Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang Plafon GRC

Biaya Pasang Plafon GRC

Biaya Pasang Plafon GRC – Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu bahwa fungsi langit-langit rumah yaitu untuk melindungi hunian dari debu dan segala macam kotoran pada kerangka atap. Di Indonesia sendiri kini sudah tersedia cukup banyak jenis plafon dengan keunggulan serta kekurangannya masing-masing.

Dari sekian banyaknya jenis plafon, salah satu bahan material yang kerap digunakan untuk membuat langit-langit rumah yaitu plafon jenis GRC Board. GRC sendiri merupakan singkatan dari Glassfiber Reinforced Cement, dimana material tersebut terbuat dari campuran bahan semen dan serat.

Plafon GRC hadir dengan cetakan kuat, tidak mudah bocor, tidak mudah rusak, anti rayap dan ramah terhadap lingkungan. Menariknya lagi, perawatan plafon GRC juga tidak rumit serta relatif mudah dibersihkan sehingga mampu menghemat biaya perbaikan.

Jika diantara kalian berencana menggunakan GRC sebagai material plafon, alangkah baiknya hitung terlebih dahulu berapa besar biaya pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang plafon GRC per meter untuk semua jenis serta ukurannya.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC

Kelebihan dan Kekurangan Plafon GRC

Seperti dijelaskan di atas, setiap bahan material bangunan tentunya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, termasuk plafon GRC. Sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya, di bawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangan dari plafon GRC.

Kelebihan

  • Plafon GRC tahan air.
  • Tahan terhadap api.
  • Memiliki sifat lentur sehingga mudah dibentuk sesuai kebutuhannya.
  • Proses pemasangannya relatif lebih cepat.
  • Tahan lebih lama, bahkan mencapai 25 tahun.
  • Harganya terjangkau.
  • Ramah terhadap lingkungan.
  • Tahan terhadap cuaca, kelembapan serta panas.
  • Memiliki permukaan halus.
  • Mudah ketika hendak diberikan lapisan finishing.

Kekurangan

  • Pembuatan plafon GRC harus melalui pabrik karena membutuhkan tingkat presisi tinggi.
  • Bentuk plafon GRC tidak dapat dibuat custom, harus dipesan dengan jumlah tertentu.
  • Baut sulit dihindari karena tekstur GRC cukup padat.

Ukuran Standar Plafon GRC

Ukuran Standar Plafon GRC

Sebagaimana diketahui, ukuran plafon GRC yang beredar di pasaran cukup bervariasi, mulai dari panjang, lebar hingga ketebalannya. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya pasang plafon GRC lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu berapa ukuran standar plafon GRC.

Umumnya, material GRC yang dimanfaatkan sebagai konstruksi plafon adalah 60 cm x 120 cm dan 122 cm x 244 cm. Untuk ketebalannya sendiri biasanya tergantung pada keinginan pemilik rumah, entah itu menggunakan plafon GRC ketebalan 3 mm, 4 mm ataupun 5 mm.

Sementara untuk rangka plafon GRC juga bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik rumah, entah itu menggunakan kaso ataupun menggunakan besi hollow. Jika belum tahu bagaimana cara menghitung kebutuhannya, kalian bisa melihat PERHITUNGAN VOLUME RANGKA PLAFON HOLLOW terlebih dahulu.

Biaya Pasang Plafon GRC

Secara garis besar, perhitungan biaya pasang plafon GRC per meternya hampir sama seperti BIAYA PEMASANGAN PLAFON TRIPLEK. Sebab, kalian juga harus menghitung volume atau luas bidang pekerjaan, menghitung biaya pembelian bahan material hingga menghitung upah para pekerjanya.

Ketika hendak menghitung volume pekerjaannya, kalian bisa menggunakan rumus luas ruangan, yaitu mengalikan panjang dengan lebar ruangan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci perhitungan biaya pasang plafon GRC per meternya.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Langkah pertama yaitu menghitung luas atau volume bidang pekerjaan pemasangan plafon GRC. Sebagai contoh kalian akan memasang plafon GRC pada ruang tamu dengan panjang 5 meter serta lebar 5 meter, maka cara menghitung volume pekerjaannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang ruangan : 5 meter.
  • Lebar ruangan : 5 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x lebar.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 5 m = 25 m2.

Jadi, total volume pekerjaan pasang plafon pada ruangan dengan ukuran panjang 5 meter serta lebar 5 meter adalah 25 meter persegi.

Kebutuhan Plafon GRC

Kebutuhan Plafon GRC

Tahap selanjutnya yaitu menghitung total kebutuhan material plafon GRC. Misalkan kalian menggunakan plafon GRC dengan ukuran 122 cm x 244 cm, berikut adalah rincian perhitungan kebutuhan material plafon GRC pada ruangan seluas 25 meter persegi.

  • Luas plafon GRC : 122 cm x 244 cm = 29.768 cm2 (2.9768 m2).
  • Kebutuhan plafon GRC : Luas ruangan ÷ luas plafon GRC.
  • Kebutuhan plafon GRC : 25 m2 ÷ 2.9768 m2 = 8.398 buah.

Dari data perhitungan di atas, total kebutuhan material plafon GRC pada ruangan seluas 25 meter persegi yaitu 8.398 buah atau dibulatkan menjadi 9 buah. Kita asumsikan HARGA PLAFON GRC saat ini adalah Rp 60.000 per buahnya, maka total biaya pembelian bahan materialnya yaitu 9 x Rp 60.000 = Rp 540.000.

Ongkos Pekerja

Ongkos Pekerja

Selain menghitung biaya pembelian plafon GRC, kalian juga harus menghitung berapa besar ongkos para tukang pemasangannya. Saat ini di Indonesia ada dua jenis tukang, yaitu tukang dengan sistem harian serta tukang sistem borongan atau pemborong.

Saran kami ketika hendak memilih tukang bangunannya, sebaiknya gunakan pekerja dengan sistem borongan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya HARGA BORONGAN PASANG PLAFON diklaim lebih murah dibandingkan upah pekerja sistem harian.

Untuk menghitung total upah pekerja borongan pasang plafon GRC, cari tahu terlebih dahulu berapa tarif per meternya. Sebagai contoh harga borongan pasang plafon GRC adalah Rp 160.000 per meternya, maka kalian perlu mempersiapkan anggaran dana sekitar Rp 160.000 x 25 meter = Rp 4.000.000.

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan total biaya pasang plafon GRC mulai dari pembelian material hingga ongkos tukang yaitu sekitar Rp 540.000 + Rp 4.000.000 = Rp 4.540.000. Perlu diingat, biaya di atas belum termasuk biaya pembelian rangka plafon hollow sebagai struktur penahannya.

Tips Memilih Plafon GRC

Tips Memilih Plafon GRC

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai perhitungan rincian biaya pasang plafon GRC per meter untuk semua jenis serta ukurannya. Agar plafon GRC dapat bertahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips memilih plafon GRC berkualitas berikut ini.

  • Carilah produsen atau supplier GRC yang sudah terkenal di bidangnya.
  • Survei secara langsung produsen GRC untuk melihat produk.
  • Tanyakan tentang kualitas material.
  • Pastikan bahwa tingkat proporsional produk sesuai desain.
  • Perhatikan tingkat kerapian dan kehalusan pada permukaan produk.
  • Pilihlah produk plafon GRC yang memiliki masa garansi.

Akhir Kata

Mungkin kisaran biaya pemasangan plafon GRC di atas dapat berbeda-beda untuk beberapa wilayah, tergantung pada ukuran, harga material serta ongkos pekerja pemasangannya. Namun, secara umum cara perhitungan besaran biayanya sama saja seperti di atas.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar perhitungan rincian biaya pasang plafon GRC per meter untuk semua jenis dan ukurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menghitung biaya pemasangan plafon GRC di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *