Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

√ Ukuran Rangka Plafon Hollow Semua Jenis & Keuntungannya

Ukuran Rangka Plafon Hollow

Ukuran Rangka Plafon Hollow – Sebagaimana diketahui, plafon merupakan salah satu bagian penting di dalam interior sebuah bangunan. Dimana bagian yang menutupi atap rumah tersebut berfungsi untuk mencegah cuaca panas maupun dingin masuk ke dalam rumah secara langsung.

Di samping itu, apabila atap rumah mengalami kebocoran, air hujan tidak akan langsung masuk ke dalam rumah, akan tetapi terhalangi oleh plafon terlebih dahulu. Mengingat fungsi plafon pada sebuah bangunan tergolong sangat penting, maka konstruksi tersebut harus dibangun secara kokoh.

Dimana untuk membangun plafon yang kuat sendiri dibutuhkan adanya material rangka kokoh dan disusun menggunakan perhitungan sempurna. Besi hollow menjadi salah satu jenis bahan material bangunan yang seringkali dijadikan sebagai rangka plafon karena sejumlah keunggulannya.

Nah, apabila diantara kalian berencana membangun plafon rumah menggunakan bahan material tersebut, ada baiknya cari tahu berapakah standar ukuran idealnya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai ukuran rangka plafon hollow.

Keuntungan Menggunakan Rangka Plafon Hollow

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu alasan kenapa banyak orang lebih memilih besi hollow sebagai material rangka plafon rumah yaitu karena sejumlah keunggulannya. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai standar ukuran rangka plafon hollow, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu sejumlah keuntungan penggunaannya di bawah ini.

1. Rangka Hollow Lebih Awet

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahui bahwa hollow mempunyai sifat anti rayap dan tahan terhadap hewan pengerat. Maka dari itu, besi hollow sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan plafon yang nantinya akan menyangga bagian atas rumah.

2. Pemasangan Lebih Mudah

Kemudian keuntungan menggunakan besi hollow selanjutnya yaitu proses pemasangannya mudah untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk untuk plafon rumah. Dimana proses pemasangannya sendiri hanya membutuhkan teknik penyekrupan sehingga tidak membutuhkan tukang dengan keahlian khusus.

3. Berkualitas Standar Pabrik

Perlu diketahui, ukuran serta komposisi besi hollow mempunyai standar baku buatan pabrik tersendiri sehingga kalian tidak perlu khawatir meskipun membelinya di tempat yang berbeda. Pasalnya, standar yang digunakan dalam proses pembuatannya sebenarnya sama saja.

Jenis Besi Hollow

Besi hollow merupakan salah satu jenis material bahan bangunan yang mempunyai bentuk berongga sehingga mempunyai banyak kesesuaian apabila digunakan untuk berbagai macam jenis konstruksi, termasuk plafon rumah. Namun, untuk menentukan ukuran rangka plafon hollow, tentunya kalian harus mengetahui beberapa jenis-jenisnya terlebih dahulu.

Di pasaran Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia 4 jenis besi hollow yang sering dimanfaatkan sebagai bahan material konstruksi bangunan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis besi hollow yang tersedia dan dijual bebas di pasaran Indonesia.

  1. Hollow galvanis.
  2. Hollow galvalum.
  3. Hollow hitam.
  4. Hollow gypsum.

Ukuran Rangka Plafon Hollow

Standar Ukuran Rangka Plafon Hollow

Setelah mengetahui beberapa keuntungan hingga jenis besi hollow, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa standar ukuran yang bisa digunakan untuk membangun rangka plafon. Namun, sebelum memasang kerangka plafon, kalian sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu berapa ketebalan bahan materialnya.

Pada pembahasan sebelumnya mengenai cara menghitung kebutuhan rangka plafon hollow juga sudah dijelaskan bahwa setiap jenis ketebalan material, idealnya mempunyai kegunaan berbeda-beda. Pada umumnya, kebanyakan orang menggunakan besi hollow untuk rangka plafon rumah dengan ketebalan 0.25 sampai 0.40 mm.

Pada proses pembuatan rangka plafon, nantinya besi hollow akan disusun secara vertikal dan horizontal. Dimana jarak setiap batang hollow inilah yang tergolong cukup krusial, pasalnya hal ini sangat berkaitan untuk mendukung kekokohan serta kekuatan plafon rumah.

Apabila menggunakan hollow dengan ketebalan 0.25 sampai 0.30 mm, saran kami sebaiknya gunakan ukuran jarak atar rangka sekitar 60 cm x 60 cm. Sedangkan apabila menggunakan hollow dengan ketebalan 0.30 hingga 0.35 mm, kalian bisa menyusun rangka plafon dengan ukuran 60 cm x 80 cm.

Perlu diingat, jarak antar rangka tersebut sebenarnya juga bisa dibuat menjadi lebih lebar jika menggunakan besi hollow dengan tingkat ketebalan lebih besar. Sebagai contoh apabila mengunakan besi hollow ketebalan 0.40 mm, maka ukuran rangka plafon bisa dibuat menjadi 60 cm x 120 cm.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya terdapat beberapa ukuran rangka plafon rumah yang tergolong sangat kuat apabila diaplikasikan. Maka dari itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum membangunnya, di bawah ini akan kami berikan beberapa opsi ukuran rangka plafon menggunakan besi hollow.

  • 30 cm x 30 cm.
  • 30 cm x 40 cm.
  • 40 cm x 40 cm.
  • 40 cm x 60 cm.

Harga Besi Hollow

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai ukuran standar rangka plafon rumah untuk masing-masing jenisnya. Selain harus memperhatikan tingkat kekuatan dan daya tahan rangka plafon hollow, tentunya kalian juga harus mempertimbangkan harga jualnya di pasaran.

Sebenarnya di pasaran Indonesia sendiri besaran harga besi hollow sangat bervariasi, tergantung pada ukuran serta jenisnya. Ada jenis besi hollow yang dijual dengan harga di bawah Rp 100.000-an, ada juga yang dijual dengan harga melebihi Rp 100.000.

Akhir Kata

Demikian sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar standar ukuran rangka plafon hollow untuk setiap jenis-jenis materialnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membangun rangka plafon rumah menggunakan material besi hollow.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *