Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana Semua Ukuran 2023

Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana

Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana – Pada umumnya, renovasi kamar mandi dapat dilakukan di beberapa bagian saja, seperti mengganti bak, mengganti cat, mengganti keramik dan lain sebagainya. Namun, tak sedikit pula orang yang mungkin ingin merenovasi kamar mandi secara menyeluruh.

Tentunya hal tersebut bisa terjadi karena terpengaruh oleh beberapa hal, salah satunya yang paling masuk akal yaitu karena rumah baru dibeli dan kamar mandinya membutuhkan perbaikan. Akan tetapi, karena adanya keterbatasan biaya, maka banyak orang lebih memilih untuk merenovasi kamar mandi secara sederhana.

Berbicara mengenai renovasi kamar mandi, tentunya terdapat beberapa hal penting yang harus direncanakan dengan matang sejak awal. Nah, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan kegiatan renovasi yaitu perhitungan anggaran biayanya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian berencana ingin merenovasi kamar mandi sederhana, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerjanya.

Tujuan Renovasi Kamar Mandi

Sebelum pembahasan poin utama mengenai perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sejumlah manfaat ataupun tujuannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa tujuan merenovasi kamar mandi di rumah berikut ini.

  • Mengganti elemen yang sudah mulai rusak atau tidak berfungsi.
  • Ingin berganti model kamar mandi.
  • Ingin mendapatkan suasana serta tampilan berbeda di kamar mandi.
  • Ingin membuat kamar mandi terasa lebih lega atau justru lebih ringkas.
  • Ingin menambahkan fungsi pada kamar mandi.

Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana

Rincian Biaya Renovasi Kamar Mandi Sederhana

Setelah mengetahui beberapa tujuan ataupun manfaat renovasi kamar mandi sederhana, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu bagaimana tata cara perhitungan biayanya. Seperti halnya saat ingin renovasi rumah, terdapat hal-hal penting yang harus diperhatikan, mulai dari ongkos pekerja hingga kebutuhan bahan materialnya.

Dimana kedua komponen tersebut tentu nantinya akan mempengaruhi total kebutuhan anggaran dana dalam renovasi kamar mandi. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai perhitungan anggaran biaya renovasi kamar mandi sederhana, mulai dari ongkos pekerja hingga bahan materialnya.

Pekerja Bangunan

Hal penting pertama yang perlu dipersiapkan ketika ingin menghitung biaya renovasi kamar mandi sederhana yaitu pekerja bangunan. Pada umumnya, kalian membutuhkan dua tukang bangunan ketika ingin merenovasi kamar mandi.

Misalkan kalian mempekerjakan dua orang tukang bangunan sistem harian yang dibayar Rp 150.000 per hati, maka total biaya tukang bangunan bisa kalian hitung berdasarkan lama waktu pengerjaannya. Jika pekerjaan renovasi kamar mandi sederhana membutuhkan waktu 10 hari, maka siapkanlah anggaran dana sebesar Rp 150.000 x 10 hari x 2 orang = Rp 3.000.000.

Keramik Dinding Kamar Mandi

Kemudian hal penting selanjutnya yaitu menghitung kebutuhan pembelian dinding kamar mandi. Dimana jumlah kebutuhan dinding kamar mandi sendiri sebenarnya bergantung pada luas bangunan. Sebagai contoh kalian membutuhkan 8 dus keramik dinding kamar mandi seharga Rp 70.000 per dus, maka kebutuhan anggaran biaya yang perlu dipersiapkan yaitu sekitar Rp 70.000 x 8 dus = Rp 560.000.

Keramik Lantai Kamar Mandi

Hampir sama seperti poin sebelumnya, total kebutuhan keramik lantai kamar mandi juga akan disesuaikan dengan luas bangunan. Misalnya untuk merenovasi kamar mandi sederhana kalian membutuhkan keramik lantai kamar mandi sebanyak 10 dus dengan harga Rp 60.000 per dusnya, maka siapkanlah anggaran dana sebesar Rp 60.000 x 10 dus = Rp 600.000.

Cat Dinding Kamar Mandi

Cat dinding juga menjadi komponen penting yang perlu diperhatikan ketika ingin menghitung biaya renovasi kamar mandi sederhana. Kalian bisa bebas berkreasi dengan warna cat dinding ketika merenovasi kamar mandi, terlebih lagi kamar mandi tergolong ke dalam ruang private sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Supaya cat dinding kamar mandi bisa tahan lama, saran kami sebaiknya gunakan cat yang tahan terhadap uap air serta cipratan. Adapun besaran harga cat dinding kamar mandi tersebut yaitu kurang lebih sekitar Rp 145.000 per kemasan untuk berat 5 kg.

Shower dan Wastafel Kamar Mandi

Mengingat kali ini kalian ingin merenovasi kamar mandi sederhana, sebenarnya komponen seperti shower dan wastafel termasuk ke dalam opsional. Artinya kedua komponen tersebut bisa ditambahkan ke dalam kamar mandi ataupun tidak, tergantung keinginan kalian masing-masing.

Jika ingin menambahkannya, saran kami sebaiknya carilah material yang murah namun berkualitas. Misalkan saat ini harga masing-masing produk seperti shower dan wastafel di marketplace yaitu sekitar Rp 1.000.000, maka siapkanlah anggaran Rp 2.000.000 untuk pembeliannya.

Dari data perhitungan beberapa komponen di atas dapat disimpulkan bahwa untuk renovasi kamar mandi sederhana membutuhkan anggaran biaya kutang lebih sekitar Rp 6.305.000. Akan tetapi, perlu diingat kembali bahwa besaran dan renovasi kamar mandi sederhana tersebut bergantung pada kebutuhan serta keinginan pemilik rumah.

Tips Renovasi Kamar Mandi

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya renovasi kamar mandi sederhana, entah itu untuk ongkos pekerja maupun pembelian kebutuhan bahan materialnya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan sejumlah tips dalam merenovasi kamar mandi sederhana.

  • Perhatikan apa saja bagian kamar mandi yang ingin direnovasi.
  • Hitung perkiraan biaya renovasi.
  • Atur pencahayaan kamar mandi.
  • Pasang rak dinding di kamar mandi.
  • Pilihlah ubin atau keramik berkualitas.
  • Lakukan pewarnaan pada dinding kamar mandi.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar perhitungan biaya renovasi kamar mandi sederhana mulai dari kebutuhan bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin merenovasi kamar mandi sederhana.

Sumber gambar : thespruce.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *