Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga Borongan Pasang Bata Merah

Harga Borongan Pasang Bata Merah

Harga Borongan Pasang Bata Merah – Suatu bangunan terdiri dari beberapa ruangan yang membatasi area fungsi dari berbagai macam kegiatan di dalam bangunan. Tentunya setiap ruangan pada bangunan tersebut dipisahkan oleh dinding-dinding yang dipasang secara vertikal.

Sebagaimana diketahui, dinding bangunan konvensional terbuat dari susunan bata merah yang di tumpuk dan di rekatkan menggunakan semen portland (PC). Salah satu alasan mengapa hingga saat ini material tersebut masih menjadi pilihan favorit masyarakat yaitu karena mudah dipasang serta HARGA BATA MERAH relatif murah.

Berbicara mengenai pemasangan bata merah, di Indonesia sendiri saat ini sudah tersedia banyak sekali pemborong atau kontraktor yang menyediakan jasa pengerjaannya. Para kontraktor tersebut juga tentunya memiliki ketentuan terkait harga atau tarif borongannya, entah itu hanya borongan tenaga ataupun borongan plus material.

Oleh sebab itu, ketika kalian hendak berencana memasang tembok bata menggunakan pekerja borongan, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu besaran harga borongannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang harga borongan pasang bata merah per meter, entah itu hanya borongan tenaga ataupun borongan plus bahan.

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Kelebihan dan Kekurangan Bata Merah

Seperti dijelaskan di atas, salah satu keunggulan dari bata merah yaitu proses pemasangannya terbilang mudah. Meskipun demikian, bukan berarti bata merah tidak memiliki kekurangan sedikitpun. Sebagai bahan pertimbangan sebelum memasangnya, berikut akan kami berikan beberapa kelebihan serta kekurangan bata merah.

Kelebihan

  • Mudah disusun dan dipasang sehingga tidak memerlukan keahlian khusus.
  • Mudah diangkut karena ukurannya kecil.
  • Harganya cukup murah.
  • Tidak memerlukan perekat khusus, hanya semen dan pasir saja.
  • Tahan panas sehingga mampu melindungi bangunan lebih lama dari api.
  • Bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Kekurangan

  • Sulit membuat pasangan bata merah rapi.
  • Bata merah mudah terpengaruh suhu sehingga suhu ruangan di dalam hunian tidak stabil.
  • Cenderung boros dalam penggunaan material perekatnya.
  • Bata merah tergolong dalam material cukup berat sehingga menimbulkan beban lebih pada struktur bangunan.
  • Kualitas serta ukurannya kurang seragam.
  • Waktu pemasangannya lebih lama dibandingkan bahan dinding lainnya.

Kebutuhan Komponen Pasang Bata Merah

Sebelum pembahasan harga borongan pasang bata merah lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa komponen-komponen pendukung pengerjaannya. Pasalnya, selain bata merah terdapat juga beberapa bahan material lainnya yang masuk ke dalam perhitungan harga borongan. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan sejumlah komponen dalam pemasangan bata merah.

Bahan Material

Bahan Material

Sebagaimana diketahui, material pemasangan bata merah terdiri dari beberapa bahan bangunan yang bisa didapatkan di toko bangunan terdekat. Akan tetapi, kebutuhan material tersebut sebenarnya dapat disesuaikan oleh pemilik bangunan. Adapun beberapa material pekerjaan pasangan bata merah sesuai SNI diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Bata merah.
  • Semen portland (PC).
  • Pasir pasang.
  • Kapur padam.
  • Air.

Tenaga Kerja

Tenaga Kerja

Di dalam perhitungan harga borongan, ongkos tenaga pekerja bangunan juga memiliki peran cukup penting. Dalam pembuatan tembok pada merah, umumnya membutuhkan lebih dari 1 jenis tukang. Di bawah ini adalah beberapa tukang yang masuk atau terlibat di dalam pekerjaan borongan pasang bata merah.

  • Pekerja.
  • Tukang batu.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Catatan : Komponen mandor serta kepala tukang bisa dihilangkan jika proses pengerjaan pasangan bata merah dalam skala kecil.

Harga Borongan Pasang Bata Merah Per Meter

Harga Borongan Pasang Bata Merah Per Meter

Perlu diketahui, besaran harga borongan pasang bata merah per meter sebenarnya bisa saja berbeda untuk beberapa wilayah. Biasanya perbedaan harga borongan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan pasangan bata merah, tingkat kesulitan atau kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Selain itu, harga borongan pemasangan bata merah sendiri juga dapat dikelompokkan lagi menjadi dua jenis, yaitu harga borongan tenaga serta HARGA BORONGAN BANGUNAN PLUS MATERIAL. Untuk harga borongan tenaga pemasangan bata merah umumnya berada di kisaran Rp 40.000 hingga Rp 60.000 per meter perseginya.

Sementara harga borongan pasang bata merah plus bahan per meter perseginya kurang lebih sekitar Rp 90.000 sampai Rp 110.000. Saran kami sebaiknya gunakanlah pekerja borongan plus material sehingga kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari bahan material pemasangannya sendiri.

Cara Menghitung Biaya Pasang Bata Merah

Setelah mengetahui besaran harga borongan pasang bata merah per meter perseginya, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana cara menghitung biaya pemasangannya. Sebenarnya perhitungan biaya pemasangan bata merah ini tidak jauh berbeda ketika kalian menghitung BIAYA PEMBUATAN PAGAR TEMBOK PER METER. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan penjelasan perhitungan biaya pemasangan bata merah.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan cari tahu terlebih dahulu berapa volume atau luas bidang pekerjaan dinding yang akan dipasangi bata merah. Misalkan kalian akan memasang bata merah pada dinding dengan panjang 5 meter serta tinggi 4 meter, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti di bawah ini.

Diketahui :

  • Panjang : 5 meter.
  • Tinggi : 4 meter.

Perhitungan :

  • Volume pekerjaan : Panjang x tinggi.
  • Volume pekerjaan : 5 m x 4 m = 20 m2.

Biaya Pasang Bata Merah

Biaya Pasang Bata Merah

Langkah selanjutnya yaitu tinggal menghitung biaya pemasangan bata merah menggunakan pekerja borongan plus material. Cara menghitungnya yaitu mengalikan volume bidang pekerjaan dengan harga borongan pasang bata merah plus bahan.

  • Biaya pemasangan : Volume pekerjaan x harga borongan.
  • Biaya pemasangan : 20 m2 x Rp 90.000 = Rp 1.800.0000.

Jadi, total biaya memasang bata merah pada dinding sepanjang 5 meter serta tinggi 4 meter menggunakan pekerja borongan plus material kurang lebih sekitar Rp 1.800.000. Perlu diingat, besaran biaya tersebut sudah termasuk upah tenaga kerja serta pembelian bahan material bangunannya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pekerja borongan pemasangan bata merah bisa berbeda di beberapa daerah. Biasanya perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi bidang pekerjaan, tingkat kerumitan hingga risiko pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack terkait harga borongan pasang bata merah per meter, entah itu borongan tenaga ataupun borongan plus bahan. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menggunakan pekerja borongan saat hendak memasang bata merah.

Harga Borongan Pasang Bata Merah

IDR 40000
9.3

Harga

9.5/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.4/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *