Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

MCB Meteran Listrik Rusak 2022 : Ciri, Penyebab & Cara Mengatasi

MCB Meteran Listrik Rusak

MCB Meteran Listrik Rusak – Di dalam proses penyambungan listrik baru pada sebuah bangunan, tentunya pihak PLN akan melakukan pemasangan beberapa komponen. Salah satu komponen sistem kelistrikan dari PLN yang memiliki peran dan fungsi cukup penting yaitu Miniature Circuit Breaker atau biasa disebut dengan MCB.

Dimana komponen MCB pada kelistrikan di sebuah bangunan sendiri berfungsi sebagai sistem proteksi, atau juga bisa dikatakan sebagai saklar di meteran listrik apabila terjadi beban berlebih dan korsleting. Biasanya MCB terdapat pada meteran listrik yang berada di dalam serta luar bangunan.

Jika salah satu komponen pada sistem kelistrikan tersebut mengalami kerusakan, maka bisa berakibat buruk pada instalasinya, seperti menimbulkan korsleting listrik yang dapat menyebabkan kebakaran. Maka dari itu, apabila MCB meteran listrik di rumah mengalami masalah, ada baiknya segera laporkan kepada pihak PLN.

Akan tetapi, masih ada sebagian pelanggan di luar sana belum mengetahui apa saja ciri-ciri serta penyebab komponen sistem kelistrikan tersebut rusak. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai MCB meteran listrik rusak, baik itu dari segi ciri-ciri hingga penyebab permasalahannya.

Apa Itu MCB Meteran Listrik?

Sebelum pembahasan utama mengenai ciri hingga penyebab MCB meteran listrik di rumah rusak, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Dimana MCB ialah sebuah saklar kelistrikan otomatis yang dirancang guna melindungi sistem kelistrikan, mulai dari beban, kabel instalasi sampai penghantar dari kerusakan.

Umumnya, pada instalasi listrik rumah-rumah tinggal komponen MCB terpasang di dalam meteran listrik PLN serta di dalam box MCB dalam bangunan. Seperti dijelaskan sebelumnya, kegagalan fungsi MCB meteran listrik akan berisiko menimbulkan korsleting atau hubungan arus pendek sehingga dapat menyebabkan kebakaran.

Ciri MCB Meteran Listrik Rusak

Ciri MCB Meteran Listrik Rusak

Kerusakan MCB meteran listrik sebenarnya dapat ditandai dengan sejumlah gejala. Pada intinya, MCB meteran listrik rusak bisa dikenali melalui kinerjanya saat digunakan. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik ciri MCB meteran listrik di rumah mengalami kerusakan berikut ini.

1. MCB Tidak Mati Secara Otomatis Saat Terjadi Korsleting

Kerusakan pada instalasi listrik di rumah dapat terjadi karena disebabkan oleh sejumlah hal, seperti arus pendek, daya berlebih hingga adanya kerusakan pada kabel. Pada kondisi tersebut, MCB akan mati secara otomatis sebagai peringatan pertama. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh MCB meteran listrik rusak karena kemampuannya semakin melemah.

2. MCB Sulit Dinormalkan Kembali

Ciri kerusakan MCB meteran listrik selanjutnya yaitu sulit untuk dihidupkan atau dinyalakan ulang meskipun kerusakan di bagian kelistrikan lainnya sudah diperbaiki. Ciri tersebut menunjukan bahwa MCB meteran listrik telah mengalami penurunan kerja. Tidak hanya ketika terjadi korsleting saja, namun MCB sulit dinyalakan kembali juga bisa terjadi saat kelebihan beban arus listrik.

3. MCB Meteran Listrik Cepat Panas

Ciri MCB Meteran listrik rusak terakhir yaitu komponen tersebut menjadi cepat panas serta berpotensi terbakar karena kelebihan beban dari seharusnya. Pasalnya, perangkat berkualitas buruk umumnya tidak tahan lama dan berpotensi cepat rusak apabila mengalami sebuah permasalahan.

Penyebab MCB Meteran Listrik Rusak

Penyebab MCB Meteran Listrik Rusak

Setelah mengetahui ciri-ciri kerusakan MCB meteran listrik, selanjutnya kalian juga harus mengerti apa saja faktor penyebabnya. Secara garis besar, biasanya MCB meteran listrik rusak disebabkan karena memang komponen tersebut sudah mulai melemah karena termakan usia.

Meskipun penggunaan atau pemakaian peralatan listrik di dalam rumah normal serta tidak melebihi batas, namun apabila MCB melemah maka meteran akan sering anjlok sehingga menyebabkan pemadaman. Hal inilah yang harus diwaspadai oleh pelanggan karena bisa menyebabkan korsleting atau hubungan arus pendek pada sistem kelistrikannya.

Cara Mengatasi MCB Listrik Rusak

Cara Mengatasi MCB Listrik Rusak

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap apa saja ciri hingga penyebab kerusakan MCB meteran listrik. Jika permasalahan kerusakan MCB meteran listrik di rumah sudah lumayan parah, maka sebaiknya segera lakukan langkah atau tindakan penanganannya agar nantinya sistem kelistrikan bisa normal kembali.

Mungkin salah satu cara untuk mengatasi MCB meteran listrik rusak yaitu mengganti komponennya dengan yang baru. Dimana penggantian MCB meteran listrik ini bisa dilakukan oleh pengguna dengan cara mengajukan permohonan kepada pihak PLN, baik itu secara offline maupun online.

Pelanggan bisa melakukan pengajuan permohonan penggantian MCB meteran listrik rusak melalui kantor cabang atau rayon PLN setempat, panggilan ke call center PLN di 123 ataupun melalui sosial media resmi PLN. Adapun syarat pengajuan permohonan penggantian MCB meteran listrik kepada pihak PLN tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Nama pelanggan.
  • KTP pelanggan.
  • Nomor meteran atau ID pelanggan.
  • Alamat lengkap bangunan.
  • Nomor HP atau alamat email aktif.

Apabila semua syarat pengajuan penggantian MCB meteran listrik di atas sudah terpenuhi, silahkan segera hubungi pihak PLN. Nantinya pihak PLN akan segera mengirimkan petugas ataupun teknisi guna mengecek serta memperbaiki kerusakan pada MCB meteran listrik di rumah konsumennya.

Biaya Ganti MCB Listrik PLN

Keuntungan melakukan penggantian MCB meteran listrik yaitu pelanggan tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Akan tetapi, perlu diingat bahwa layanan gratis penggantian MCB meteran listrik ini hanya bisa didapatkan jika komponen mengalami kerusakan karena sudah termakan usia pakainya.

Selain itu, proses penggantian MCB meteran listrik juga harus dilakukan oleh petugas PLN secara resmi, dengan artian tidak boleh dilakukan oleh teknisi abal-abal. Hal tersebut juga tidak hanya berlaku untuk layanan penggantian MCB meteran listrik rusak saja, namun juga berlaku ketika pelanggan mengajukan permohonan ganti meteran listrik ke token.

Denda Ganti MCB Meteran Listrik Ilegal

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, proses penggantian MCB meteran listrik harus dilakukan oleh petugas PLN secara resmi. Jika proses penggantian komponen sistem tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan PLN, maka biasanya pelanggan akan dikenai sanksi atas kesalahannya.

Biasanya pihak PLN akan memberikan sanksi berupa pemutusan sambungan sementara sistem kelistrikan di rumah konsumennya. Selain itu, pelanggan juga diharuskan membayar sejumlah uang guna melunasi denda penggantian MCB meteran listrik rusak secara ilegal tanpa sepengetahuan PLN.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kerusakan MCB meteran listrik di rumah bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, entah itu karena termakan usia ataupun karena kesalahan penggunaannya. Selain itu, salah satu cara untuk mengatasinya sendiri yaitu dengan melakukan pengajuan penggantian baru MCB meteran listrik ke pihak PLN.

Itulah sekiranya pembahasan seputar MCB meteran listrik rusak mulai dari ciri, penyebab hingga cara mengatasinya versi Epropertyrack. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika mengalami masalah terkait kerusakan MCB meteran listrik di rumah.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.