Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Cara Mencari ID PLN dengan Nama 2022 : Online & Offline

Cara Mencari ID PLN dengan Nama

Cara Mencari ID PLN dengan Nama – Seperti diketahui, ID pelanggan atau nomor meteran PLN merupakan salah satu hal sangat penting. Dimana ID pelanggan PLN merupakan sebuah nomor yang digunakan oleh para pengguna ketika hendak membayar atau mengisi token listrik, entah itu pada listrik prabayar maupun pascabayar.

Namun sayangnya, terkadang pengguna listrik PLN seringkali lupa dengan ID pelanggan mereka, entah itu karena faktor lupa maupun karena kehilangan data rekening tagihan ataupun kartu meter PLN. Memang benar bahwa saat ini PLN sudah menghadirkan sebuah aplikasi bernama PLN Mobile yang membantu penggunanya ketika hendak melakukan pembayaran tagihan maupun pembelian token.

Akan tetapi, tidak semua pengguna listrik PLN sudah menggunakan aplikasi tersebut karena berbagai macam alasan tertentu sehingga mereka tidak memiliki data terkait ID pelanggan atau nomor meteran. Meskipun demikian, jangan khawatir karena pada dasarnya kalian masih bisa mengetahui atau melacak ID pelanggan PLN hanya dengan menggunakan nama pemiliknya saja.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya pihak PLN sendiri saat ini sudah menyediakan layanan 24 jam penuh selama 7 hari yang dapat nasabah gunakan untuk keperluan di atas. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan terkait tata cara mencari ID PLN dengan nama, entah itu secara offline ataupun online.

Syarat Mencari ID PLN dengan Nama

Seperti halnya ketika pelanggan hendak mengecek tagihan listrik bulan lalu, konsumen yang hendak mencari ID PLN dengan nama juga perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya. Tentunya syarat utama mencari nomor meteran PLN dengan nama yaitu kalian harus mengetahui nama lengkap pemilik rekening listrik tersebut.

Umumnya, nama pemilik rekening listrik pada rumah-rumah tinggal khususnya listrik golongan rumah tangga menggunakan nama kepala keluarga. Selain itu, kalian juga perlu mempersiapkan detail identitas pemilik ID PLN seperti alamat rumah, KTP dan lain sebagainya sebagai bukti untuk mencocokkan data dari pihak PLN sendiri.

Cara Mencari ID PLN dengan Nama ke Kantor

Cara Mencari ID PLN dengan Nama ke Kantor

Setelah memenuhi beberapa syarat mencari ID PLN dengan nama di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara melakukannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, saat ini pengguna listrik PLN dapat dengan mudah mengetahui ID PLN hanya menggunakan nama, entah itu secara offline maupun online.

Dimana salah satu cara paling efektif untuk melacak ID PLN menggunakan nama yaitu dengan mengunjungi kantor cabang atau rayon PLN terdekat. Adapun langkah-langkah mencari ID PLN dengan nama ke kantor cabang PLN tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  1. Kunjungi kantor cabang PLN terdekat di daerah setempat.
  2. Setelah sampai, silahkan temui petugas atau customer service PLN.
  3. Kemudian sampaikan tujuan untuk melacak ID PLN dengan nama.
  4. Nantinya kalian akan diminta untuk menyerahkan bukti identitas seperti KTP, alamat rumah dan lain sebagainya.
  5. Lalu, petugas akan segera memproses permintaan.
  6. Tunggulah beberapa saat sampai petugas memberikan informasi secara detail terkait ID pelanggan PLN atas nama pemiliknya.

Cara Mencari ID PLN dengan Nama Lewat Telepon

Cara Mencari ID PLN dengan Nama Lewat Telepon

Selain melalui offline atau mengunjungi kantor cabang PLN secara langsung, kalian juga sebenarnya masih bisa mencari ID PLN dengan nama melalui fasilitas call center. Jadi, melalui layanan panggilan telepon ini pelanggan tidak perlu repot-repot pergi keluar rumah untuk mengunjungi kantor cabang PLN.

Dimana pihak PLN mempunyai fasilitas call center yang bisa dihubungi kapan saja selama 24 jam penuh di nomor 123. Melalui layanan ini, kalian bisa menanyakan berbagai macam kebutuhan seputar listrik PLN, termasuk melacak ID PLN dengan nama. Adapun tata cara mencari ID PLN dengan nama lewat panggilan telepon tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  1. Cara pertama, lakukan panggilan telepon ke call center PLN di nomor 123. Saran kami sebaiknya tambahkan kode area sesuai alamat rumah, misalkan (024) 123 untuk kode area Semarang.
  2. Setelah tersambung, dengarkan seluruh instruksi untuk berbicara dengan layanan pelanggan dari PLN.
  3. Apabila berhasil terhubung, tanyakan ke petugas terkait pencarian ID PLN menggunakan nama penggunanya.
  4. Tunggulah beberapa saat sampai petugas menemukan informasi terkait ID pelanggan PLN.

Layanan panggilan telepon ke call center PLN akan dikenai biaya tambahan berupa tarif pemotongan pulsa sesuai provider masing-masing.

Cara Mencari ID PLN dengan Melihat Meteran

Cara Mencari ID PLN dengan Melihat Meteran

Sekedar informasi, sebenarnya kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari ID PLN menggunakan nama pemilik dengan cara mendatangi kantor PLN atau melakukan panggilan ke call center PLN. Sebab, jika ID pelanggan yang dicari adalah milik sendiri, maka pada dasarnya kalian bisa langsung melihat meteran PLN di rumah.

Hal ini dikarenakan semua meteran listrik baik itu prabayar ataupun pascabayar sudah dilengkapi dengan nomor ID pelanggan PLN. Dimana nomor ID PLN ini terdiri dari 11 atau 12 digit angka dan berada di bagian bawah layar digital meteran. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa cara ini hanya dapat digunakan apabila ID PLN merupakan milik sendiri.

Penyebab Gagal Mencari ID PLN dengan Nama

Di atas sudah dibahas secara lengkap bagaimana cara mengetahui ID PLN dengan nama, baik itu secara offline ataupun online. Meskipun langkah-langkahnya terlihat mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pengguna mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya.

Tentunya kegagalan tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu dari segi kesalahan teknis ataupun karena kelalaian pelanggan. Salah satu penyebab gagalnya mencari nomor ID pelanggan PLN yaitu karena kalian salah memberikan nama lengkap pemilik meteran listrik.

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, setiap meteran listrik dari PLN biasanya menggunakan nama kepala keluarga di bangunan tersebut. Jika memang masih belum menemukan ID PLN, sebaiknya gali informasi lebih lanjut melalui beberapa media sosial PLN berikut ini.

  • Facebook : PLN 123
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : @pln123_official
  • Email : pln123@pln.co.id

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya langkah-langkah melacak ID pelanggan PLN menggunakan nama dapat dilakukan dengan mudah, baik itu secara offline maupun online. Hanya saja kalian perlu memenuhi syarat utamanya yaitu mengetahui nama lengkap pemilik beserta beberapa dokumen identitas sebagai bukti saat pencocokan data.

Demikian sekiranya informasi dari Epropertyrack seputar cara mencari ID PLN dengan nama untuk meteran listrik prabayar serta pascabayar hingga syarat-syaratnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengetahui nomor meteran atau ID PLN hanya dengan menggunakan nama pemiliknya saja.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *