Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

10 Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli 2022 : Offline & Online

Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli

Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli – Seperti diketahui, meskipun saat ini token listrik prabayar sudah dapat dibeli secara online atau lewat aplikasi, namun ternyata masih masih terdapat juga beberapa orang yang membelinya secara konvensional. Hal tersebut bukan tanpa alasan, buktinya gerai penyedia token listrik seperti mini market dan konter saat ini masih menerima permintaan pelanggannya.

Memang benar bahwa proses pembelian token listrik secara konvensional terbilang cukup mudah dilakukan, sebab pelanggan hanya perlu menyebutkan nomor meteran atau ID pelanggan, menentukan nominal token listrik kemudian membayarnya. Nantinya nomor token listrik yang dibeli secara otomatis tercetak langsung di struk pembelian.

Namun sayangnya, karena struk pembelian token listrik di mini market atau konter hanya berupa selembar kertas, maka kemungkinan risiko kehilangan seperti terselip atau robek terbilang cukup besar. Terlebih lagi jika kalian membeli token listrik tersebut hanya untuk berjaga-jaga saja dan bukan dipakai pada saat itu juga.

Jika kalian mengalami permasalahan tersebut, jangan khawatir karena saat ini sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara cek token listrik yang sudah dibeli, baik itu secara offline maupun online.

Cara Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli

Sebagaimana diketahui, saat ini meteran listrik prabayar juga kerap disebut-sebut dengan nama Listrik Pintar. Namun, tetap saja kalian sebagai pengguna harus tetap cerdas dalam menggunakannya, termasuk saat struk token yang sudah dibeli ternyata tidak terbaca dengan jelas atau hilang.

Jika kalian mengalami permasalahan tersebut, saran kami sebaiknya tidak perlu resah dan gelisah, pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak atau mencari tahu nomor token listrik tersebut. Dimana untuk saat ini nomor token listrik prabayar sendiri biasanya terdiri dari 20 digit angka.

Seperti halnya saat mengecek tagihan listrik bulan lalu yang sudah dibayar, pengecekan token listrik yang sudah dibeli juga dapat dilakukan secara offline ataupun online. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara cek token listrik yang sudah dibeli berikut ini.

Cek Token Listrik dengan Print Ulang

Cara cek token listrik yang sudah dibeli pertama yaitu dengan mencetak atau print ulang struk bukti pembelian. Kalian hanya perlu mengunjungi tempat pembelian token listrik dan meminta petugas untuk mencetak ulang struk yang berisikan 20 digit angka.

Hal ini pastinya dapat dilakukan karena setiap penjual umumnya mempunyai history atau riwayat transaksi dari setiap pelanggannya. Ketika hendak mengunjungi tempat pembelian token listrik tersebut, kalian juga perlu mempersiapkan nomor meteran atau ID pelanggan listrik prabayar.

Cek Token Listrik Lewat PLN Mobile

Cara cek token listrik yang sudah dibeli selanjutnya dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi PLN Mobile sendiri sudah dapat kalian unduh secara gratis di Play Store untuk Android ataupun App Store untuk iOS. Agar lebih jelasnya, simak baik-baik cara mengecek sisa token listrik yang sudah dibeli lewat aplikasi berikut ini.

1. Buka Aplikasi PLN Mobile

Buka Aplikasi PLN Mobile

Langkah pertama, silahkan download aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu di smartphone kalian.. Apabila sudah berhasil terunduh, silahkan buka dan jalankan PLN Mobile.

2. Tambahkan ID Pelanggan PLN

Tambahkan ID Pelanggan PLN

Setelah berhasil masuk ke halaman utama PLN Mobile, nantinya kalian akan disuguhkan beberapa fitur. Untuk melanjutkan langkah-langkahnya, silahkan tambahkan ID pelanggan listrik prabayar kalian. Silahkan isi secara lengkap mulai dari nomor meteran, nama konsumen dan lain sebagainya.

3. Pilih ID Pelanggan

Pilih ID Pelanggan

Jika berhasil menambahkan ID pelanggan, nantinya akan muncul keterangan data pelanggan atau konsumen. Cara selanjutnya, silahkan pilih ID pelanggan dan ketuk Selengkapnya.

4. Ketuk Riwayat Pembelian Token

Ketuk Riwayat Pembelian Token

Pada tahap ini, kalian akan disuguhkan kembali beberapa informasi mengenai ID meteran listrik prabayar. Lalu, silahkan ketuk opsi Riwayat Pembelian Token.

5. Cek Token Listrik

Cek Token Listrik

Kemudian akan muncul kembali daftar token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya. Silahkan pilih salah satu token listrik tersebut. Terakhir akan muncul riwayat pembelian beserta nomor token atau stroom pelanggan.

Cek Token Listrik Lewat Situs Resmi

Selain menghadirkan sebuah aplikasi, pihak PLN juga memberikan sebuah kemudahan bagi para konsumen ketika ingin mengecek token listrik yang sudah dibeli secara online, yaitu melalui situs atau website resminya. Tata cara mengeceknya juga sebenarnya tergolong mudah dilakukan. Adapun cara cek token listrik yang sudah dibeli lewat situs resmi PLN tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

1. Akses Situs Resmi PLN

Akses Situs Resmi PLN

Pertama-tama, silahkan kunjungi situs resmi pengecekan token listrik prabayar melalui situs resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/informasi-tagihan-listrik-pembelian-token-pln. Website tersebut dapat diakses baik itu di perangkat smartphone, laptop ataupun komputer, asalkan memiliki koneksi jaringan internet lancar.

2. Login Akun

Login Akun

Apabila sudah masuk ke situs tersebut, selanjutnya kalian akan diminta untuk login akun pelanggan dengan cara memasukkan alamat email serta password. Jika belum memiliki akun, silahkan buat terlebih dahulu dengan menekan tombol Daftar Akun.

3. Cek Daftar Token Listrik

Cek Daftar Token Listrik

Setelah berhasil masuk ke akun pengguna, nantinya akan muncul beberapa data informasi listrik token milik pelanggan, termasuk riwayat transaksi hingga nomor token listrik yang sudah pernah dibeli. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara cek token listrik yang sudah dibeli berhasil dilakukan.

Cek Token Listrik Lewat Panggilan Telepon

Cek Token Listrik Lewat Panggilan Telepon

Jika memang cara-cara di atas tidak berhasil dilakukan, jangan khawatir karena masih ada solusi lainnya, yaitu menghubungi call center PLN melalui panggilan telepon ke nomor 123. Sebab, fasilitas atau layanan tersebut dapat digunakan oleh seluruh pelanggan selama 24 jam penuh setiap hari, termasuk untuk mengecek token listrik.

Namun, ketika memutuskan menghubungi PLN melalui panggilan telepon, pastikan kalian memiliki pulsa operator lebih dari cukup. Sebab, layanan ini akan membebankan pengguna biaya berupa tarif pemotongan pulsa sesuai dengan provider yang digunakan.

Cek Token Listrik via Email

Cek Token Listrik via Email

Cara terakhir untuk cek token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya yaitu menghubungi pihak PLN melalui email di alamat pln123@pln.co.id. Silahkan kirimkan pesan email dengan format isi subjek “Cek History Pembelian Token” kemudian jelaskan permasalahannya.

Perlu diingat bahwa ketika melakukan pengecekan token listrik melalui email, biasanya balasan dari pihak PLN tidak terlalu cepat sehingga kalian harus menunggu beberapa waktu. Namun, keuntungannya layanan ini tidak akan membebankan biaya, sebab hanya membutuhkan kuota data internet saja.

Penyebab Gagal Cek Token Listrik yang Sudah Dibeli

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara cek token listrik yang sudah dibeli baik itu secara offline maupun online. Meskipun cara di atas terbilang mudah dilakukan, namun masih ada sebagian pelanggan di luar sana mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya.

Nah, supaya terhindar dari kegagalan pengecekan token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya, ada baiknya pahami sejumlah penyebabnya berikut ini.

  • Koneksi jaringan internet buruk atau tidak stabil.
  • Pengguna salah memasukkan ID pelanggan.
  • Aplikasi PLN Mobile sedang dalam masa perawatan.
  • Belum update aplikasi PLN Mobile.
  • Server PLN sedang mengalami gangguan.

Akhir Kata

Itulah sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara cek token listrik yang sudah pernah dibeli sebelumnya, entah itu secara offline maupun online. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak mengecek token listrik prabayar yang hilang.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.