Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter – Seperti diketahui, proses membangun ulang atau merenovasi rumah cukup berbeda dengan mendirikan bangunan baru di lahan kosong. Sebab, proses renovasi rumah biasanya membutuhkan beberapa jenis pekerjaan yang tidak dilakukan saat membangun rumah baru, salah satunya yaitu membongkar dinding lama.

Proses pekerjaan pembongkaran dinding bangunan juga diperlukan adanya perhitungan dengan matang sejak awal. Hal ini bertujuan agar nantinya kalian bisa mempersiapkan berapa besar biaya yang diperlukan untuk merenovasi rumah, termasuk biaya untuk membongkar dinding hunian.

Mungkin proses pembongkaran dinding bangunan tersebut sudah bisa diserahkan kepada tukang borongan ataupun kontraktor. Pasalnya, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia cukup banyak kontraktor atau pemborong yang menyediakan jasa bongkar dinding bangunan, entah itu dinding bata ataupun dinding jenis lainnya.

Oleh sebab itu, jika kalian hendak membongkar dinding rumah lama menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar harga borongannya. Nah, kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai daftar harga borongan bongkar dinding per meter untuk semua jenis dinding bangunan.

Proses Pembongkaran Dinding Bangunan

Proses Pembongkaran Dinding Bangunan

Di dalam proses pembongkaran dinding bangunan, terdapat beberapa faktor penting yang akan mempengaruhi harga borongan per meter kubiknya. Adapun beberapa faktor tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Lokasi bangunan.
  • Ukuran bangunan.
  • Usia bangunan.
  • Risiko pembongkaran.

Kebutuhan Komponen Bongkar Dinding

Kebutuhan Komponen Bongkar Dinding

Sebenarnya pekerjaan bongkar dinding rumah tidak memerlukan bahan material bangunan. Namun, proses pembongkaran tersebut membutuhkan beberapa komponen seperti peralatan hingga pekerja borongannya.

Sebelum pembahasan utama mengenai harga borongan bongkar dinding per meter lebih lanjut, berikut akan kami berikan sejumlah komponen yang masuk ke dalam pekerjaan tersebut.

Peralatan Pembongkaran

Untuk peralatan pembongkaran biasanya disesuaikan dengan skala pekerjaan, entah itu pembongkaran skala besar ataupun skala kecil. Selain itu, jenis dinding juga akan mempengaruhi kebutuhan peralatan pembongkarannya. Sebagai gambaran, berikut adalah sejumlah perlengkapan dalam proses pekerjaan bongkar dinding bata.

  • Palu.
  • Pahat baja (battle).
  • Linggis.
  • Jack hammer bertenaga listrik.
  • Gerinda listrik.

Pekerja Bangunan

Secara garis besar, kebutuhan pekerja bangunan dalam proses bongkar dinding bangunan sebenarnya tergantung dengan jasa pemborong atau kontraktornya. Namun, umumnya pekerjaan bongkar dinding rumah hanya membutuhkan dua orang, yaitu pekerja dan mandor.

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter Kubik

Seperti halnya HARGA TENAGA BORONGAN BANGUNAN lainnya, harga borongan bongkar dinding per meter juga bisa berbeda untuk beberapa wilayah. Adanya perbedaan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kesulitan sampai risiko pembongkarannya.

Kendati demikian, selisih perbedaan tarif jasa borongan dalam proses pembongkaran dinding rumah sebenarnya tidak akan terlalu jauh, yaitu berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 125.000 per meter kubiknya. Besaran harga borongan tersebut juga biasanya sudah termasuk penyewaan perlengkapan ataupun peralatan pembongkaran dinding bangunan.

Cara Menghitung Biaya Bongkar Dinding

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daftar harga borongan bongkar dinding per meter kubiknya. Nah, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya bongkar dinding menggunakan pekerja borongan. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan cara menghitung biayanya.

Volume Pekerjaan Dinding

Volume Pekerjaan Dinding

Langkah pertama yaitu cari tahu terlebih dahulu volume atau luas bidang pekerjaan dinding bangunan yang akan dibongkar. Misalkan kalian akan membongkar dinding bata dengan panjang 12 meter, lebar 8 meter serta tebal 15 cm, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 12 meter.
  • Lebar dinding : 8 meter.
  • Tebal dinding : 15 cm = 0.15 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan dinding : Panjang x lebar x tebal.
  • Volume pekerjaan dinding : 12 m x 8 m x 0.15 m = 14.4 m3.

Biaya Bongkar Dinding

Biaya Bongkar Dinding

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung biaya bongkar dinding seluas 14.4 meter kubik menggunakan pekerja borongan. Cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan dinding dengan harga borongan per meter kubiknya.

  • Biaya bongkar dinding : Volume pekerjaan x harga borongan per meter.
  • Biaya bongkar dinding : 14.4 m3 x Rp 100.000 = Rp 1.440.000.

Jadi, total biaya yang diperlukan untuk membongkar dinding sepanjang 12 meter serta lebar 8 meter menggunakan pekerja borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.440.000. Perlu diingat bahwa besaran biaya tersebut sudah termasuk penyewaan peralatan pengerjaan bongkar dinding bangunan.

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tarif jasa borongan dalam pekerjaan bongkar dinding bangunan bisa berbeda di beberapa wilayah. Biasanya perbedaan harga borongan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi bangunan, ukuran bangunan, usia bangunan hingga risiko pembongkarannya.

Itulah sekiranya ulasan mengenai daftar harga borongan bongkar dinding per meter kubik untuk semua jenis-jenisnya versi Epropertyrack. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta dapat dijadikan acuan ketika hendak membongkar dinding rumah menggunakan pekerja borongan.

Harga Borongan Bongkar Dinding Per Meter

IDR 100000
9.3

Harga

9.4/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.2/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *