Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Harga Jasa Cat Dekoratif Per Meter 2021 (Tenaga & Material)

Harga Jasa Cat Dekoratif

Harga Jasa Cat Dekoratif – Dalam memperindah dan mempercantik ruangan di sebuah hunian, terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu melakukan pengecatan. Pasalnya, warna-warni cat di permukaan tembok atau dinding tersebut mampu menciptakan kesan tertentu.

Sebagaimana diketahui, saat ini mungkin kebanyakan orang mengecat dinding rumahnya menggunakan warna cat polos. Dimana cat tersebut diaplikasikan di seluruh permukaan tembok secara merata sehingga hasilnya tampak lebih rapi serta lebih menarik berkat adanya nuansa warna-warni.

Akan tetapi, jika kalian menginginkan tembok lebih unik dan berbeda, cobalah untuk menerapkan cat dekoratif. Teknik pengecatan dekoratif dinding pada hunian ini bisa menciptakan sebuah ruangan dengan tampilan lebih menarik, bahkan mampu memberikan kesan mewah serta elegan.

Untungnya saat ini sudah tersedia cukup banyak pekerja borongan atau kontraktor yang menawarkan jasa pengerjaan cat dinding dekoratif kepada para masyarakat. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan kisaran harga jasa cat dekoratif untuk semua jenis, baik itu dari segi tenaga kerja ataupun bahan materialnya.

Apa Itu Cat Dekoratif?

Apa Itu Cat Dekoratif

Sebelum membahas harga jasa cat dekoratif lebih lanjut, sebaiknya kenali terlebih dahulu pengertiannya. Secara sederhana, cat dekoratif ialah sebuah cat yang bisa digunakan guna memberikan sentuhan dekoratif sebagai penghias dinding ataupun permukaan-permukaan struktur lainnya.

Berbeda dengan cat dinding standar dengan kesan impersonal, cat dekoratif mampu menonjolkan keunikan serta individualitas seseorang. Dengan begitu, cat dekoratif dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri bagi yang sudah bosan dengan tampilan cat tembok biasa.

Ragam Jenis Cat Dekoratif

Ragam Jenis Cat Dekoratif

Seperti halnya dengan lukisan, cat dekoratif juga sebenarnya mempunyai jenis dan motif sangat beragam. Di bawah ini adalah beberapa jenis cat dekoratif yang kerap digunakan sebagai pelapis permukaan dinding di sebuah hunian.

  • Cat dekoratif tekstur.
  • Cat dekoratif concrete.
  • Cat dekoratif motif semen.
  • Cat dekoratif wash.
  • Cat dekoratif fresco stucco.

Keunggulan Cat Dekoratif

Keunggulan Cat Dekoratif

Seperti dijelaskan sebelumnya, pengaplikasian cat dekoratif mampu memberikan banyak pilihan baru sehingga membuat rumah terlihat lebih menarik. Sebagai bahan pertimbangan sebelum mengaplikasikannya, di bawah ini akan kami berikan beberapa kelebihan atau keunggulan cat dekoratif.

  • Menjadi opsi alternatif dari penggunaan finishing cat standar.
  • Corak, warna serta teksturnya sangat beragam sehingga bisa digunakan sebagai aksen pemanis dalam menghidupkan suasana ruangan di rumah.
  • Bisa menjadi fokus perhatian karena motif dan teksturnya sangat menonjol.
  • Cat dekoratif mampu menutup permukaan dinding tidak rata ataupun tidak mulus sehingga menjadi terlihat lebih rapi.
  • Pemakaiannya sangat fleksibel karena dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bahan pelapis dinding lainnya.

Harga Jasa Cat Dekoratif Per Meter

Harga Jasa Cat Dekoratif Per Meter

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian, ragam jenis hingga beberapa keunggulan dari cat dekoratif sebagai pelapis dinding ruangan. Selanjutnya, kalian juga harus mengerti berapa besaran harga borongan dalam jasa pengecatan dekoratif di setiap daerah.

Seperti halnya HARGA BORONGAN CAT TEKSTUR, besaran harga jasa borongan cat dekoratif per meter perseginya juga biasanya akan berbeda di masing-masing wilayah. Adanya perbedaan upah jasa borongan tersebut pastinya bisa disebabkan oleh sejumlah faktor.

Umumnya, para kontraktor atau pemborong menawarkan harga jasa cat dekoratif mulai dari Rp 120.000 sampai Rp 160.000 per meter perseginya. Dimana di dalam besaran harga jasa tersebut sudah mencakup ongkos atau upah pekerja borongan serta bahan material pengerjaan pengecatannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Biaya Cat Dekoratif

Setelah mengetahui besaran harga jasa cat dekoratif per meter perseginya, berikutnya juga akan kami jelaskan bagaimana cara menghitung total kebutuhan biaya pengerjaan pengecatannya. Sebenarnya, perhitungan kebutuhan cat dekoratif ini tidak akan jauh berbeda seperti saat MENGHITUNG HARGA BORONGAN CAT TEMBOK.

Pasalnya, nantinya kalian perlu mencari tahu luasan permukaan dinding rumah yang akan dilakukan pengecatan terlebih dahulu. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja perhatikan baik-baik cara menghitung kebutuhan biaya pengerjaan cat dekoratif di bawah ini.

Volume Pekerjaan

Volume Pekerjaan

Pertama-tama, silahkan cari tahu luasan permukaan dinding rumah yang akan dicat menggunakan cat dekoratif terlebih dahulu. Misalkan kalian akan melapisi salah satu dinding kamar dengan ukuran 4 m x 3.5 m menggunakan jasa pekerja borongan, maka tata cara menghitungnya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Panjang dinding : 4 m.
  • Tinggi dinding : 3.5 m.

Perhitungan :

  • Luas dinding : Panjang x Tinggi.
  • Luas dinding : 4 m x 3.5 m = 14 m2.

Biaya Cat Dekoratif

Biaya Cat Dekoratif

Tahap berikutnya yaitu tinggal menghitung biaya pengerjaan cat dekoratif pada dinding seluas 14 meter persegi menggunakan jasa borongan. Cara menghitungnya yaitu hanya dengan mengalikan harga jasa cat dekoratif per meter persegi dengan luas bidang pekerjaannya.

  • Biaya cat dekoratif : Harga borongan x Luas dinding.
  • Biaya cat dekoratif : Rp 120.000 x 14 m2 = Rp 1.680.000.

Dari data perhitungan di atas, total biaya yang diperlukan untuk melakukan pengerjaan cat dekoratif dinding kamar berukuran 4 m x 3.5 m menggunakan jasa borongan yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.680.000. Di dalam besaran biaya tersebut nantinya sudah mencakup ongkos jasa pekerja borongan serta pembelian bahan material cat dekoratifnya.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar besaran harga jasa cat dekoratif untuk semua jenis dilengkapi dengan perhitungan biaya pengerjaannya, baik itu dari segi upah jasa borongan hingga pembelian bahan material pengecatannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengecat dinding rumah menggunakan jasa cat dekoratif.

Harga Jasa Cat Dekoratif

IDR 120000
9.3

Harga

9.2/10

Kualitas

9.3/10

Fungsional

9.5/10

Daya Tahan

9.3/10

Garansi

9.2/10
Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Harga KalsiBoard

Jihan
3 min read

Harga Pasir

Jihan
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *