlu diingat, bahwa besaran harga borongan pasang kaca tempered tersebut hanya untuk ongkos tenaga kerjanya saja. Jadi, kalian perlu membeli material kaca tempered sendiri. Nah, untuk mendapatkan harga produk kompetitif, sebaiknya lakukan survei HARGA KACA ke beberapa toko bangunan ataupun material.

Cara Menghitung Biaya Pasang Kaca Tempered

Setelah mengetahui besaran harga borongan pemasangan kaca tempered, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biayanya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik tata cara menghitung biaya pasang kaca tempered menggunakan pekerja borongan di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan cari tahu terlebih dahulu total volume bidang pekerjaan yang akan dipasangi kaca tempered. Misalkan kalian akan memasang kaca tempered sebagai partisi atau sekat ruangan dengan panjang 4 meter serta tinggi 3 meter, maka cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang partisi : 4 meter.
  • Tinggi partisi : 3 meter.

Perhitungan :

  • Volume partisi kaca : Panjang x tinggi.
  • Volume partisi kaca : 4 m x 3 m = 12 m2.

Biaya Pasang Kaca Tempered

Biaya Pasang Kaca Tempered

Tahap selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan kaca tempered menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya mengalikan volume atau luas bidang partisi kaca dengan harga borongan per meter perseginya.

  • Biaya pemasangan kaca tempered : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan kaca tempered : 12 m2 x Rp 300.000 = Rp 3.600.000.

Dari perhitungan di atas, total biaya untuk memasang partisi kaca tempered berukuran 4 m x 3 m menggunakan pekerja borongan yaitu sekitar Rp 3.600.000. Kami ingatkan sekali lagi bahwa biaya tersebut hanya untuk upah pekerjanya saja, jadi bahan material kaca tempered belum termasuk.

Tips Membeli Kaca Tempered

Tips Membeli Kaca Tempered

Di atas sudah dijelaskan rincian harga borongan pasang kaca tempered per meter beserta perhitungan biaya pemasangannya. Supaya kalian bisa mendapatkan material kaca tempered berkualitas, sebaiknya ikuti beberapa tips membelinya di bawah ini.

  • Kenali fungsi kaca tempered.
  • Sesuaikan ketebalan kaca tempered dengan kebutuhan.
  • Perhitungkan biaya pembelian kaca tempered.
  • Perhatikan kondisi lingkungan sekitar tempat kaca tempered diaplikasikan.
  • Pilihlah kaca tempered bermerek.
  • Belilah produk yang memiliki masa garansi.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan mengenai estimasi harga borongan pasang kaca tempered per meter versi Epropertyrack. Selain itu, di atas juga sudah dijelaskan bagaimana tata cara menghitung biaya pemasangan kaca tempered menggunakan pekerja borongan. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu kalian ketika hendak memasang kaca tempered sebagai konstruksi bangunan menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Pasang Kaca Tempered

IDR 200000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.4/10

Fungsional

9.3/10

Daya Tahan

9.4/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *