Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

7 Cara Beli Token Listrik Lewat M Banking BCA 2022 : Syarat & Biaya

Cara Beli Token Listrik Lewat M Banking BCA

Cara Beli Token Listrik Lewat M Banking BCA – Seiring berjalannya waktu, PLN sebagai perusahaan penyedia energi listrik di Indonesia semakin memudahkan pelanggan dalam berbagi macam hal. Tidak hanya seputar penyambungan atau pemasangan listrik baru saja, akan tetapi proses pembayaran tagihan ataupun pembelian token listrik juga sudah dapat dilakukan dengan mudah.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya PLN sudah menyediakan berbagai macam fasilitas atau layanan yang dapat konsumen gunakan untuk pembelian token listrik, mulai dari konvensional hingga digital. Mungkin teknologi digital milik perbankan kini menjadi favorit sebagian besar pelanggan karena mereka tidak perlu repot-repot pergi ke luar rumah ketika ingin membeli stroom ataupun token listrik prabayar.

Salah satu satu fasilitas perbankan yang sudah bekerja sama dengan pihak PLN dalam menghadirkan sebuah layanan pembelian token listrik yaitu Mobile Banking BCA atau BCA Mobile. Dimana pengguna meteran listrik prabayar sekaligus nasabah bank BCA dapat dengan mudah membeli pulsa atau token listrik melalui layanan mobile banking.

Akan tetapi, masih ada beberapa konsumen merasa bingung terkait langkah-langkah membeli pulsa listrik melalui fasilitas M Banking BCA. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana cara beli token listrik lewat M Banking BCA dilengkapi syarat beserta ketentuannya.

Syarat Beli Pulsa Listrik Lewat M Banking BCA

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketika pelanggan PLN sekaligus nasabah bank BCA ingin membeli token listrik melalui layanan M Banking BCA, tentunya mereka perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan. Nah, sebelum membahas poin utama mengenai cara beli token listrik lewat M Banking BCA berlanjut, ada baiknya pahami beberapa syarat serta ketentuannya di bawah ini.

  • Mempunyai aplikasi M Banking BCA versi terbaru.
  • Memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil.
  • Mempunyai saldo di dalam rekening BCA.
  • Mempersiapkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik prabayar,

Cara Beli Token Listrik Lewat M Banking BCA

Apabila kalian sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan pembelian pulsa listrik prabayar lewat M Banking BCA di atas, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana langkah-langkahnya. Agar lebih jelasnya, di bawah ini adalah tata cara beli token listrik lewat M Banking BCA.

1. Buka M Banking BCA

Buka M Banking BCA

Langkah pertama, silahkan buka aplikasi M Banking BCA di smartphone kalian. Sebelum melanjutkan tahapan-tahapannya, pastikan koneksi jaringan internet di perangkat dalam kondisi stabil serta lancar. Kemudian masuk ke menu m-BCA dengan memasukkan kode akses.

2. Masuk Menu m-Commerce

Masuk Menu m-Commerce

Setelah berhasil masuk ke menu m-BCA, nantinya kalian akan disuguhkan beberapa fitur dari M Banking BCA mulai dari m-Info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce dan lain sebagainya. Cara selanjutnya, silahkan pilihlah menu m-Commerce.

3. Pilih PLN Prabayar

Pilih PLN Prabayar

Lalu apabila sudah masuk ke menu m-Commerce, kalian akan diberikan beberapa pilihan terkait fitur tersebut. Karena disini kalian akan membeli token listrik prabayar, maka pilihlah PLN Prabayar.

4. Masukkan ID Pelanggan

Masukkan ID Pelanggan

Langkah selanjutnya, masukkan ID pelanggan pada kolom No Meter/IDPEL. Pastikan kalian memasukkan nomor meteran atau ID pelanggan tersebut dengan benar tanpa kekurangan angka satupun. Biasanya ID pelanggan listrik prabayar terdiri dari 11 maupun 12 digit angka. Jika sudah, klik ikon Send di bagian pojok kanan atas layar.

5. Tentukan Nominal Token Listrik

Tentukan Nominal Token Listrik

Setelah itu secara otomatis akan muncul data pemilik nomor meteran listrik beserta nama pelanggannya. Kemudian cara berikutnya yaitu tentukan nominal pembelian token listrik di M Banking BCA. Nantinya kalian akan diberikan beberapa pilihan besaran pulsa listrik dan pilihlah salah satu.

6. Periksa Detail Transaksi

Periksa Detail Transaksi

Jika kalian sudah memilih nominal pembelian token listrik di M Banking BCA, maka nantinya akan keluar detail transaksi pelanggan. Untuk melanjutkannya, silahkan klik OK.

7. Input PIN M Banking BCA

Input PIN M Banking BCA

Terakhir, masukkan PIN M Banking BCA kalian dengan benar. Tunggulah beberapa saat sampai kalian mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan mengenai 20 digit token listrik prabayar. Apabila sudah sampai pada tahap ini, maka cara beli token listrik lewat M Banking BCA berhasil dilakukan.

Biaya Admin Beli Token Listrik Lewat BCA Mobile

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara beli token listrik lewat M Banking BCA, entah itu di Android ataupun iOS. Perlu diketahui bahwa setiap transaksi pembelian pulsa listrik prabayar di M Banking BCA tersebut nantinya akan dikenai biaya administrasi tambahan.

Dimana untuk besaran biaya admin beli token listrik melalui fasilitas M Banking BCA sendiri yaitu sebesar Rp 2.500 per transaksinya. Jadi, semisal kalian membeli token atau pulsa listrik sebesar Rp 20.000, maka nantinya saldo di rekening BCA akan terpotong sebanyak Rp 22.500.

Nominal Token Listrik di M Banking BCA

Meskipun cara beli token listrik via Mobile Banking BCA terbilang sangat efisien karena pelanggan tidak perlu repot-repot keluar rumah, namun tetap saja bahwa layanan tersebut memiliki sedikit kekurangan. Adapun kekurangan beli pulsa listrik di BCA Mobile yaitu seperti tidak dapat digunakan untuk mengecek token listrik yang sudah dibeli serta adanya keterbatasan nominal transaksi.

Berbeda halnya dengan pembelian token listrik di minimarket ataupun konter, sebab di tempat tersebut konsumen dapat dengan bebas menentukan nominal pembelian pulsa atau token listriknya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah nominal token listrik di M Banking BCA.

  • Rp 20.000.
  • Rp 50.000.
  • Rp 100.000.
  • Rp 200.000.
  • Rp 500.000.
  • Rp 1.000.000.
  • Rp 5.000.000.
  • Rp 10.000.000.

Penyebab Gagal Beli Token Listrik di BCA Mobile

Mungkin bagi pengguna lama M Banking BCA sudah benar-benar paham mengenai cara beli token ataupun pulsa listrik. Namun, bagi nasabah terbilang baru menggunakan fasilitas tersebut mungkin akan merasa sedikit kebingungan, bahkan ada yang mengalami kegagalan.

Dimana biasanya kegagalan pembelian token listrik di M Banking BCA tersebut dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari kesalahan server ataupun karena kelalaian pengguna. Maka dari itu, supaya terhindar dari kegagalan beli token listrik lewat M Banking BCA, ada baiknya pahami beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • Koneksi jaringan internet buruk atau tidak stabil.
  • Nasabah belum update aplikasi M Banking BCA ke versi terbarunya.
  • Saldo tidak mencukupi melakukan pembelian token listrik.
  • Server M Banking BCA sedang dalam masa perawatan (maintenance).
  • Pengguna salah memasukkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik prabayar.
  • Pengguna salah memasukkan PIN M Banking BCA.
  • Aplikasi M Banking BCA mengalami permasalahan di perangkat (crash).

Akhir Kata

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelian token listrik melalui M Banking BCA terbilang mudah dilakukan, asalkan memiliki koneksi jaringan internet lancar dan stabil. Akan tetapi, tentunya nasabah BCA juga harus mempunyai saldo lebih dari cukup ketika ingin membeli pulsa listrik lewat fasilitas mobile banking.

Demikian sekiranya informasi dari Epropertyrack seputar cara beli token listrik lewat M Banking BCA dilengkapi dengan syarat beserta ketentuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin membeli token listrik melalui fasilitas Mobile Banking BCA.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *