Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

5 Cara Cek Status Permohonan PLN via Online 2022

Cara Cek Status Permohonan PLN

Cara Cek Status Permohonan PLN – PLN sebagai perusahaan penyedia energi listrik di Indonesia semakin memudahkan pelanggannya dalam melakukan berbagai macam hal, mulai dari pemasangan listrik baru, pembayaran tagihan, pengaduan masalah dan lain sebagainya. Selain itu, saat ini pihak PLN sendiri sudah menyediakan sebuah layanan yang dapat pelanggan gunakan untuk mengecek status permohonan atas suatu pengajuan.

Dimana permohonan kepada pihak PLN tersebut dapat berupa pemasangan listrik baru, penambahan daya, sambungan sementara atau pengajuan kegiatan lainnya. Tentunya setiap pelanggan PLN perlu melakukan pengecekan status permohonan dengan tujuan agar mereka nantinya mengetahui sudah sejauh mana proses permohonan tersebut diproses.

Berbicara mengenai pemeriksaan status permohonan PLN, saat ini sebenarnya kegiatan tersebut sudah bisa dilakukan dengan mudah oleh pelanggan, bahkan sudah bisa dilakukan secara online. Namun, masih ada sebagian pelanggan PLN di luar sana merasa kebingungan bagaimana langkah-langkah memeriksa status permohonan PLN secara online tersebut.

Maka dari itu, apabila kalian berencana mengecek status permohonan PLN untuk beberapa jenis pengajuan, ada baiknya pahami terlebih dahulu bagaimana tata cara melakukannya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara cek status permohonan PLN secara online untuk semua jenis pengajuan, entah itu lewat HP, laptop ataupun komputer.

Syarat Cek Status Permohonan PLN

Sebelum pembahasan poin utama mengenai cara cek status permohonan PLN berlanjut, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Biasanya syarat dan ketentuan tersebut juga akan berlaku ketika pelanggan ingin mengecek tagihan bulan lalu yang sudah di bayar.

Seperti dijelaskan sebelumnya, umumnya pemeriksaan status permohonan PLN ini sangat diperlukan bagi pelanggan yang sedang mengajukan pemasangan baru atau penambahan daya listrik. Sebab, di dalam layanan tersebut tertera informasi terbaru terkait proses permohonan pelanggan terhadap pihak PLN.

Untungnya saat ini pengecekan status permohonan PLN sudah bisa dilakukan secara online sehingga konsumen tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah untuk mengunjungi kantor cabangnya. Adapun syarat cek status permohonan PLN secara online tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Mempersiapkan nomor agenda permohonan.
  • Mempersiapkan nomor register permohonan.
  • Mempersiapkan kode booking permohonan.
  • Mengetahui tanggal permohonan.
  • Mempersiapkan ID pelanggan PLN.
  • Mempersiapkan identitas diri seperti nama serta alamat email.

Cara Cek Status Permohonan PLN

Sebagaimana diketahui, berkat adanya layanan online dari PLN semakin memudahkan konsumen dalam melakukan beragam kegiatan, termasuk mengecek status permohonan. Tidak hanya itu saja, di beberapa kasus layanan online dari PLN tersebut juga sebenarnya sudah bisa dimanfaatkan untuk mencari ID pelanggan dengan nama.

Agar lebih jelasnya, tanpa berlama-lama lagi langsung saja perhatikan baik-baik tata cara cek status permohonan PLN secara online berikut ini, entah itu lewat HP, laptop maupun komputer/PC.

Cek Status Lewat Website PLN

Cara cek status permohonan PLN pertama yaitu dilakukan melalui situs atau website resminya. Pasalnya, saat ini situs resmi PLN sudah menyediakan layanan pengaduan pelanggan untuk status permohonan. Berikut adalah tata cara cek status permohonan PLN lewat situs resminya.

1. Buka Situs Resmi PLN

Buka Situs Resmi PLN

Langkah pertama, silahkan buka situs resmi PLN di https://layanan.pln.co.id/ melalui smartphone, laptop ataupun komputer. Setelah berhasil masuk ke situs resmi PLN tersebut, silahkan tekan menu Info Lainnya di bagian kanan atas layar.

2. Masuk Menu Status Permohonan

Masuk Menu Status Permohonan

Kemudian akan muncul beberapa opsi terkait pelayanan PLN terhadap pelanggannya. Cara selanjutnya, silahkan pilihlah opsi Status Permohonan.

3. Isi Data Permohonan PLN

Isi Data Permohonan PLN

Selanjutnya, silahkan isi data permohonan PLN mulai dari no agenda, no register, kode booking, tanggal permohonan dan lain sebagainya. Jika semua data sudah terisi, nantinya secara otomatis status data permohonan pelanggan PLN akan muncul.

Cek Status Lewat PLN Mobile

Cara cek status permohonan PLN selanjutnya yaitu dapat dilakukan melalui sebuah telepon pintar, yaitu PLN Mobile. Tidak hanya di smartphone Android saja, PLN Mobile juga sudah bisa diunduh secara gratis bagi pengguna iOS di App Store. Ketika ingin menggunakan layanan tersebut, pastinya kalian harus membuat dan mendaftar akun terlebih dahulu,

Biasanya pendaftaran akun baru PLN Mobile dapat dilakukan baik itu menggunakan nomor HP ataupun alamat email. Setelah berhasil mendaftar dan membuat akun baru di aplikasi PLN Mobile, kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek status permohonan PLN.

1. Buka Aplikasi PLN Mobile

Buka Aplikasi PLN Mobile

Cara pertama, silahkan buka dan jalankan aplikasi PLN Mobile di smartphone kalian. Sebelum melanjutkan langkah-langkahnya, pastikan bahwa koneksi jaringan internet di perangkat dalam kondisi stabil serta lancar.

2. Masuk Menu Profil

Masuk Menu Profil

Apabila berhasil masuk ke halaman beranda aplikasi PLN Mobile, nantinya kalian akan disuguhkan berbagai macam fitur, mulai dari Kelistrikan, Internet dan lain sebagainya. Kemudian untuk melanjutkannya, silahkan masuk ke menu Profil di bagian kanan bawah layar.

3. Pilih Opsi Daftar Riwayat

Pilih Opsi Daftar Riwayat

Setelah itu akan muncul kembali beberapa fitur di dalam PLN Mobile. Cara berikutnya, pilihlah opsi Daftar Riwayat.

4. Ketuk Permohonan

Ketuk Permohonan

Karena disini kalian akan mengecek status permohonan kepada PLN, maka ketuk Permohonan. Nantinya secara otomatis akan muncul informasi atau status permohonan konsumen kepada pihak PLN sesuai jenisnya.

Cek Status Lewat Call Center

Selain melalui beberapa fasilitas di atas, pengecekan status permohonan PLN juga saat ini bisa dilakukan dengan cara melakukan panggilan telepon ke customer service di nomor 123. Keuntungan layanan customer service atau call center PLN yaitu sudah tersedia selama 24 jam penuh dalam melayani konsumennya.

Meskipun demikian, kekurangan cek status permohonan lewat call center PLN yaitu membebankan pelanggan biaya berupa pemotongan pulsa. Dimana besaran biaya pemotongan pulsa tersebut tergantung pada jenis provider atau operator yang pelanggan gunakan.

Cek Status Lewat Email

Apabila cara-cara cek status permohonan PLN di atas belum berhasil dilakukan, jangan khawatir karena masih ada cara lainnya, salah satunya yaitu melalui email. Pelanggan bisa melakukan pengecekan status permohonan PLN dengan mengirim email ke pln123@pln.co.id. Adapun format pengiriman email ke PLN terkait status permohonan sendiri yaitu menyertakan nomor register, kode booking serta ID pelanggan.

Cek Status Lewat Media Sosial

Cara cek status permohonan PLN terakhir yaitu melalui media sosial seperti Facebook serta Twitter. Layan ini dapat kalian manfaatkan untuk mengecek status permohonan PLN, hanya saja biasanya responnya akan sedikit lebih lambat ketimbang fasilitas call center ataupun email. Berikut adalah daftar media sosial resmi milik PLN.

  • Facebook : PLN 123.
  • Twitter : @pln_123.
  • Instagram : @pln_id.

Sementara cek status permohonan PLN lewat media sosial tersebut yaitu seperti berikut ini.

  1. Buka media sosial resmi PLN, misalkan Instagram.
  2. Kemudian sampaikan permintaan pengecekan status permohonan melalui Direct Message (DM).
  3. Saat menyampaikan permintaan melalui DM Instagram, jangan lupa sertakan nomor register, ID pelanggan serta kode booking permohonan PLN.
  4. Tunggulah sampai admin media sosial resmi PLN tersebut membalas.

Penyebab Gagal Cek Status Permohonan PLN

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap bagaimana cara cek status permohonan PLN secara online, baik itu melalui HP, laptop ataupun komputer. Walaupun langkah-langkahnya tergolong mudah, namun masih ada saja sebagian konsumen mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya. Supaya terhindar dari kegagalan tersebut, ada baiknya pahami sejumlah penyebabnya di bawah ini.

  • Koneksi jaringan internet di perangkat buruk atau tidak stabil.
  • Server PLN sedang dalam gangguan.
  • Aplikasi PLN Mobile sedang dalam masa perawatan atau maintenance.
  • Pengguna salah memasukkan no register, no agenda ataupun kode booking.

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengecekan status permohonan PLN entah itu pemasangan baru, penambahan daya dan lain sebagainya sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online. Akan tetapi, supaya informasi status permohonan PLN tersebut bisa muncul, maka pelanggan perlu mempersiapkan sejumlah hal seperti no agenda, no register ataupun kode booking.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar cara cek status permohonan PLN secara online dilengkapi syarat hingga ketentuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mengecek informasi status permohonan PLN.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.