Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Pakai Soda Api Untuk WC Mampet

Cara Pakai Soda Api Untuk WC Mampet

Cara Pakai Soda Api Untuk WC Mampet – Saluran pembuangan seperti WC yang tersumbat merupakan permasalahan yang umum terjadi. Namun, hal tersebut dapat membuat seseorang mengalami kesulitan apabila penyumbatan sudah sampai ke ujung salurannya.

Biasanya penyumbatan ini disebabkan oleh benda-benda seperti rambut, remah-remah makanan atau benda-benda lain yang tidak sengaja terbuang ke dalam saluran pembuangan. Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan dan merepotkan bagi pemilik rumah.

Mungkin salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk menangani kasus-kasus seperti ini yaitu dengan memanggil tukang ledeng. Dengan menggunakan jasa tukang tersebut, tentunya kalian harus mengeluarkan biaya sehingga akan sedikit menguras dompet.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan WC mampet, salah satunya yaitu dengan menggunakan soda api. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana tata cara pakai soda api untuk WC mampet yang praktis dan efektif.

Efek Penggunaan Soda Api

Efek Penggunaan Soda Api

Meskipun menggunakan soda api untuk membersihkan WC yang mampet ini efektif dan mudah, namun penggunaan bahan kimia tersebut juga dapat memberikan efek yang kurang baik atau bahaya pada kesehatan dan keselamatan. Karena sifatnya yang korosif, pembuangan soda api ke saluran pembuangan ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Kontak langsung dengan air soda api juga bisa menyebabkan sensasi di mata dan kulit terasa terbakar atau bahkan sampai mengalami pembengkakan. Selain itu apabila bahan tersebut sampai tertelan, bisa menyebabkan luka bakar kimiawi hingga luka pada usus besar, atau paling fatal yaitu kematian.

Oleh karena itu, ketika kalian memutuskan untuk menggunakan soda api, pastikan kalian menggunakan peralatan pelindung penuh. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak karena soda api merupakan bahan kimia yang cukup berbahaya.

Cara Pakai Soda Api Untuk WC Mampet

Setelah mengetahui efek penggunaan dari soda api, diharapkan kalian jadi bisa lebih hati-hati pada saat menggunakannya. Nah, di bawah ini akan kami jelaskan tips dan cara pakai soda api untuk WC mampet yang bisa kalian ikuti dan lakukan di rumah.

1. Pakai Alat Keselamatan

Cara Pakai Soda Api Untuk WC Mampet Pertama Pakai Alat Keselamatan

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu mengenakan alat keselamatan atau pelindung diri seperti masker, sarung tangan karet serta pelindung mata. Hal tersebut dikarenakan soda api ini dapat menyebabkan luka bakar apabila mengenai kulit kalian secara langsung.

2. Penuangan Soda Api Untuk WC Mampet

Penuangan Soda Api Untuk WC Mampet

Langkah selanjutnya yaitu mulai menuangkan soda api sedikit demi sedikit atau sekitar setengah cangkir soda api ke lubang WC. Kalian bisa menggunakan peyendok berbahan plastik untuk membantu menuangkan soda api tersebut.

3. Jangan Menambahkan Soda Api dengan Air

Pastikan kalian tidak menambahkan soda api tersebut dengan air atau cairan lainnya. Hal itu dikarenakan di dalam saluran pembuangan atau WC yang mampet tersebut sudah terdapat cairan cukup untuk memancing soda api bereaksi.

4. Biarkan Selama 10 Menit

Biarkan Selama 10 Menit

Cara pakai soda api untuk WC mampet selanjutnya ini yaitu kalian harus mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit. Nantinya soda api tersebut akan mengeluarkan reaksi seperti suara desis, panas serta gelembung-gelembung.

5. Siram dengan Air

Siram dengan Air

Setelah dibiarkan selama 10 menit, kemudian kalian siram WC yang mampet tersebut menggunakan air sebanyak-banyaknya. Pastikan kalian menyiramnya menggunakan air dingin, bukan air panas. Pasalnya, suhu air yang terlalu tinggi dapat merusak PIPA PVC pada saluran pembuangan tersebut.

Setelah semua cara pakai soda api untuk WC mampet di atas kalian lakukan, cek apakah saluran pembuangan tersebut sudah kembali lancar seperti semula? Jika belum, kalian bisa menambahkan bubuk soda api dengan takaran setengah tutup botolnya dan mengulang langkah-langkah di atas.

Manfaat Lain Soda Api

Manfaat Lain Soda Api

Selain dapat digunakan untuk mengatasi saluran pembuangan atau WC yang mampet, soda api juga bisa kalian gunakan untuk beberapa kegiatan lainnya. Berikut ini adalah manfaat lain dari soda api dalam kehidupan sehari-hari.

1. Penghilang Noda Karat

Bahan kimia ini bisa kalian gunakan untuk menghilangkan atau merontokkan karat pada PIPA BESI hingga stainless steel. Caranya yaitu dengan mengoleskan soda api secara perlahan pada bagian karat yang ingin dihilangkan menggunakan kuas.

2. Bahan Pelarut Cat

Selain untuk menghilangkan karat, soda api juga bisa kalian manfaatkan untuk bahan pelarut cat, entah itu pada benda atau kendaraan. Maksud penggunaan soda api disini yaitu untuk MENGELUPAS CAT lama yang kemudian akan dilapisi dengan warna cat baru.

3. Produksi Berbagai Macam Industri

Terakhir, soda api juga kerap digunakan sebagai bahan pembuatan produk industri non baja. Produk-produk tersebut di antaranya yaitu seperti bubur kayu, kertas tekstil, detergen, sabun dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Perlu diingat, bagi kalian yang ingin mencoba mengaplikasikan teknik mengatasi WC mampet ini dengan soda api, lakukanlah dengan hati-hati. Selain itu pada saat kalian menggunakan soda api dan tidak sengaja mengenai kulit, segeralah cuci kulit kalian di bawah air dingin yang mengalir sebanyak mungkin.

Itulah sekiranya yang dapat Epropertyrack sampaikan mengenai tata cara pakai soda api untuk WC mampet. Kami ingatkan sekali lagi, ketika menggunakan bahan kimia yang satu ini, lakukanlah dengan hati-hati serta usahakan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *