Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

2 Biaya Pasang Listrik Baru 450 Watt 2022 : Syarat & Cara Mengurus

Biaya Pasang Listrik Baru 450 Watt

Biaya Pasang Listrik Baru 450 Watt – Setiap rumah pastinya membutuhkan suplai listrik sebagai sumber pasokan energi sehari-hari, terutama bagi rumah baru selesai dibangun. Namun sayangnya, saat ini tidak semua orang mengetahui bagaimana cara dan syarat pemasangan serta penyambungan listrik baru dari PLN.

Bahkan saat ini pihak PLN sendiri membebaskan pelanggannya dalam memilih apakah akan menggunakan meteran listrik prabayar ataupun pascabayar. Tentunya setiap jenis meteran listrik tersebut mempunyai keunggulan serta kelemahannya masing-masing, terutama mengenai biaya pemasangannya.

Selain itu, PLN juga menawarkan berbagai macam pilihan daya atau tenaga listrik yang akan digunakan oleh para pelanggannya, salah satunya yaitu listrik berkapasitas 450 Watt. Dimana listrik dengan daya 450 Watt ini umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis dalam skala kecil.

Jika kalian berencana hendak memasang listrik baru berdaya 450 Watt, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu syarat-syaratnya, khususnya terkait biaya penyambungannya. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya pasang listrik baru 450 Watt dilengkapi prosedur pengurusannya.

Golongan Listrik 450 Watt

Sebelum pembahasan utama mengenai besaran biaya pasang listrik baru 450 Watt lebih lanjut, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pembahasan golongannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, umumnya listrik dengan daya 450 Watt ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dalam skala kecil.

Selain itu, beberapa orang juga memasang listrik berkapasitas 450 Watt untuk memenuhi kebutuhan bisnis ataupun industri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya saat ini listrik daya 450 Watt masih termasuk ke dalam listrik subsidi dari pemerintah, meskipun hanya untuk beberapa golongan saja.

Syarat Pasang Listrik Baru 450 Watt

Karena listrik kapasitas 450 Watt masih termasuk ke dalam listrik subsidi, maka persyaratan pemasangannya juga hampir sama seperti syarat pasang listrik subsidi. Namun, persyaratan dalam hal ini yaitu tentang dokumen atau berkas pendukung pengajuan pemasangan listrik baru dari PLN.

Pasalnya, dari segi biaya pasang listrik baru 450 Watt nantinya akan berbeda-beda, tergantung pada pemilihan dayanya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa syarat dan ketentuan pasang listrik baru 450 Watt di bawah ini, baik itu untuk kebutuhan rumah tangga ataupun bisnis.

  • Pemohon bersedia membayar biaya penyambungan, uang jaminan langganan dan biaya materai.
  • Pemohon bersedia membeli token listrik perdana minimal Rp 5.000 (khusus listrik prabayar).
  • Pemohon menyediakan tempat pemasangan alat pengukur dan pembatas (AAP).
  • Pemohon menyediakan tempat instalasi PLN seperti tiang listrik, penghantar sampai gardu apabila memang diperlukan.
  • Pemohon sudah menyelesaikan semua kewajibannya kepada pihak PLN.
  • Pemohon mempunyai Sertifikat Laik Operasi (SLO).
  • Pemohon menyerahkan fotokopi identitas pemilik maupun pengguna bangunan seperti KTP/SIM.
  • Pemohon menyertakan denah atau peta lokasi tempat pemasangan listrik baru 450 Watt.
  • Pemohon melampirkan surat kuasa jika proses pengajuan permohonan diwakilkan.

Cara Pasang Listrik Baru 450 Watt

Cara Pasang Listrik Baru 450 Watt

Apabila kalian sebagai calon pelanggan baru PLN sudah memenuhi beberapa syarat di atas, berikutnya kalian juga harus mengetahui bagaimana tata cara atau prosedur permohonan pengajuannya. Untungnya, saat ini proses pengajuan permohonan pengajuan listrik baru 450 Watt sudah bisa dilakukan melalui berbagai macam cara, baik itu online ataupun offline.

Untuk pengajuan secara offline, calon pelanggan dapat mengunjungi kantor cabang atau Rayon PLN terdekat di daerah setempat dengan membawa beberapa dokumen persyaratan di atas. Nantinya petugas PLN akan memberikan arahan atau instruksi yang harus dilakukan oleh calon pelanggan terkait pemasangan listrik baru di rumah.

Sementara pengajuan pemasangan listrik baru 450 Watt secara online dapat dilakukan melalui panggilan telepon ke call center PLN ataupun melalui situs resminya di https://layanan.pln.co.id/. Dimana situs tersebut dapat diakses oleh semua masyarakat baik itu menggunakan smartphone, laptop ataupun komputer/PC, asalkan memiliki koneksi jaringan internet.

Di dalam website resmi PLN tersebut juga sudah menyediakan layanan simulasi pemasangan listrik baru sehingga calon pelanggan bisa mengetahui berapa anggaran biaya yang perlu dipersiapkan. Namun, kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya pasang listrik baru 450 Watt tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan dari pihak PLN.

Biaya Pasang Listrik Baru 450 Watt

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai syarat hingga tata cara atau prosedur pengajuan pemasangan listrik baru 450 Watt. Selanjutnya kalian juga tentunya harus mengerti berapa besar biaya pemasangan atau penyambungannya, baik itu untuk listrik prabayar maupun listrik pascabayar.

Sebagai informasi, besaran biaya pasang listrik baru 450 Watt tentunya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya pasang listrik 1300 Watt. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya pasang listrik baru 450 Watt untuk semua daerah di Indonesia berikut ini.

Listrik Prabayar 450 Watt

Layanan listrik tipe prabayar dinilai mampu membantu masyarakat dalam menghemat pengeluaran bulanan. Pasalnya, pelanggan dipersilakan membeli pulsa sesuai kemampuan masing-masing, dan nantinya dapat menggunakan energi listrik tersebut.

Dengan kata lain, listrik prabayar membantu masyarakat dalam mengatur dan mengendalikan pemakaian listrik setiap harinya. Di bawah ini adalah rincian biaya pasang baru listrik 450 Watt jenis prabayar untuk semua daerah di Indonesia.

  • Biaya Penyambungan : Rp 210.500.
  • Biaya Beli Token Perdana : Rp 5.000.
  • Biaya Materai : Rp 0.
  • Estimasi Total Biaya Pemasangan : Rp 215.000.

Listrik Pascabayar 450 Watt

Sementara meteran listrik jenis pascabayar, pelanggan dipersilakan menggunakan listrik sepuasnya selama jangka waktu satu bulan, asalkan tidak melebihi batas wajarnya. Kemudian pada akhir bulan, nantinya pelanggan akan mendapatkan tagihan listrik yang dihitung berdasarkan penggunaan selam satu bulan.

Untuk besaran biaya pasang listrik baru pascabayar 450 Watt sebenarnya sedikit lebih mahal dari prabayar, karena membebankan pelanggan Uang Jaminan Langganan (UJL). Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya pemasangannya.

  • Biaya Penyambungan : Rp 210.500.
  • Biaya Jaminan Langganan : Rp 32.400
  • Biaya Materai : Rp 0.
  • Estimasi Total Biaya Pemasangan : Rp 242.900.

Hasil perhitungan biaya pasang listrik baru 450 Watt di atas mengacu pada ketentuan tarif tenaga listrik dari pemerintah. Selain itu, biaya penyambungan listrik baru 450 Watt di atas juga sudah dipotong sebesar 50%.

Call Center PLN

Jika diantara kalian masih ada yang kebingungan mengenai besaran biaya pasang listrik baru 450 Watt, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak PLN. Adapun beberapa contact center PLN yang dapat dihubungi oleh pelanggannya selama 24 jam diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Telepon : (Kode area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Twitter : @pln_123
  • Facebook : PLN 123
  • Instagram : pln123_official
  • Email : pln123@pln.co.id

Akhir Kata

Dari ulasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran biaya pemasangan listrik baru daya 450 Watt tergantung pada pemilihan jenis meterannya. Hal tersebut dikarenakan antara meteran listrik prabayar dengan pascabayar mempunyai sedikit selisih perbedaan biaya penyambungannya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Epropertyrack seputar biaya pasang listrik baru 450 Watt untuk semua daerah dilengkapi dengan syarat beserta tata cara pengajuannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak memasang listrik baru berkapasitas 450 Watt.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.