Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Penyebab Jet Pump Airnya Kecil & Cara Mengatasinya!!

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil
Advertisements

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil – Seperti diketahui, dahulu manusia harus menggali sumur dan menimba air sendiri guna memenuhi kebutuhan air bersih. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia dalam mendapatkan air bersih, salah satunya yaitu jet pump.

Dimana jet pump sendiri merupakan sebuah alat pompa yang biasa dipakai untuk mengambil air dari dalam tanah menuju ke penampungan ataupun toren. Selain mampu menghemat tenaga, jet pump juga sangat efisien karena tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mendapatkan air bersih dari dalam sumur.

Meskipun demikian, terdapat beberapa kasus dari pengguna yang mengeluhkan bahwa air yang keluar alias semburan dari jet pump sangat kecil sehingga harus menunggu lama sampai toren terisi penuh. Pada umumnya, permasalahan tersebut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Advertisements

Oleh sebab itu, apabila diantara kalian mengalami masalah serupa seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu apa saja penyebabnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai penyebab jet pump airnya kecil untuk semua jenis dan merk dilengkapi dengan cara memperbaiki ataupun mengatasinya.

Penyebab Jet Pump Airnya Kecil

Penyebab Jet Pump Semburan Airnya Kecil
Advertisements

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, munculnya masalah pada jet pump seperti airnya kecil dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, entah itu dari segi faktor internal ataupun eksternal. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab jet pump di rumah airnya kecil.

1. Tegangan Dinamo Jet Pump Terlalu Kecil

Penyebab pertama kenapa jet pump di rumah airnya lemah yaitu karena tegangan dinamo tidak sesuai. Dimana tegangan dinamo jet pump sendiri akan sangat berpengaruh terhadap hasil semburan. Apabila tegangan yang masuk terlalu kecil, maka putaran dinamo atau RPM akan menurun sehingga kinerja jet pump tidak maksimal dan semburan airnya menjadi melemah.

2. Daya Hisap Jet Pump Kecil

Kemudian penyebab jet pump airnya kecil berikutnya yaitu karena daya hisap terlalu lemah. Permasalahan tersebut umumnya terjadi pada jet pump dengan impeler yang terbuat dari material kuningan. Perlu diketahui, impeler sendiri merupakan jantung dari mesin pompa air listrik. Biasanya daya hisap akan semakin berkurang ketika impeler sudah aus.

3. Gearbox Jet Pump Rusak

Selain impeler, gearbox juga mempunyai peran cukup penting di dalam sistem jet pump. Gearbox jet pump sendiri berguna sebagai sumber daya untuk menyedot air dari dalam sumur. Jadi, jika gearbox mengalami permasalahan seperti rusak, tentunya akan membuat daya hisap jet pump akan semakin melemah dan berkurang.

4. Kapasitor Lemah

Penyebab jet pump airnya kecil lainnya yang mungkin seringkali dialami oleh sebagian besar orang yaitu karena kapasitor lemah. Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui bahwa kapasitor ialah sebuah komponen pendukung lain yang akan memengaruhi kinerja jet pump. Kegunaannya yaitu sebagai starter dalam membantu dinamo. Sehingga apabila kapasitor lemah, maka kekuatan daya hisap pompa juga akan ikut menurun.

5. Kesalahan Pemasangan Instalasi Pipa

Kesalahan dalam pemasangan instalasi pipa juga bis menjadi salah satu penyebab jet pump semburan airnya kecil. Tidak hanya dari segi kesalahan pemasangan instalasi pipanya saja, namun bisa juga karena adanya kebocoran ataupun sambungan pipa kurang rapat. Hal ini umumnya akan membuat daya vakum jet pump tidak ada meskipun sudah dinyalakan.

6. Sumber Air Berkurang

Jika di atas merupakan penyebab masalah dari segi internal, maka selanjutnya juga akan kami berikan beberapa faktor penyebab dari segi eksternal. Salah satunya yaitu karena sumber air di dalam sumur sudah mulai berkurang atau menipis. Jika ketersediaan di dalam sumur sudah mulai menipis, tentu akan membuat kinerja jet pump semakin menurun.

7. Sumber Air Tertutup Tanah

Penyebab terakhir kenap jet pump di rumah airnya kecil yaitu karena sumber air tertutup oleh tanah akibat longsor. Dimana permasalahan ini biasanya disebabkan karena faktor eksternal dari lingkungan atau alam sekitar. Umumnya masalah ini seringkali terjadi di daerah atau wilayah yang sering mengalami banjir.

Cara Mengatasi Jet Pump Airnya Kecil

Cara Mengatasi Jet Pump Airnya Kecil

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai sejumlah penyebab jet pump semburan airnya kecil, entah itu dari segi internal ataupun eksternal. Kurang lengkap rasanya apabila kalian sudah mengetahui penyebab masalahnya namun tidak mengerti bagaimana tata cara memperbaiki ataupun mengatasinya.

Maka dari itu, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap sejumlah cara atau solusi untuk mengatasi jet pump airnya kecil.

1. Periksa Kedalaman Sumur

Cara mengatasi jet pump airnya kecil pertama yaitu memeriksa kedalaman sumber air, dalam hal ini yaitu sumur. Pastikan bahwa sumur masih mampu mencukupi kebutuhan di rumah. Apabila sumber sudah mulai menipis, sebaiknya lakukan penggalian tanah kembali untuk menambah kedalamannya.

2. Memperbaiki Instalasi Pipa Jet Pump

Kemudian cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan memperbaiki instalasi pipa jet pump. Usahakan pemasangan pipa jet pump tidak terlalu banyak tekukan. Selain itu, pastikan juga bahwa semua sambungan pipa terpasang dengan benar tanpa adanya kebocoran. Sebagai informasi tambahan, cara ini juga seringkali digunakan oleh beberapa orang untuk meningkatkan daya dorong pompa air.

3. Bawa Jet Pump ke Tukang Service

Seperti halnya saat mengatasi pompa air tersendat sendat, membawa mesin jet pump ke tukang service mungkin menjadi opsi terakhir untuk mengatasi permasalahan di atas. Jika memang terjadi kerusakan pada beberapa komponen, maka sebaiknya perbaiki atau ganti dengan yang baru. Jika kerusakan sudah sangat parah, maka jalan satu-satunya yaitu membeli mesin jet pump baru.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar penyebab jet pump di rumah airnya kecil dilengkapi dengan sejumlah tata cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika sedang mengalami masalah jet pump semburan airnya kecil.

Advertisements
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.