Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Cara Ganti Meteran Listrik ke Token

Cara Ganti Meteran Listrik ke Token

Cara Ganti Meteran Listrik ke Token – Saat ini jika masyarakat hendak memasang instalasi listrik baru di rumah, maka pihak PLN akan menyarankan untuk menggunakan listrik token atau prabayar. Karena listrik jenis prabayar diklaim memiliki tingkat efisiensi lebih tinggi dibandingkan dengan meteran listrik pascabayar.

Sebagaimana diketahui, listrik prabayar juga memiliki sejumlah keunggulan yang pastinya tidak dimiliki oleh meteran listrik pascabayar. Dimana beberapa kelebihan tersebut diantaranya yaitu seperti pemakaian listrik menjadi lebih terkendali, tidak adanya sanksi denda pemutusan serta pembelian bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Karena sejumlah kelebihan-kelebihan tersebut membuat masyarakat terdorong untuk mengganti meteran listrik mereka menjadi listrik token. Namun, setiap masyarakat yang hendak mengajukan permohonan migrasi listrik pascabayar ke prabayar juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedurnya.

Maka dari itu, jika kalian berencana hendak mengganti meteran listrik token, ada baiknya pahami terlebih dahulu prosedur penggantiannya. Sebenarnya cara ganti meteran listrik ke token cukup mudah dilakukan. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Keuntungan Ganti Listrik Token

Keuntungan Ganti Listrik Token

Sebagaimana diketahui, listrik token atau listrik prabayar dianggap lebih murah dan irit ketimbang listrik pascabayar. Sebab, dengan penggunaan pulsa listrik tersebut membuat pelanggan bisa mengontrol sendiri penggunaan daya listrik yang digunakan setiap harinya. Selain itu, berikut adalah beberapa keuntungan lainnya dari penggunaan listrik token.

  • Tidak ada biaya tagihan bulanan.
  • Tidak akan dikenai denda keterlambatan.
  • Mengajarkan penggunanya untuk lebih menghemat listrik.
  • Pembelian token listrik menjadi lebih mudah dan cepat.
  • Listrik prabayar aman akan bahaya.

Syarat Ganti Meteran Listrik ke Token

Syarat Ganti Meteran Listrik ke Token

Seperti halnya PEMASANGAN LISTRIK SUBSIDI, penggantian meteran listrik ke token juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon. Nah, sebelum pembahasan cara ganti meteran listrik ke token berlanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa syarat beserta ketentuannya.

  • Melampirkan salinan KTP pemilik rumah sebanyak 2 lembar.
  • Melampirkan salinan KTP pemohon sebanyak 2 lembar.
  • Mempersiapkan materai sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan surat kuasa dari pemilik rumah ke pemohon beserta materai (bagi rumah sewaan ataupun kontrakan).
  • Menyerahkan Surat Laik Operasi (SLO).

Cara Ganti Meteran Listrik ke Token

Setelah dirasa memenuhi semua syarat beserta ketentuan penggantian meteran listrik ke token, selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana tahapan pengajuannya. Untuk saat ini, pendaftaran pengajuan penggantian listrik pascabayar ke prabayar dilakukan secara online dengan cara menghubungi call center PLN.

Sebenarnya, pendaftaran atau registrasi pengajuan tersebut juga bisa dilakukan dengan cara online melalui website resmi PLN, namun bisanya tidak akan langsung ditanggapi. Untuk lebih jelasnya, perhatikan baik-baik tata cara ganti meteran listrik ke token melalui call center PLN berikut ini.

1. Menghubungi Pihak PLN

Menghubungi Pihak PLN

Cara pertama, silahkan hubungi pihak PLN dengan cara menelepon langsung ke customer service atau call center dan utarakan tujuan kalian. Tahapan ini perlu dilakukan agar kalian bisa mendapatkan ID pelanggan serta melakukan registrasi.

2. Datangi Kantor PLN

Datangi Kantor PLN

Jika pendaftaran atau proses registrasi pengajuan migrasi listrik diterima, maka biasanya kalian akan diminta mengunjungi kantor cabang PLN terdekat. Jangan lupa untuk menyerahkan semua dokumen persyaratan ganti meteran listrik pascabayar ke prabayar.

3. Pembayaran Biaya Administrasi

Pembayaran Biaya Administrasi

Setelah menyerahkan semua dokumen persyaratan penggantian meteran listrik, biasanya kalian diminta untuk melakukan pembayaran biaya administrasinya. Untuk besaran biayanya sendiri nantinya pihak PLN yang akan menginformasikan kepada kalian.

4. Proses Ganti Meteran Listrik ke Token

Proses Ganti Meteran Listrik ke Token

Apabila biaya administrasi ganti meteran listrik ke token sudah dibayar, nantinya petugas PLN akan segera melakukan survei lapangan. Umumnya proses penggantian meteran listrik pascabayar ke prabayar tersebut membutuhkan waktu sekitar 7 hari sampai 15 hari kerja setelah survei kondisi lapangan.

Sebagai informasi tambahan, saat mengajukan penggantian meteran listrik ke token biasanya pelanggan juga ditawari apakah hendak menambah daya ataupun tidak. Jika memang ingin menambah daya listrik, maka akan ada biaya tambahan lainnya.

Biaya Ganti Meteran Listrik ke Token

Biaya Ganti Meteran Listrik ke Token

Salah satu keuntungan ketika pelanggan mengganti meteran listrik ke token yaitu tidak akan dikenai biaya sepeserpun alias gratis. Akan tetapi, pelanggan diharuskan mengeluarkan biaya untuk pembelian stroom atau token listrik pertama kali.

Besaran token listrik tersebut juga dapat disesuaikan dengan keinginan serta kemampuan pelanggannya, mulai dari Rp 5.000 sampai Rp 1.000.000. Jadi, dapat diartikan bahwa pelanggan tidak akan dikenakan biaya tambahan lainnya selain biaya stroom saat mengganti meteran listrik ke token.

Call Center PLN

Call Center PLN

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai cara ganti meteran listrik ke token beserta rincian biaya administrasinya. Apabila masih bingung, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung dengan cara menghubungi customer service PLN di beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : (kode area) 123
  • WhatsApp : 123
  • Email : pln123@pln.co.id
  • Facebook : PLN 123
  • Twitter : @pln_123
  • Instagram : pln123_official

Akhir Kata

Ketika hendak mengajukan penggantian meteran listrik pascabayar ke prabayar, sebaiknya lengkapi dokumen persyaratannya terlebih dahulu. Sebab, terdapat beberapa kasus pelanggan yang pengajuannya tidak diterima atau ditolak akibat berkas persyaratannya tidak lengkap.

Itulah sekiranya penjelasan dari Epropertyrack seputar tata cara ganti meteran listrik ke token dilengkapi dengan syarat beserta biaya administrasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak migrasi dari listrik pascabayar ke prabayar.

Jihan Mahasiswa jurusan arsitek yang aktif menjadi penulis di website Epropertyrack.com. Jika ada pertanyaan terkait artikel yang saya publikasikan silahkan hubungi saya lewat menu kontak kami di website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *