Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Cara Mematikan Bunyi Token Listrik & Mengatur Batas Alarm!!

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik – Seperti diketahui, saat ini pihak PLN merekomendasikan listrik token atau prabayar kepada para masyarakat yang ingin melakukan penyambungan baru. Listrik prabayar atau token tersebut juga dikenal sebagai listrik pintar dimana untuk bisa menggunakannya maka pengguna perlu membeli atau mengisi daya listrik terlebih dahulu.

Sistem listrik token ini dinilai sangat menguntungkan bagi para pelanggan karena mereka bisa mengontrol penggunaan daya listrik setiap hari ataupun setiap bulannya. Meskipun meteran listrik token mempunyai sejumlah keunggulan, namun tetap saja bahwa sistem kelistrikan tersebut juga mempunyai beberapa kelemahan yang peru diperhatikan oleh setiap pelanggan.

Salah satu kekurangannya yaitu apabila pelanggan lupa membeli dan mengisi token, maka alarm di dalam meteran akan menyala dan berbunyi secara terus menerus dengan nyaring. Tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu, khususnya jika terjadi di malam hari. Jika mengalami hal serupa, jangan khawatir karena saat ini terdapat sebuah cara untuk mematikan suara alarm dari token listrik tersebut.

Meskipun langkah-langkah mematikan bunyi token listrik terbilang mudah dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa pelanggan mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan bunyi token listrik untuk semua merk.

Penyebab Token Listrik Bunyi

Sebelum pembahasan utama mengenai cara mematikan bunyi token listrik prabayar berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa penyebabnya. Salah satu penyebab mengapa alarm meteran listrik prabayar di rumah berbunyi yaitu karena pelanggan lupa atau terlambat melakukan pengisian pulsa atau token.

Hal ini kerap tidak disadari oleh para pengguna meteran listrik prabayar, bahkan justru mereka malah merasa kebingungan serta merasa panik jika mendengar suara bunyi token listrik habis. Memang benar jika saat ini pembelian token listrik sudah dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, salah satunya yaitu pembelian token listrik via M Banking BCA.

Selain itu, terdapat juga beberapa kasus pelanggan meteran listrik prabayar PLN kehilangan 20 digit angka token listrik yang sudah dibeli melalui mini market, entah itu karena terselip ataupun robek. Apabila mengalami hal tersebut, sebenarnya masih bisa diatasi dengan cara melihat token listrik yang sudah dibeli sebelumnya melalui berbagai macam metode, mulai dari aplikasi PLN Mobile, situs resmi PLN dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tetap saja terdapat beberapa pelanggan PLN yang sering lupa untuk membeli dan mengisi token listrik di rumah, entah itu karena sedang sibuk ataupun karena lalai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa meteran listrik token pastinya akan mengeluarkan bunyi apabila mengalami error seperti kehabisan daya atau pulsa.

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik

Cara Mematikan Bunyi Token Listrik Prabayar

Sebagai informasi tambahan, sistem listrik prabayar menggunakan meteran listrik digital yang dikenal juga sebagai bargainser. Melalui alat ini, pengguna bisa memasukkan token atau pulsa listrik prabayar dan nantinya dipakai guna untuk kebutuhan sehari-hari.

Seperti dijelaskan di atas, meskipun cara membeli serta mengisi token listrik terbilang mudah dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa pengguna mengeluhkan bahwa mereka bingung bagaimana cara melakukannya, terlebih lagi jika pengisian token listrik gagal dilakukan.

Jika mengalami masalah serupa, sebenarnya kami sudah pernah menjelaskan bagaimana cara mengatasi gagal mengisi token listrik beserta penyebabnya pada artikel sebelumnya. Dimana pengguna bisa melakukan reset meteran listrik token dengan hanya memasukkan atau menginput beberapa digit kode.

Nah, ternyata cara tersebut juga bisa dilakukan untuk mematikan bunyi listrik token karena kehabisan daya, hanya saja berbeda pada digit kode angkanya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik cara mematikan bunyi alarm listrik token di bawah ini menggunakan kode reset meteran.

  1. Datangi meteran listrik token di rumah.
  2. Kemudian ketik kode 812 pada meteran listrik token.
  3. Setelah itu teka tombol ENTER.

Perlu diketahui, cara mematikan bunyi token listrik di atas hanya berlaku untuk beberapa merk meteran listrik saja, yaitu Itron, Hexing serta Glomet. Dimana cara tersebut hanya berlaku sekitar 5 sampai 10 menit saja untuk merk Itron. Sementara untuk merk Hexing dan Glomet, cara ini dapat mematikan bunyi alarm token listrik cukup lama, yaitu sekitar 1 jam lebih.

Cara Cek Batas Bunyi Alarm Token Listrik

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, token listrik secara otomatis akan berbunyi apabila daya atau kapasitas listrik di rumah sudah mencapai batas tertentu. Dimana pengaturan standar batas bunyi alarm token listrik untuk semua daya dari PLN sendiri adalah 20 kWh.

Pada penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa alarm akan menyala atau bunyi apabila pulsa atau token listrik sudah berada ataupun di bawah standar tersebut. Untuk mengecek batas bunyi token listrik prabayar di rumah kalian, lakukan beberapa tahapan berikut ini.

  1. Datangi meteran listrik prabayar di rumah kalian.
  2. Cara selanjutnya tekan angka 79.
  3. Kemudian tekan tombol ENTER.
  4. Nantinya secara otomatis jumlah daya minimal alarm token listrik akan ditampilkan melalui layar kWh.

Cara Mengatur Batas Bunyi Alarm Token Listrik

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mematikan bunyi token listrik semua merk meteran prabayar dilengkapi cara mengecek batas minimal bunyi alarmnya. Namun, sayangnya cara tersebut hanya akan mematikan bunyi token listrik beberapa waktu saja, artinya tidak selamanya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya kalian masih bisa melakukan solusi atau alternatif lainnya, yaitu dengan mengubah batas bunyi token listrik. Tata cara melakukannya sendiri juga tergolong cukup mudah, karena pelanggan hanya perlu memasukkan beberapa kode digit pada listrik prabayar.

Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas secara lengkap cara mengatur atau mengubah batas bunyi alarm token listrik para meteran prabayar di rumah untuk semua merk.

  1. Pertama-tama, silahkan datangi meteran token listrik di rumah.
  2. Kemudian tekan sembarang tombol.
  3. Setelah itu, silahkan tekan angka 456xx (xx merupakan batas minimal daya token listrik bunyi). Sebagai contoh kalian ingin meteran listrik token bunyi ketika data sisa 5 kWh, maka tekan angka 45605.
  4. Cara selanjutnya, tekan tombol ENTER.
  5. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka alarm token listrik hanya akan bunyi jika daya sisa 5 kWh.

Sekedar informasi, sebenarnya bagi beberapa pelanggan listrik prabayar, token atau pulsa listrik sebesar 20 kWh sebenarnya masih bisa untuk bertahan hingga 2 sampai 3 hari. Namun, tentunya boros atau tidaknya daya listrik di rumah pada dasarnya tergantung pada kebutuhan penggunaannya sehingga pelanggan harus benar-benar cermat dalam mengelolanya.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa bunyi token listrik dapat dimatikan, namun hanya untuk beberapa waktu saja dan tidak selamanya. Selain itu, jika ingin listrik token di rumah hanya akan bunyi ketika daya sudah mencapai 15, 10 atau bahkan 5 kWh, maka kalian bisa mengaturnya dengan cara memasukkan beberapa digit kode pada listrik prabayar.

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara mematikan bunyi token listrik prabayar semua merk di rumah dilengkapi cara mengatur batas daya bunyi alarmnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mematikan bunyi token listrik di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.