Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt – Setelah selesai membangun rumah, hal penting lainnya yang tidak boleh terlewatkan yaitu memasang instalasi listrik untuk rumah baru. Pasalnya, saat ini listrik memang sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) sendiri selaku penyedia listrik di Indonesia menyediakan beragam kapasitas daya untuk masyarakat luas, salah satunya yaitu listrik 1300 Watt. Dimana listrik dengan daya 1300 Watt tersebut merupakan kapasitas standar untuk kebutuhan rumah tangga.

Jika kalian berniat untuk memasang listrik 1300 Watt atau 1300 VA di rumah, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja persyaratannya serta bagaimana tata cara pengajuannya. Membayar biaya pemasangan juga termasuk ke dalam syarat utama pemasangan listrik di rumah.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui berapa besaran biaya instalasi listrik kapasitas 1300 Watt mulai dari biaya penyambungan hingga biaya pembelian token perdana. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya pasang listrik 1300 Watt, baik itu listrik prabayar maupun pascabayar.

Syarat Pasang Listrik 1300 Watt

Syarat Pasang Listrik 1300 Watt

Seperti dijelaskan di atas, ketika hendak memasang baru listrik 1300 Watt, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Biasanya syarat pemasangan listrik daya 1300 Watt juga tidak jauh berbeda seperti SYARAT MEMASANG LISTRIK BISNIS. Adapun beberapa syarat beserta ketentuan pemasangan listrik 1300 Watt tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Bersedia membayar Biaya penyambungan (BP), Uang Jaminan Langganan (UJL) serta biaya materai.
  • Membeli token listrik atau stroom perdana minimal Rp 5.000 bagi layanan listrik prabayar.
  • Menyediakan tempat pemasangan alat pengukur serta pembatas (AAP) dan instalasi PLN seperti tiang listrik, penghantar hingga gardu jika diperlukan oleh PLN.
  • Sudah menyelesaikan kewajibannya kepada pihak PLN jika di lokasi pemasangan terdapat kewajiban jual beli tenaga listrik yang belum diselesaikan atas pemakaian tenaga listrik sebelumnya.
  • Memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO).
  • Melampirkan fotokopi identitas pemilik ataupun pengguna bangunan berupa KTP/SIM.
  • Melampirkan denah atau peta lokasi tempat pemasangan listrik 1300 Watt.
  • Melampirkan surat kuasa apabila pengajuan permohonan diwakilkan.

Cara Pasang Listrik 1300 Watt

Pada dasarnya proses pengajuan permohonan pemasangan listrik 1300 Watt bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu datang langsung ke kantor cabang PLN, melalui telepon maupun secara online. Sebelum membahas biaya pasang listrik 1300 Watt lebih lanjut, ada baiknya pahami tata cara pengajuannya terlebih dahulu berikut ini.

Pemasangan via Kantor PLN

Pemasangan via Kantor PLN

Ketika hendak mengajukan via kantor cabang PLN, pastikan kalian membawa semua dokumen atau berkas persyaratannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah prosedur pasang listrik 1300 Watt via kantor cabang PLN.

  1. Kunjungi kantor cabang PLN terdekat.
  2. Utarakan tujuan untuk memasang listrik baru daya 1300 Watt.
  3. Serahkan semua dokumen persyaratannya.
  4. Tunggu sampai pihak PLN melakukan survei lapangan.
  5. Setelah disetujui, silahkan membayar biaya administrasi pasang listrik 1300 Watt di kantor PLN.
  6. Tandatangani semua Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).
  7. Jika urusan administrasi sudah selesai, maka pihak PLN akan segera melakukan proses pemasangan.

Pemasangan via Telepon

Pemasangan via Telepon

Secara garis besar pemasangan listrik daya 1300 Watt tidak jauh berbeda seperti pengajuan lewat kantor cabang PLN. Berikut akan kami jelaskan tahapan permohonan pengajuan pasang listrik baru 1300 Watt via telepon.

  1. Hubungi call center PLN di 123.
  2. Jika sudah terhubung, silahkan sampaikan permohonan untuk memasang listrik baru.
  3. Kalian nantinya diminta untuk melengkapi dokumen persyaratan seperti KTP/SIM serta peta lokasi rumah.
  4. Selanjutnya pihak PLN melakukan proses survei lapangan.
  5. Lalu silahkan lunasi tagihan biaya pasang listrik 1300 Watt di kantor cabang PLN atau melalui fasilitas perbankan.
  6. Setelah pembayaran berhasil, silahkan tandatangani SPJBTL.
  7. Tunggu beberapa hari sampai petugas PLN melakukan pemasangan listrik baru di rumah kalian.

Pemasangan via Online

Pemasangan via Online

Seiring berkembangnya teknologi digital, saat ini pengajuan memasang listrik PLN juga sudah bisa dilakukan secara online melalui website resminya. Pengajuan dapat dilakukan dengan mudah entah itu melalui smartphone, laptop ataupun komputer.

  1. Silahkan ajukan permohonan pasang baru listrik 1300 Watt melalui situs resmi milik PLN.
  2. Kemudian isi formulir data diri dengan benar.
  3. Nantinya kalian akan mendapatkan email terkait kode konfirmasi pasang listrik 1300 Watt.
  4. Selanjutnya masukkan kode konfirmasi tersebut ke PB/PD online.
  5. Apabila permohonan disetujui, kalian akan mendapat email konfirmasi berupa Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan nomor agenda serta registrasi terkait proses pembayaran.
  6. Proses pembayaran biaya pasang listrik 1300 Watt bisa dilakukan melalui bank atau ATM dengan memasukkan kode registrasi sebelumnya.
  7. Jika pembayaran administrasi berhasil, silahkan tandatangani SJBTL.
  8. Tunggu sampai beberapa hari sampai pihak PLN melakukan proses instalasi di rumah.

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Setelah mengetahui syarat hingga cara pasang listrik 1300 Watt, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pemasangannya. Perlu diketahui, besaran biaya pasang listrik prabayar dan pascabayar berkapasitas 1300 Watt tentunya memiliki sedikit perbedaan.

Biasanya listrik jenis prabayar memiliki besaran tarif atau harga instalasi lebih murah dibandingkan listrik jenis pascabayar. Daripada penasaran, langsung perhatikan baik-baik rincian biaya pasang listrik 1300 Watt, baik itu prabayar ataupun pascabayar.

Listrik Prabayar

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt Prabayar

Khusus listrik prabayar, pengguna diharuskan membeli token atau stroom perdana minimal Rp 5.000. Sedangkan biaya pemasangannya sendiri yaitu kurang lebih sekitar Rp 1.218.000. Memang benar biaya pemasangannya terbilang cukup mahal karena listrik prabayar 1300 Watt tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Detail Biaya:

  1. Rupiah Biaya Penyambungan : Rp 1.218.000.
  2. Rupiah Beli Token Perdana : Rp 5.000.
    2a. Pajak Penerangan Jalan (3% x 2c) : Rp 146.
    2b. PPn (0% x 2c) : Rp 0.
    2c. Rupiah Token Dikonversi ke kWh (Token Perdana/(1 + %ppj + %ppn)) : Rp 4.854.
  3. Materai : Rp 0.
  4. TOTAL BIAYA : Rp 1.223.000.

Listrik Pascabayar

Listrik Pascabayar

Seperti dijelaskan di atas, biaya pasang listrik 1300 Watt pascabayar sedikit lebih mahal dibandingkan listrik prabayar. Pasalnya, pelanggan harus membayar biaya jaminan langganan sesuai ketentuan dari pihak PLN. Untuk memasangnya, paling tidak kalian harus mempersiapkan biaya kurang lebih sekitar Rp 1.390.900.

Detail Biaya:

  1. Rupiah Biaya Penyambungan : Rp 1.218.000.
  2. Biaya Jaminan Langganan (1300 x 133) : Rp 172.900.
  3. Materai : Rp 0.
  4. TOTAL BIAYA : Rp 1.390.900.

Call Center PLN

Call Center PLN

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap terkait estimasi biaya pasang listrik 1300 Watt khusus untuk golongan rumah tangga. Jika masih bingung, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung dengan cara menghubungi pihak customer service PLN di beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (Kode area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : pln123_official
  • Email : pln123@pln.co.id

Akhir Kata

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran tarif pasang listrik antara prabayar dan pascabayar dengan daya 1300 Watt cukup berbeda. Salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya pasang baru listrik tersebut yaitu lokasi atau denah pemasangannya.

Demikian penjelasan dari Epropertyrack seputar rincian biaya pasang listrik 1300 Watt entah itu prabayar maupun pascabayar. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak memasang baru listrik berkapasitas 1300 Watt.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *