Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

GRC Untuk Dinding Luar Rumah (Karakteristik, Ukuran & Harga)

GRC Untuk Dinding Luar Rumah

GRC Untuk Dinding Luar Rumah – Seperti diketahui, GRC merupakan sebuah material bangunan yang kerap digunakan sebagai bahan pembuatan langit-langit atau plafon rumah. Namun, belakangan ini banyak orang memanfaatkan material tersebut untuk pembuatan dinding hunian.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya GRC sendiri memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya sangat cocok diaplikasikan sebagai partisi atau dinding, khususnya untuk bagian luar ruangan (outdoor). Salah satu kelebihannya yaitu tidak mudah melengkung saat terkena cuaca panas dari paparan sinar matahari.

Meskipun demikian, bukan berarti GRC tidak memiliki kekurangan sedikitpun ketika diaplikasikan sebagai dinding rumah. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan ada baiknya kalian ketahui terlebih dahulu bagaimana karakteristik GRC serta apa saja kelebihan hingga kekurangannya.

Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai karakteristik GRC untuk dinding luar rumah, mulai dari bentuk, ukuran standar hingga harganya. Selain itu, di bawah ini juga akan dijelaskan bagaimana cara menghitung kebutuhan GRC untuk partisi hunian.

Kelebihan dan Kekurangan GRC Untuk Dinding

Seperti dijelaskan sebelumnya, material GRC mempunyai beberapa keunggulan serta kelemahan yang perlu diperhatikan. Dimana nantinya kelebihan serta kekurangan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memanfaatkannya. Adapun kelebihan dan kekurangan GRC untuk dinding tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Kelebihan

  • Memiliki ketahanan terhadap air cukup baik.
  • Memiliki bobot cenderung lebih ringan dibandingkan material dinding jenis lainnya.
  • Mempunyai sifat fleksibilitas tinggi.
  • Tahan terhadap kelembapan.
  • Tahan terhadap cuaca panas.
  • Bahan GRC tidak mudah terbakar.
  • Proses pemasangan GRC untuk dinding terbilang mudah dan cepat.
  • Permukaan GRC halus sehingga bisa memberikan tampilan bangunan lebih rapi.
  • Kedap suara.
  • Terdapat banyak pilihan ukuran.

Kekurangan

  • GRC tidak dapat dibuat custom sesuai keinginan.
  • Beberapa wilayah di Indonesia belum menerima suplai material GRC.
  • Harganya relatif lebih mahal daripada beton.

Ukuran Standar GRC Untuk Dinding Luar Rumah

Meskipun dimensi GRC untuk dinding luar rumah cukup bervariasi, namun tetap saja bahwa material tersebut umumnya memiliki ukuran standarnya. Dimana ukuran standar GRC untuk dinding hunian tersebut yang beredar di pasaran yaitu memiliki panjang sekitar 2.440 mm serta lebar 1.220 mm.

Sementara untuk ketebalan GRC sendiri sebenarnya juga sangat beragam, mulai dari 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm hingga 10 mm. Perlu diingat, jika ingin membeli GRC dengan ukuran atau ketebalan di luar standar, maka kalian perlu memesannya dengan sistem inden kepada produsen atau pemasoknya.

Harga GRC Untuk Dinding Luar Rumah

Setelah mengetahui kelebihan, kekurangan hingga ukuran standar GRC untuk dinding luar rumah, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa harganya. Sebenarnya, harga GRC di pasaran tergantung pada merk, ukuran, ketebalan hingga kualitasnya.

Untuk saat ini, terdapat 3 merk GRC untuk dinding yang terkenal di pasaran Indonesia, yaitu GRC Royal Board, GRC Silica Board serta GRC Board. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan daftar harga GRC untuk partisi atau dinding hunian.

GRC DindingSpesifikasiHarga
GRC Royal Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp 60.000
GRC Silica Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp 65.000
GRC Board1.2 m x 2.4 m x 4 mmRp 70.000

Cara Menghitung Kebutuhan GRC Untuk Dinding

Cara Menghitung Kebutuhan GRC Untuk Dinding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai seluk beluk GRC untuk dinding luar rumah. Kemudian kalian juga sebenarnya harus mengerti bagaimana cara menghitung kebutuhan GRC untuk partisi hunian, baik itu dari segi material ataupun anggaran biaya pembeliannya.

Sebenarnya perhitungan kebutuhan GRC untuk dinding ini hampir sama seperti saat menghitung biaya pasang plafon GRC, karena kalian perlu mencari tahu luas bidang pekerjaannya terlebih dahulu. Daripada penasaran, berikut adalah pembahasan mengenai tata cara menghitung kebutuhan GRC untuk dinding luar rumah.

Volume Pekerjaan

Cara pertama yaitu mencari tahu luas bidang pekerjaan pemasangan GRC pada dinding rumah. Sebagai contoh kalian akan memasang GRC merk GRC Board berukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm pada dinding luar rumah sepanjang 6 m dan tinggi 3.5 m, maka tata cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Lebar GRC : 1.2 m.
  • Panjang GRC : 2.4 m.
  • Tinggi dinding : 3.5 m.
  • Panjang dinding : 6 m.

Perhitungan :

  • Volume Dinding Rumah
    • Volume : Panjang x Tinggi.
    • Volume : 6 m x 3.5 m = 21 m2.
  • Volume 1 Lembar GRC
    • Volume : Panjang x Lebar.
    • Volume : 2.4 m x 1.2 m = 2.88 m2.

Kebutuhan GRC

Tahap selanjutnya yaitu menghitung total kebutuhan GRC Board berukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm pada dinding luar rumah seluas 21 meter persegi. Caranya yaitu tinggal membagi volume pekerjaan dinding rumah dengan luas 1 lembar material GRC.

  • Kebutuhan GRC : Volume pekerjaan dinding ÷ Luas 1 lembar GRC.
  • Kebutuhan GRC : 21 m2 ÷ 2.88 m2 = 7.29 lembar (dibulatkan menjadi 8 lembar).

Biaya Pembelian GRC

Langkah terakhir tinggal menghitung besaran anggaran dana pembelian material GRC Board sebanyak 8 lembar. Jika harga GRC Royal Board berukuran 1.2 m x 2.4 m x 4 mm di pasaran per lembarnya adalah Rp 70.000, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 560.000 (8 lembar x Rp 70.000).

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan seputar seluk beluk GRC untuk dinding luar rumah mulai dari karakteristik, kelebihan dan kekurangan, harga per lembar beserta tata cara menghitung kebutuhannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memanfaatkan GRC sebagai dinding atau partisi di dalam sebuah hunian.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Model Pintu Kupu Tarung

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *