Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank – Ketika hendak membangun sebuah bangunan entah itu rumah tinggal ataupun gedung perkantoran, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat bouwplank. Bouwplank dibuat setelah semua lahan konstruksi dibersihkan dan diratakan.

Tujuan dari pembuatan bouwplank yaitu untuk menentukan wilayah pekerjaan dan untuk memastikan supaya perletakan serta ukuran-ukuran bangunan seperti pondasi dapat serasi ataupun sejajar. Oleh karena itu, diperlukan adanya perhitungan dengan matang sejak awal mulai dari ukuran hingga biaya pemasangannya.

Sebagaimana diketahui, bouwplank dibangun dengan tiang pemancang dari kayu balok, papan dan benang berdasarkan tata letak hingga ukuran di denah pondasi. Umumnya, bouwplank dibuat dengan jarak satu meter di luar tempat perencanaan penggalian pondasi sebuah bangunan.

Jika kalian berencana untuk membuat bouwplank, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana tata cara menghitung biaya pemasangannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya pemasangan bouwplank mulai dari kebutuhan material hingga ongkos para pekerjanya.

Kebutuhan Bahan Pemasangan Bouwplank

Sebelum membahas cara menghitung biaya pemasangan bouwplank lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu PENGERTIAN BOUWPLANK. Bouwplank merupakan patok kayu sementara yang dibuat untuk meletakkan titik-titik as bagnunan sesuai dengan gembar denah suatu bangunan.

Di dalam proses pemasangan bouwplank, terdapat beberapa elemen penting yang harus diperhatikan, mulai dari alat dan bahan hingga para pekerja bangunannya. Adapun penjelasan dari kebutuhan bahan material pemasangan bouwplank tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan

Bahan dasar pembuatan bouwplank sebenarnya berasal dari material-material sederhana yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat. Di bawah ini adalah daftar beberapa material dalam pembuatan atau pemasangan bouwplank.

  • Kayu balok atau usuk ukuran 5/7 (kayu kelas C).
  • Paku 2″ sampai 3″.
  • Benang bangunan.
  • Kayu papan ukuran 3/20 (kayu kelas C).

Pekerja Bangunan

Pekerja Bangunan

Pada saat pekerjaan pemasangan bouwplank, tentu diperlukan adanya para pekerja bangunannya. Nantinya upah atau ongkos pekerja bangunan juga masuk ke dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) pemasangannya.

  • Pekerja.
  • Tukang kayu.
  • Kepala tukang.
  • Mandor.

Catatan : Jika pekerjaan pemasangan bouwplank dalam skala kecil, maka komponen kepala tukang dan mandor bisa dihilangkan.

Rumus Menghitung Volume Pekerjaan Bouwplank

Rumus Menghitung Volume Pekerjaan Bouwplank

Di dalam PERHITUNGAN BIAYA BANGUN RUMAH khususnya pekerjaan bouwplank, tentunya dibutuhkan rumus perhitungan agar hasilnya bisa lebih akurat. Salah satu hal yang harus diperhitungkan dengan matang yaitu mengenai volume pekerjaan pemasangannya.

Volume pemasangan bouwplank ini nantinya akan dihitung berdasarkan panjang bouwplank atau dapat dikatakan luas pekerjaan bouwplank bergantung pada panjang keliling bangunan. Berikut ini akan kami berikan rumus menghitung volume pekerjaan pemasangan bouwplank.

Keliling bangunan : Penjumlahan panjang semua sisi dan lekukan

Analisa Biaya Pemasangan Bouwplank

Analisa Biaya Pemasangan Bouwplank

Sebenarnya cara menghitung biaya pemasangan bouwplank yaitu hanya dengan menjumlahkan komponen biaya bahan serta ongkos tukang. Dimana komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen tukang dikalikan dengan estimasi upah tukang.

Biasanya biaya pemasangan bouwplank ini dihitung berdasarkan satuan per meter. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara rinci terkait analisa biaya pemasangan bouwplank mulai dari kebutuhan bahan material hingga upah para pekerja bangunannya.

Bahan Material

UraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Kayu balok 5/70.012m3Rp 6.700.000Rp 80.400
Paku 2″ – 3 “0.02kgRp 18.000Rp 360
Kayu papan 3/200.007m3Rp 6.715.000Rp 47.005
TOTALRp 127.765

Upah Pekerja

UraianKoefisienSatuanHarga SatuanJumlah Harga
Pekerja0.10OHRp 112.000Rp 11.200
Tukang Kayu0.10OHRp 115.000Rp 11.500
Kepala Tukang0.01OHRp 120.000Rp 1.200
Mandor0.005OHRp 130.000Rp 650
TOTALRp 24.550

Jadi, dari total data analisa perhitungan di atas total biaya pekerjaan pemasangan bouwplank per meternya yaitu Rp 127.765 + Rp 24.550 = Rp 152.315.

Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Tata Cara Menghitung Biaya Pemasangan Bouwplank

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian analisa biaya pemasangan bouwplank per meter mulai dari kebutuhan material hingga ongkos pekerja bangunannya. Selanjutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana tata cara menghitung biaya pemasangan bouwplank.

Sebagai contoh kalian akan membuat bouwplank pada ukuran lahan 10 m x 10 m, panjang rumah 8 meter serta lebar rumah 7 meter. Kita asumsikan bahwa bentuk rumah adalah persegi panjang tanpa lekukan, maka tata cara perhitungannya yaitu akan seperti berikut ini.

Diketahui :

  • Ukuran lahan : 10 m x 10 m.
  • Panjang rumah : 8 meter.
  • Lebar rumah : 7 meter.
  • Bentuk rumah persegi panjang tanpa lekukan.

Perhitungan :

  • Keliling bangunan : Penjumlahan semua sisi.
  • Keliling bangunan : 2 x (panjang + lebar).
  • Keliling bangunan : 2 x (8 + 7) = 30 meter.

Setelah mengetahui volume pekerjaannya, tahap selanjutnya adalah menghitung biaya pemasangan bouwplank dengan cara mengalikan keliling bangunan dengan harga per meter pemasangannya.

  • Biaya pemasangan bouwplank : Keliling bangunan x harga per meter.
  • Biaya pemasangan bouwplank : 30 m2 x Rp 152.315 = Rp 4.569.450.

Jadi, total biaya untuk pekerjaan pemasangan bouwplank per meternya yaitu sekitar Rp 4.569.450 atau dibulatkan menjadi Rp 4.600.000. Perlu diingat, biaya tersebut belum termasuk biaya lain-lain untuk berjaga-jaga apabila nantinya saat proses pembangunan mengalami hal-hal diluar perkiraan seperti HARGA PAKU naik dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya pemasangan bouwplank tergantung pada volume atau luas bidang pekerjaannya. Selain itu, harga bahan material dan ongkos pekerja juga berpengaruh terhadap besar kecilnya biaya pembangunannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara menghitung biaya pemasangan bouwplank per meter mulai dari kebutuhan material hingga upah para pekerjanya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menghitung total biaya pemasangan bouwplank.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *