Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Ukuran Plat Besi

Ukuran Plat Besi

Ukuran Plat Besi – Ketika kalian hendak membangun hunian lebih dari satu lantai, salah satu material bahan bangunan penting yang harus kalian perhatikan yaitu plat besi. Pasalnya, material bahan bangunan ini berfungsi agar konstruksi bangunan lebih kuat dan kokoh.

Tidak hanya dibutuhkan untuk konstruksi bangunan saja, besi plat atau plat besi juga kerap digunakan pada industri kreatif seperti usaha las, bengkel dan lain sebagainya. Hal itu dikarenakan material ini memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang sangat tinggi sehingga keberadaannya sangat diperlukan.

Terdapat beberapa jenis pelat besi yang saat ini memang biasa digunakan untuk konstruksi sebuah bangunan, entah itu gedung ataupun rumah tapak. Tentunya setiap jenis material tersebut juga memiliki ukuran dan ketebalan yang cukup bervariasi.

Oleh karena itu, sebelum membelinya alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai apa itu plat besi. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap pengertian, fungsi, jenis dan harga serta ukuran plat besi yang biasa beredar di pasaran.

Ukuran Plat Besi Lengkap dengan Pengertian, Fungsi, Jenis & Harga

Seperti yang sudah dijelaskan di ats, material ini memiliki jenis dan ukuran yang cukup beragam. Jenis dan ukuran tersebut juga dapat mempengaruhi HARGA PLAT BESI. Bagi kalian yang sudah penasaran berapa ukuran besi plat, simak terus pembahasan di berikut ini.

Apa Itu Plat Besi?

Apa Itu Plat Besi

Bagi kalian yang bekerja sebagai kontraktor atau tukang bangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama plat besi. Sesuai dengan namanya, material ini merupakan sebuah besi berbentuk lembaran seperti TRIPLEK yang memiliki penampang atau permukaan rata. Material ini juga sudah terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya dalam berbagai keadaan.

Fungsi Plat Besi

Plat besi ini pada dasrnya berfungsi sebagai material tambahan selain bahan cor agar konstruksi bangunan yang dibuat kebih kuat dan kokoh. Selain itu, material ini juga kerap digunakan sebagai tatakan untuk berbagai macam jenis bahan bangunan yang bersifat lembek atau labil.

Ukuran Plat Besi

Ukuran Plat Besi Semua Jenis

Jika dilihat dari segi ketebalan dan kelebarannya, plat besi ini memiliki ukuran yang sangat bervariasi. Umumnya plat besi ini memiliki ukuran standar yang relatif sama, yaitu 144 mm x 244 cm atau 4 x 8 feet dengan ketebalan mulai dari 1 mm, 1.2 mm, 2.3 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6 mm, 8 mm sampai dengan 12 mm.

Jenis Plat Besi

Setelah mengetahui pengertian, fungsi dan ukuran plat besi, selanjutnya kalian juga harus mengerti beberapa jenisnya. Terdapat 5 jenis plat besi yang biasa beredar di pasaran, di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Plat Besi Galvanil

Plat Besi Galvanil

Selain digunakan untuk konstruksi bangunan, plat besi galvanil atau galvanneal merupakan material yang sering digunakan sebagai material kendaraan atau dunia otomotif. Jenis yang satu ini memiliki karakteristik warna yang abu-abu matte dengan permukaan yang sangat mudah untuk dilapisi warna.

2. Plat Besi Galvanis

Plat Besi Galvanis

Bagi kalian yang mengutamakan kualitas dan kekokohan material, jenis plat besi galvanis mungkin menjadi pilihan yang tepat. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jenis yang satu ini sudah dilapisi dengan lapisan galvanis sehingga material tersebut memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan anti terhadap karat.

3. Plat Besi Hitam

Plat Besi Hitam

Plat besi hitam/eser/base plate ini merupakan jenis material yang paling sering digunakan pada konstruksi bangunan. Besi plat ini memiliki fungsi sebagai penyambung konstruksi profil, bahan pembuatan tangki hingga stamping.

4. Plat Besi Bordes

Bordes

Jenis besi plat yang satu ini memiliki motif yang khas dan biasanya diterapkan pada struktur atau konstruksi tangga suatu hunian. Selain itu, kebanyakan orang menggunakan plat besi bordes sebagai ruang peralihan pada suatu bangunan.

5. Plat Besi Strip

Strip

Jenis plat besi yang terakhir ini mungkin sangat berbeda dengan jenis-jenis sebelumnya. Perbedaan tersebut yaitu terletak pada ukurannya yang berbentuk strip. Ukuran plat besi strip juga cukup beragam, namun untuk panjangnya kurang lebih sama yaitu sekitar 6 meter.

Harga Plat Besi Per Lembar

Harga dari material besi plat ini juga cukup bervariasi, tergantung dengan jenis serta ketebalannya. Selain itu, material ini juga bisa kalian dapatkan dengan mudah karena sudah tersedia di toko-toko bangunan atau material di kota kalian.

Umumnya produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 200.000 sampai dengan Rp 1.500.000. Namun, untuk beberapa daerah harga material tersebut bisa jadi lebih murah atau lebih mahal karena beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Keunggulan dan Kelemahan Plat Besi

Keunggulan dan Kelemahan

Sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli plat besi, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa keunggulan dan kelemahan material tersebut. Keunggulan dan kelemahan plat besi tersebut di antaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Keunggulan

  • Memiliki tingkat kekuatan dan daya tahan yang tinggi.
  • Tidak mudah mengalami korosi.
  • Proses pemasangannya relatif lebih cepat.
  • Tidak akan dimakan rayap karena terbuat dari bahan dasar besi.

2. Kelemahan

  • Kurang fleksibel sehingga cukup sulit untuk diubah menjadi beberapa bentuk.
  • Dapat mengalami perkaratan apabila terkena air dan sinar matahari secara terus menerus.

Akhir Kata

Saat ini plat besi bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko-toko bangunan atau material. Hal tersebut dikarenakan permintaan pasar untuk plat besi dari waktu ke waktu semakin tinggi. Sebaiknya ketika hendak membelinya, pilihlah material sesuai dengan kebutuhan konstruksi kalian.

Demikian penjelasan yang kali ini dapat Epropertyrack sampaikan mengenai ukuran plat besi lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis serta kisaran harganya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa kalian jadikan gambaran ketika hendak membeli material plat besi.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Pipa PVC

Jihan
3 min read

Jenis Hebel

Jihan
3 min read

Berat Jenis Batu Pecah

Jihan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *