Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Renovasi Rumah Type 36 2023: Material & Tenaga

Biaya Renovasi Rumah type 36

Biaya Renovasi Rumah Type 36 – Sebagaimana diketahui, rumah type 36 menjadi salah satu tipe hunian yang paling banyak dibangun oleh orang-orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab selain bentuknya minimalis, harga bangunannya juga terbilang cukup terjangkau.

Dimana tipe rumah yang satu ini biasanya sering dijumpai pada perumahan-perumahan yang dibuat oleh developer atau pengembang. Dengan begitu, tentu saja desain fasad, denah ruangan hingga warna cat untuk bagian interior serta eksterior mau tidak mau harus seragam satu sama lain.

Padahal, mungkin terdapat sebagian dari kalian yang menginginkan rumah tampil berbeda sesuai dengan kepribadian pemilik. Atau terdapat beberapa ruangan yang ingin ditambah, dikurangi maupun diubah letaknya sehingga renovasi menjadi salah satu solusi paling tepat untuk dilakukan.

Akan tetapi, ketika ingin melakukan renovasi, tentunya terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan, terutama tentang anggaran biayanya. Nah, untuk membantunya, kali ini kami akan membahas mengenai biaya renovasi rumah type 36 mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya.

Komponen Renovasi Rumah Type 36

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, biaya mungkin menjadi faktor paling penting untuk diperhitungkan ketika ingin merenovasi sebuah hunian. Tujuan membuat perencanaan anggaran biaya pembangunan rumah ini supaya nantinya tidak terjadi adanya pembengkakan maupun kelebihan dana.

Oleh sebab itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya renovasi rumah type 36 lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa komponen penting di dalamnya. Adapun sejumlah komponen penting di dalam renovasi rumah type 36 tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

Pemilihan Material

Hal penting pertama yang harus diperhatikan ketika ingin merenovasi rumah type 36 yaitu tentang pemilihan bahan material bangunannya. Hal ini dikarenakan selain menentukan kualitas rumah kedepannya, pemilihan material juga berpengaruh terhadap banyaknya total biaya renovasi rumah.

Saran kami sebaiknya pilihlah material sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah serta pastikan juga kualitas untuk rumah agar awet dalam jangka panjang. Apabila ingin lebih menghemat anggaran dana renovasi, sebaiknya gunakanlah bahan material lokas, namun tetap memperhatikan kualitasnya.

Ongkos Pekerja

Selain pemilihan material, faktor penting lainnya yang harus diperhatikan ketika ingin merenovasi rumah type 36 yaitu tentang ongkos pekerja bangunannya. Perlu diketahui, di Indonesia sendiri terdapat 3 sistem atau metode pembayaran tukang berdasarkan cara kerjanya.

Metode pertama yaitu sistem harian, dimana jasa tukang atau pekerja bangunan tersebut dibayar dengan harga Rp 120.000 sampai Rp 180.000 per harinya. Kemudian metode selanjutnya yaitu sistem borongan sebagian yang biasanya mematok ongkos jasa per luasan proyek ataupun sesuai kerumitan pekerjaan.

Adapun untuk besaran harga jasanya sendiri biasanya berkisar antara Rp 650.000 hingga Rp 900.000 per meter perseginya. Ketika menggunakan sistem ini, biaya jasa tukang yang harus dibayar sudah pasti sampai pekerjaan renovasi rumah type 36 selesai, artinya sudah sampai tahap finishing.

Sementara metode terakhir yaitu sistem borongan penuh yang sudah mencakup ongkos para pekerja bangunan hingga kebutuhan bahan materialnya. Karena sudah mencakup semua kebutuhan komponen di dalam renovasi rumah, maka harga borongan penuh tentunya lebih mahal, yaitu sekitar Rp 2.500.000 sampai Rp 4.000.000 per m2.

Ketiga metode atau sistem pekerja bangunan di atas pastinya mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih metode pekerja bangunan, saran kami sebaiknya pertimbangkan dengan matang dengan berkonsultasi kepada ahlinya.

Biaya Lainnya

Seperti halnya saat membangun rumah baru, tentunya terdapat biaya lainnya yang perlu dipersiapkan. Dimana biaya lainnya ini berguna apabila nantinya pada saat proses renovasi berlangsung terjadi hal-hal di luar perkiraan. Saran kami sebaiknya siapkan biaya lainnya sebesar 10% dari total biaya renovasi rumah.

Biaya Renovasi Rumah Type 36

Rincian Biaya Renovasi Rumah Type 36

Setelah memahami beberapa kebutuhan komponen di dalam renovasi rumah type 36, maka selanjutnya kalian tinggal masuk ke pembahasan utama mengenai perhitungan biaya pembangunannya. Perlu diingat, pemilihan metode atau sistem pekerja bangunan nantinya akan sangat berpengaruh terhadap total kebutuhan anggaran dana renovasi.

Misalkan kalian ingin merenovasi rumah type 36 menjadi rumah minimalis dengan luasan bangunan sekitar 60 meter persegi. Lalu kalian memutuskan untuk menggunakan sistem jasa borongan penuh dengan kualitas bahan material standar seharga Rp 2.500.000 per meter perseginya, maka cara menghitung biaya renovasi rumah type 36 tersebut akan seperti berikut ini.

  • Biaya Renovasi Rumah Type 36
    • Biaya renovasi = Luas bangunan x Harga jasa borongan penuh per m2.
    • Biaya renovasi = 60 m2 x Rp 2.500.000.
    • Biaya renovasi = Rp 150.000.000.
  • Biaya Lainnya
    • Biaya lainnya = 10% x Biaya renovasi rumah.
    • Biaya lainnya = 10% x Rp 150.000.000.
    • Biaya lainnya = Rp 15.000.000.
  • Total Biaya Renovasi Rumah Type 36
    • Total biaya renovasi = Biaya renovasi + Biaya lainnya.
    • Total biaya renovasi = Rp 150.000.000 + Rp 15.000.000.
    • Total biaya renovasi = Rp 165.000.000.

Dari data perhitungan di atas, maka total biaya yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah type 36 menjadi luas bangunan 60 m2 menggunakan sistem pekerja borongan penuh yang harus dipersiapkan yaitu kurang lebih sekitar Rp 165.000.000. Perlu diingat, di dalam besaran biaya tersebut sudah mencakup ongkos pekerja bangunan hingga pembelian kebutuhan bahan material renovasi rumah.

Tips Renovasi Rumah Type 36

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya renovasi rumah type 36 mulai dari kebutuhan bahan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips supaya proses renovasi rumah type 36 tidak menimbulkan kelebihan ataupun pembengkakan pengeluaran.

  • Sesuaikan dengan luas bangunan.
  • Buatlah rancangan dengan matang.
  • Siapkan anggaran lebih awal.

Akhir Kata

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya renovasi rumah type 36 mulai dari perhitungan kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin merenovasi rumah type 36.

Sumber gambar : theoldpalmerhouse.com

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *