Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menata Rumah Kontrakan 1 Petak

Cara Menata Rumah Kontrakan 1 Petak

Cara Menata Rumah Kontrakan 1 Petak – Memiliki rumah mewah dan besar tentunya menjadi impian bagi semua keluarga. Namun, banyak orang patahsemangat ketika hendak menggapai impiannya karena terkendala oleh mahalnya harga rumah seperti di kota-kota besar.

Maka dari itu sebagian orang terutama bagi prngantin baru atau anak muda baru akan merintis karir lebih memilih untuk membuat, membangun atau bahkan menyewa rumah. Mungkin menyewa rumah kontrakan sederhana menjadi salah satu alternatif yang bisa kalian pilih.

Mencari kontrakan juga biasanya tidak sulit karena saat ini sudah tersedia cukup banyak developer yang menawarkan properti milik mereka. Terlebih lagi rumah kontrakan memiliki beragam jenis mulai dari 1 petak, 2 petak hingga 3 petak serta dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Salah satu tipe rumah kontrakan dengan penataan ruang paling sederhana di antara lainnya yaitu tipe kontrakan 1 petak. Oleh sebab itu, agar kontrakan tersebut terasa nyaman penting untuk mengetahui mengenai tata cara menata rumah kontrakan 1 petak.

Profil Rumah Kontrakan 1 Petak

Profil Rumah Kontrakan 1 Petak

Sebelum pembahasan berlanjut, sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai profil dari rumah kontrakan 1 petak. Biasanya rumah KONTRAKAN SEDERHANA ini dibangun di atas lahan seluas 24 meter persegi serta memiliki luas bangunan sekitar 21 meter persegi.

Rumah kontrakan tersebut dirancang secara selektif dan tepat guna untuk memenuhi kebutuhan penghuninya di lahan yang cukup terbatas. Meskipun demikian, jika menata ruangan dengan benar, maka kontrakan 1 petak ini mampu memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Kelebihan Rumah Kontrakan 1 Petak

Memang pada dasarnya rumah kontrakan 1 petak memiliki ukuran terbatas, namun bukan berarti hunian tersebut tidak layak huni. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan berikut akan kami berikan beberapa kelebihan dari rumah kontrakan 1 petak.

  • Harga atau biaya membangun kontrakan lebih ekonomis.
  • Mampu memanfaatkan lahan terbatas untuk dijadikan sebagai rumah tinggal.
  • Solusi sebagai rumah tinggal agar dekat dengan sekolah, kampus hingga tempat kerja.
  • Kapasitas dapat disesuaikan dengan kebijakan masing-masing pemilik rumah kontrakan petak.
  • Desain dapat disesuaikan keinginan dan kebutuhan.

Cara Menata Rumah Kontrakan 1 Petak

Seperti dijelaskan di atas, rumah kontrakan 1 petak ini memiliki luas bangunan serta lahan yang cukup terbatas. Oleh sebab itu, agar kontrakan terasa nyaman pada saat akan ditinggali, kalian harus tahu bagaimana cara penataan ruangannya. Nah, di bawah ini akan kami berikan beberapa tips dan cara menata rumah kontrakan 1 petak.

1. Simpan Barang Seperlunya

Cara Menata Rumah Kontrakan Simpan Barang Seperlunya

Langkah pertama yaitu jangan menyimpan barang-barang terlalu banyak di dalam kontrakan, simpanlah barang seperlunya saja. Mengingat rumah kontrakan hanya satu petak, maka kalin harus pintar-pintar memilih barang yang akan disimpan.

2. Simpan Barang Pada Tempatnya

Cara Menata Rumah Kontrakan Simpan Barang Pada Tempatnya

Cara selanjutnya agar kontrakan terasa nyaman dan lebih luas yaitu peletakkan atau penyimpanan barang. Tentunya penyimpanan secara terstruktur serta rapi akan terlihat makin menarik. Sebagai contoh kalian mengambil sapu dari satu tempat, maka sapu tersebut harus dikembalikan ke tempat semula.

3. Rajin Bersih-Bersih

Cara Menata Rumah Kontrakan Rajin Bersih-Bersih

Cara menata rumah kontrakan 1 petak berikutnya yaitu lakukan bersih-bersih ruangan secara rutin. Kondisi rumah kontrakan yang bersih, wangi dan sejuk tentunya akan membuat penghuninya merasa nyaman. Selain itu, bersihkan pula perabotan rumah kontrakan seperti lemari dari debu serta kotoran dengan kemoceng atau lap.

4. Dekor Ulang Ruangan

Cara Menata Rumah Kontrakan Dekor Ulang Ruangan

Mendekorasi ulang ruangan sederhana juga bisa menjadi salah satu cara menata rumah kontrakan asalkan diperbolehkan oleh pemilik kontrakan. Kalian bisa mulai mendekorasi ulang ruangan dengan mengganti warna cat dinding sesuai selera.

5. Gunakan Lampu Terang

Gunakan Lampu Terang

Biasanya ruangan remang-remang atau bahkan gelap akan terasa lebih sempit serta engap. Maka dari itu, kalian bisa menggantinya dengan lampu terang agar ruang rumah kontrakan 1 petak terasa bertambah luas dan lega.

6. Gantung Cermin Besar

Gantung Cermin Besar

Menggantung cermin besar di salah satu sudut ruangan menjadi salah satu cara menata rumah kontrakan 1 petak yang kami sarankan buat kalian. Seperti diketahui, cermin memiliki ilusi optik sehingga mampu membuat ruangannya terasa lebih besar. Namun, pastikan peletakannya pas dan tidak tampak mengganggu.

7. Tambahkan Hiasan Dinding

Tambahkan Hiasan Dinding

Penambahan hiasan pada dinding rumah kontrakan 1 petak bisa dilakukan agar ruangan terasa lebih luas. Kalian bisa menata beberapa foto-foto di lemari atau menempelkannya di dinding. Selain itu, kalian juga bisa meletakkan tanaman hias di dalam rumah agar memberikan suasana sejuk.

8. Gunakan Pintu dan Jendela Besar

Gunakan Pintu dan Jendela Besar

Mengganti pintu ataupun jendela rumah kontrakan menjadi lebih besar juga dapat menambah kesan luas rumah kontrakan 1 petak. Namun, cara ini mungkin memerlukan perizinan khusus kepada pemilik kontrakan.

9. Memasang Wallpapper

Memasang Wallpapper

Menata serta memasang wallpaper bermotif juga bisa dilakukan untuk membuat tampilan ruangan menjadi semakin luas. Selain itu, ruangan kontrakan juga akan terlihat jauh lebih indah dan cantik sehingga enak dipandang.

10. Manfaatkan Cahaya

Manfaatkan Cahaya

Pengaturan cahaya menjadi cara menata rumah kontrakan 1 petak terakhir untuk kalian lakukan. Sama halnya dengan penggunaan lampu terang, masuknya cahaya matahari ke dalam ruangan juga akan memberikan kesan luas pada kontrakan. Jadi, pastikan kalian mengatur jendela ataupun ventilasi sedemikian rupa agar cahaya dapat masuk ke dalam rumah.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penataan ruang menjadi faktor penting agar kontrakan 1 petak terasa lebih luas. Namun, proses menata ruang juga tidak boleh dilakukan asal-asalan karena bisa menyebabkan ruangan terlihat berantakan.

Itulah sekiranya penjelasan seputar cara menata rumah kontrakan 1 petak beserta kelebihannya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas bermanfaat serta bisa dijadikan gambaran ketika hendak menata ruangan di rumah kontrakan 1 petak.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *